Comscore Tracker

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Dunia

Keputusan kecil ini berpengaruh besar bagi sejarah!

Kamu mungkin mengira jalannya sejarah di dunia berlangsung dari hal-hal yang telah direncanakan dengan cermat oleh para pelaku yang terlibat di dalamnya. Namun, kenyataannya gak selalu terjadi seperti itu.

Terkadang, pilihan-pilihan remeh seperti salah belok atau improvisasi pidato bisa mengubah alur sejarah. Hal-hal semacam ini terkadang dibuat oleh orang berpengaruh atau orang biasa yang kebetulan berada di situasi yang tepat (atau kurang tepat).

Nah, kali ini kita akan membahas beberapa keputusan mendadak yang mengubah sejarah dunia. Seandainya para pelakunya mengambil keputusan yang berbeda, mungkin dunia yang kita kenal gak akan sama seperti sekarang.

1. Salah belok yang memicu Perang Dunia I

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniabritannica.com

Gavrilo Princip adalah anggota Bosnia Muda, kelompok nasionalis yang berusaha menggulingkan Kekaisaran Austria-Hongaria pada awal abad 20. Pada 28 Juni 1914, Princip dan kawan-kawannya berencana untuk membunuh Archduke Franz Ferdinand yang sedang berkunjung ke Sarajevo.

Di sebuah jalan, mereka melempar bom ke bawah mobil yang dinaiki oleh Ferdinand. Namun, misi mereka gagal. Sang Archduke berhasil selamat. Cerobohnya, beberapa waktu kemudian Ferdinand memutuskan untuk mengunjungi para korban ledakan yang dirawat di rumah sakit setempat.

Dijelaskan dalam History, ia menginstruksikan sopirnya untuk mengambil rute yang berbeda dari sebelumnya, dan di sinilah semua petaka ini berawal. Sopirnya salah mengambil belokan dan justru berakhir di jalan yang sama persis seperti sebelumnya, tempat di mana Princip berkumpul bersama teman-temannya.

Princip pun gak menyia-nyiakan kesempatan emas itu. Ia melepaskan dua tembakan dari jarak dekat yang menembus leher Ferdinand dan perut istrinya, Sophie. Siapa sangka, peristiwa ini akhirnya memicu Perang Dunia I.

2. Pemecatan staf yang berujung pada tenggelamnya Titanic

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniatheworldnews.net

Tenggelamnya kapal RMS Titanic menjadi salah satu tragedi laut terbesar dalam sejarah. Digembar-gemborkan tak bisa tenggelam, Titanic menabrak gunung es di Samudra Atlantik dan tenggelam pada pelayaran pertamanya.

Menurut beberapa sumber, ada banyak kesalahan yang bisa dikaitkan atas bencana itu. Namun, satu kesalahan yang paling fatal adalah keputusan mendadak untuk mengganti staf kapal. Staf itu adalah David Blair, yang dikeluarkan dari Titanic tepat sebelum kapal itu berlayar.

Sayangnya, dia lupa menyerahkan kunci loker yang berisi alat-alat navigasi, termasuk teropong. Titanic pun berangkat sebelum dia menyadarinya, sehingga staf lainnya harus melihat gunung es dengan mata mereka sendiri. Jelas sekali kalau kesalahan ini telah membuat Titanic tenggelam.

3. Kertas pidato yang menyelamatkan nyawa Teddy Roosevelt

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniabusinessinsider.com

Theodore "Teddy" Roosevelt dikenal sebagai salah satu presiden terbaik dalam sejarah Amerika Serikat. Pada tahun 1912, ketika ia kembali mencalonkan diri sebagai presiden untuk ketiga kalinya, Roosevelt menyiapkan naskah pidato setebal 50 halaman.

Sebelum naik ke atas podium, Roosevelt melipat naskah itu lalu memasukkannya ke dalam saku dadanya. Hal ini mungkin terlihat seperti keputusan kecil, walau nantinya keputusan inilah yang akan menyelamatkan nyawanya. Ketika ia bersiap untuk melakukan pidato, seorang pria naik dan menembak Roosevelt tepat di dadanya.

Untungnya, peluru itu tertahan oleh tumpukan kertas yang ia taruh di dalam sakunya. Tentu saja, sebagai seorang "bull moose," Teddy masih melanjutkan pidatonya sesaat sebelum akhirnya dibawa ke rumah sakit setempat.

4. Kejutan Erwin Rommel sebelum D-Day

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniararehistoricalphotos.com

Operasi Overlord atau penyerbuan ke pantai Normandia pada D-Day dikenal sebagai salah satu momen terpenting dalam Perang Dunia II. Namun, peristiwa ini akan sangat berbeda jika bukan karena pesta ulang tahun yang direncanakan oleh Erwin Rommel.

Pada saat itu, Marsekal Jerman yang disebut "Rubah Gurun" ini bertanggung jawab atas pertahanan di Normandia. Namun, Rommel lebih memilih untuk memberikan kejutan pada istrinya dan ikut berlibur bersamanya.

Keputusan ini mungkin terkait dengan perselisahannya dengan Adolf Hitler, yang mengira kalau pasukan Sekutu akan berlabuh di kota Calais alih-alih pantai Normandia. Rommel pun pergi berlibur tepat sebelum Sekutu menyerang.

Tanpa kehadirannya, pasukan Reich Ketiga kebingungan dan Sekutu memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan penyerangan besar-besaran ke pantai Normandia.

Baca Juga: 5 Fakta Sejarah Gunung Merapi, Usianya Sudah 400 Ribu Tahun!

5. Awan mendung menyelamatkan Kota Kokura dari serangan nuklir

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniacommondreams.org

Pemboman nuklir di Kota Hiroshima dan Nagasaki adalah salah satu bencana terbesar dalam sejarah umat manusia, walau pada awalnya tidak direncanakan dengan baik. Amerika bahkan tidak yakin kalau mereka akan menggunakan senjata nuklir. Selain itu, daftar target potensial mereka juga terlalu banyak.

Rencana awal mereka adalah membom Kota Kokura setelah Hiroshima. Namun seperti dikutip dari New York Times, seorang pilot muda bernama Kermit Beahan tak bisa melihat keseluruhan Kota Kokura karena tertutup oleh awan mendung. Jadi, mereka membatalkan serangan tersebut.

Ini adalah keberuntungan bagi Kokura, walau sayangnya menjadi sebuah kesialan bagi Nagasaki yang saat itu menjadi opsi kedua pemboman tersebut.

6. Marthin Luther King Jr. dan improvisasi "I Have A Dream"

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniapbs.org

Jika ada satu kutipan Martin Luther King Jr. yang diketahui oleh semua orang, sudah pasti itu adalah "Saya punya mimpi." Kalimat ini muncul ketika ia sedang memberikan pidato tentang hak-hak sipil pada 28 Agustus 1963.

Dalam pidato tersebut, King memberikan visinya tentang masa depan yang mencakup harmoni rasial, yang dibingkai di sekitar gagasan "mimpi" yang dimilikinya. Namun pada awalnya, ia tidak bermaksud untuk menyebutkan mimpi di dalam pidatonya.

Pada saat itu, King tinggal membaca pidato yang telah disusunnya, sampai seorang wanita bernama Mahalia Jackson berteriak "ceritakan tentang mimpi itu!" dari kerumunan penonton. Setelah mendengarnya, King pun mulai berimprovisasi. Dia mulai berbicara dari hati, bukan dari catatan yang sudah disiapkannya. Hasilnya, mungkin salah satu pidato terbaik dalam sejarah.

7. Penundaan yang mencegah Perang Nuklir

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah DuniaGetty Images via vox.com

Setiap orang di dunia seharusnya berhutang banyak terima kasih kepada Stanislav Petrov. Jika bukan karena Petrov, perang nuklir antara Amerika Serikat dan Uni Soviet akan meletus lalu menghancurkan umat manusia dalam prosesnya.

Pada malam 26 September 1983, Petrov sedang memantau sistem peringatan dini Soviet. Alarm pun berbunyi, yang menunjukkan kalau Amerika telah meluncurkan rudal ke arah Soviet. Tentu saja, sudah menjadi tugas Petrov untuk membalas serangan tersebut. Namun, dia justru memutuskan untuk tidak memberi tahu atasannya.

Dihadapkan pada keputusan yang sulit, khususnya menimbang potensi kiamat apokaliptik yang akan terjadi, Petrov akhirnya melaporkan serangan itu sebagai alarm palsu. Keputusan Petrov untuk tidak mematuhi tugasnya telah menyelamatkan dunia dari perang nuklir.

8. Gengsi Marie Antoinette menuntun keluarganya ke bawah guillotine

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniathetimes.co.uk

Marie Antoinette adalah istri dari Louis XVI, di mana keduanya dipenggal selama Revolusi Prancis. Ia dikenal lewat kutipan "Biarkan mereka memakan kuenya!" walau kalimat itu tidak pernah diucapkan olehnya. Marie sebenarnya bisa menghindari eksekusi jika pada saat itu tidak membuat pilihan yang "berani."

Seperti dilansir dari Smithsonian Magazine, pada awalnya para bangsawan berencana untuk melarikan diri dengan kereta kuda biasa. Namun, Marie bersikeras untuk menaiki model yang lebih mewah, lebih lambat dan jauh lebih mencolok. Tentu saja, Marie tidak ingin memecah belah keluarga jadi ia ingin semuanya masuk ke dalam kereta yang sama. 

Sayangnya, pilihan yang salah ini berperan besar dalam penangkapan yang akan berakhir dengan eksekusi suaminya, dirinya, dan keluarganya di depan publik Prancis.

9. Keputusan konyol Hannibal yang berakhir dengan bencana

Tak Disangka, 9 Keputusan Mendadak Ini Malah Mengubah Sejarah Duniatimetoast.com

Hannibal Barca adalah seorang pemimpin militer dari Kartago. Ia pernah membawa pasukan gajah tempur melewati Pyrenees dan Pegunungan Alpen ke Kota Roma. Kita semua tahu kalau ia tidak pernah berhasil mengambil Roma, walau ada kemungkinan kalau ia akan berhasil jika dia tidak memukul salju di sekitarnya.

Saat melintasi Pegunungan Alpen, pasukan Hannibal menghadapi badai salju besar yang memperlambat mereka. Ingin membuktikan kalau tanah yang dilalui masih kokoh, Hannibal pun memukul tanah bersalju itu dengan tongkatnya. Sayangnya, hal ini justru memicu longsoran salju yang akan menewaskan sebagian besar pasukannya.

Fakta bahwa keputusan kecil dan mendadak bisa mengubah sejarah dunia memang mencengangkan. Hati-hati, keputusanmu detik ini bisa saja memengaruhi nasibmu di masa mendatang!

Baca Juga: 5 Pedang yang Turut Mengukir Sejarah Peradaban Dunia, Ada Katana!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Shandy Pradana di IDN Times Community dengan judul 9 Keputusan Mendadak yang Berhasil Mengubah Sejarah Dunia, Apa Saja?

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya