Comscore Tracker

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!

Ada yang fase hidupnya nyaris abadi, lho

Secara umum, hewan dan manusia akan mengalami penuaan seiring masa hidupnya. Ketika masa pertumbuhannya berhenti, mereka kemudian mengalami degenerasi, sampai akhirnya mati.

Namun, beberapa hewan berikut ini mungkin adalah pengecualian. Mereka tak bertambah tua, terus beregenerasi, bahkan ada pula yang secara teori bisa hidup hampir abadi. Dilansir Listverse, berikut lima hewan yang tidak menua!

1. Hydra 

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!Hydra (sci-news.com)

Berukuran cuma 2,5 cm, Hydra adalah hewan laut sederhana yang bisa kamu temukan di sungai atau perairan tawar lainnya. Tapi jangan salah, meski terlihat sederhana, siapa sangka jika hewan ini ternyata memiliki kekuatan super yang tidak dimiliki hewan lainnya.

Berbeda dengan kebanyakan ikan atau hewan lainnya, Hydra ternyata tidak bisa bertambah tua. Ini karena mereka memiliki gen FoxO yang berperan penting dalam mengatur berapa lama sel-sel tubuh akan hidup.

Gen ini jugalah yang membuat sel-sel di tubuh Hydra memperbaharui dirinya sendiri sendiri sehingga mereka bisa terlihat sama bahkan setelah menginjak usia lebih dari seribu tahun.

2. Quahog ocean 

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!Quahog ocean (fisheries.noaa.gov)

Quahog ocean merupakan salah satu spesies kerang laut berukuran sekepalan tangan manusia, dan bisa dikonsumsi. Tapi bukan itu yang istimewa dari kerang ini, melainkan karena usianya yang bisa mencapai ratusan tahun.

Sejauh ini, kerang Quahog tertua yang pernah ditemukan berusia 507 tahun. Quahog bisa tetap awet muda karena mereka memproduksi oksigen reaktif yang sangat tipis dan dapat melindungi protein dari kerusakan.

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Hewan Purba Ini Sudah Ada Jauh Sebelum Dinosaurus

3. Turritopsis dohrnii

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!Turritopsis dohrnii (amng.org)

Ubur-ubur memang dikenal sebagai salah satu hewan yang berumur panjang. Tapi diantara semua ubur-ubur, hanya Turritopsis dohrnii yang benar-benar memiliki kesempatan untuk hidup nyaris abadi. Sama seperti semua spesies lain, ubur-ubur Turritopsis dohrnii juga bertambah tua.

Yang membedakan adalah, spesies satu ini bisa kembali ke tubuhnya saat muda kapan pun ia menginginkannya. Biasanya, hal ini mereka lakukan di waktu mendesak seperti saat ia terluka parah atau saat kelaparan. Ketika itu terjadi, Turritopsis dohrnii akan kembali ke siklus awal kehidupan mereka sebagai polip, yang secara otomatis akan memperpanjang masa hidupnya.

4. Red sea urchin

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!Red sea urchin (olympiccoast.noaa.gov)

Red sea urchin atau bulu babi merah nyatanya bukan hanya memiliki duri yang berbahaya. Lebih istimewa dari itu, hewan yang sering kita lihat di lautan ini juga ternyata berumur panjang, dan sulit bertambah tua. Bulu babi merah bisa hidup selama lebih dari seratus tahun tanpa mengalami penuaan.

Ini karena bulu babi mampu meregenerasi jaringan mereka. Jadi setiap kali salah satu jaringan tubuhnya rusak, jaringan baru akan segera muncul dan menggantikan yang lama.

5. Midland painted turtle

5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!Midland painted turtle (eol.org)

Sama seperti ubur-ubur, kura-kura juga masuk dalam deretan hewan yang memiliki umur luar biasa panjang. Namun dari semua spesies yang ada, Midland painted turtle adalah yang paling luar biasa.

Jika kebanyakan hewan lain akan semakin lemah saat tua, seekor Midland painted turtle justru akan semakin kuat karena organ tubuhnya justru jadi semakin muda. Saking kuatnya, seekor Midland painted turtle betina bahkan bertelur lebih banyak dari rekan-rekannya yang lebih muda.

Kemampuan hewan-hewan di atas untuk tetap hidup di waktu yang lama memang luar biasa. Mereka tidak menua dan bisa berumur sangat panjang jika tidak menghadapi pemangsa.

Baca Juga: 7 Kebiasaan Tidur Hewan yang Unik, Ada yang Sambil Terbang!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Marliah di IDN Times Community dengan judul Tetap Muda, 5 Hewan Ini Ternyata Tidak Bisa Bertambah Tua

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya