Comscore Tracker

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku Pelajaran

Ternyata Coca-Cola ikut andil dalam Perang Dunia

Perang Dunia I dipicu penembakan pewaris mahkota Austria-Hongaria, Archduke Franz Ferdinand beserta istrinya pada tanggal 8 Juni 1914. Sementara, penolakan Jerman untuk menghentikan agresi militer ke Polandia memicu berlangsungnya Perang Dunia II.

Hal di atas pasti sudah pernah kamu pelajari di bangku sekolah. Namun, ternyata ada fakta-fakta sejarah lain terkait perang dunia yang gak akan kamu temukan di buku pelajaran. Penasaran?

1. Tank buatan Inggris punya jenis kelamin

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi tank milik Ingggris. (tank100.com)

Dalam Perang Dunia I, tank merupakan kendaraan tempur yang sangat diandalkan. Melansir tankmuseum.org, dalam menghadapi PD I, Inggris memproduksi tank untuk memperkuat kekuatan militer. Inggris berhasil memproduksi tank Mark I sebanyak 150 unit.

Uniknya, 150 unit tank milik Inggris tersebut dibedakan menjadi 2 jenis kelamin, yaitu 75 unit tank jantan dan 75 unit tank betina. Tank jantan dipersenjatai meriam, sedangkan tank betina dipersenjatai dengan senapan mesin. Mark I pertama digunakan dalam perang di Somme pada 15 September 1916.

2. Tank pertama Inggris diberi nama Little Willie

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi Tank Willie. (militaer-wissen.de)

Melansir history.com, tidak hanya dibedakan menjadi dua jenis kelamin, tank pertama buatan Inggris juga diberi nama 'Little Willie'. Tank yang dibuat pada tahun 1915 ini mampu menampung 6 orang dan dapat berjalan dengan kecepatan 3,2 km/jam.

Pembuatan kendaraan perang ini sangat dirahasiakan, bahkan tenaga buruh yang membuat kendaraan ini tidak tahu jika mereka sedang membuat kendaraan perang. Setelah selesai dibuat, pengiriman kendaraan perang ini pun sangat dirahasiakan, yaitu diletakkan ke dalam peti dengan diberi keterangan 'tank', yaitu merujuk pada tangki sebagai wadah penampungan air.

Tindakan ini sebagai kamuflase agar tidak diketahui oleh pihak musuh. Uniknya, sampai saat ini kendaraan perang tersebut masih disebut dengan sebutan tank.

3. Ledakan buatan manusia terbesar sebelum era nuklir

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi ledakan ranjau di Messines, Belgia. (wearethemighty.com)

Melansir nationalgeographic.com, sejarah mencatat salah satu ledakan buatan manusia terbesar sebelum era bom nuklir adalah terjadi pada 7 Juni 1917.

Pagi itu pasukan Inggris meledakkan 19 ranjau besar yang ditanam di dalam tanah di punggung bukit di luar Messines, Belgia, dalam usaha memukul mundur pasukan Jerman. Ranjau yang membuat ledakan sangat besar itu diperkirakan dibuat dari satu juta pon bahan peledak.

Salah satu alasan mengapa ledakan ini merupakan ledakan terbesar sebelum era nuklir adalah karena suara ledakan yang sangat besar hingga terdengar ratusan kilometer. Perdana Menteri Inggris yang saat ledakan terjadi sedang berada di London, mengaku mendengar suara ledakan tersebut.

Untuk diketahui, jarak sumber ledakan ke London adalah kurang lebih 280 km. Ledakan ini juga menelan korban sebanyak 10 ribu jiwa.

Baca Juga: 5 Senjata Perang Paling Ditakuti di Zaman Kuno, Bikin Ciut Nyali

4. Prancis membangun kota Paris palsu untuk mengelabuhi musuh 

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi kota Paris. (harpersbazaar.com)

Perang dunia pertama memaksa dunia untuk menciptakan alat dan kendaraan perang yang mematikan. Pesawat pembawa bom adalah yang paling ditakutkan pada perang dunia pertama.

Melansir thedailybeast.com, pihak otoritas Prancis membuat keputusan yang terdengar gila. Untuk mengantisipasi kota Paris dari serangan udara musuh, Prancis membuat kota Paris palsu. Karena senjata anti pesawat dan perlawanan dengan pesawat dianggap tidak bisa diandalkan, maka sebagai alternatif strategi adalah dengan cara mengelabui musuh dengan membuat kota Paris palsu.

Cara ini dianggap akan berhasil karena anggapan teknologi pesawat tempur pada saat itu masih belum canggih, sehingga pilot akan kesulitan membedakan target pengeboman, yaitu sulit membedakan antara kota Paris asli dan yang palsu. Pembangunan kota Paris palsu ini dimulai pada tahun 1917. Lokasi yang dipilih adalah kota Maisons, Laffitte.

5. Pilot Amerika menembak jatuh pesawat Jepang dari udara menggunakan pistol dan parasut 

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi pesawat B-24 ditembak jatuh. (warhistoryonline.com)

Melansir warhistoryonline.com, pada PD II, Owen J. Baggett seorang pilot dari angkatan udara Amerika Serikat bertugas untuk mengamankan jalur pasokan dari Cina ke India dan mengganggu jalur pasokan Jepang. Dalam operasinya, Baggett menggunakan pesawat B-24.

Dalam perang udara dengan pesawat Jepang, Baggett dengan B-24 berhasil ditembak jatuh oleh pesawat Jepang. Tapi sebelum pesawat B-24 jatuh ke tanah, seperti adegan dalam film aksi, Baggett berhasil keluar dari pesawat dan membuka parasut.

Ringkasnya, saat Baggett melayang dengan parasutnya, Baggett mengambil pistol miliknya dan melepaskan tembakan ke arah pesawat Jepang. Terdengar mustahil, tapi faktanya tembakan Baggett tepat mengenai kepala dari pilot pesawat Jepang yang akhirnya jatuh menghunjam tanah.

6. Tentara termuda saat perang dunia petama berusia 12 tahun 

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi foto Sidney Lewis. (armytigers.com)

Melansir armytigers.com, Sidney Lewis, tercatat sebagai prajurit termuda pada perang dunia pertama. Lewis bergabung dengan Resimen Surrey Timur pada Agustus 1915. Saat itu usianya baru 12 tahun. Lewis mulai terjun ke dalam medan pertempuran pada saat 13 tahun, tepatnya pada pertempuran di Somme.

7. Coca-Cola ikut andil dalam perang dunia kedua

7 Fakta Unik Sejarah Perang Dunia, Gak Ada di Buku PelajaranIlustrasi prajurit meminum Coca-Cola saat perang dunia kedua. (9gag.com)

Tank, pesawat tempur, meriam, senapan, dan granat merupakan bagian penting dari perang dunia. Segala sesuatu yang tidak ada hubungannya dengan hal tadi, dianggap tidak penting dan tidak akan dibawa ke dalam medan perang.

Ada yang berbeda dengan Amerika Serikat, melansir coffeeordie.com, saat perang dunia kedua sedang berlangsung, Jenderal Angkatan Darat A.S Dwight D mengirim telegram ke petinggi Coca-Cola di Atalanta untuk men-supply Coca-Cola ke medan perang. Meminum Coca-Cola dianggap memberikan energi dan semangat para prajurit yang sedang bertempur.

Dwight memanfaatkan ucapan pendiri Coca-Cola, Robert Woodruff yang berjanji akan memberikan Coca-Cola seharga 5 sen kepada pria berseragam di manapun berada tanpa mempedulikan seberapa besar biaya produksi dan kesulitan logistik. Enam bulan setelah telegram diterima Woodruff, Coca-Cola mulai mendistribusikan produknya ke area pertempuran dengan mendirikan pabrik di dekat area pertempuran.

Setiap pekerja Coca-Cola yang dikirim ke area pertempuran untuk memproduksi Coca-Cola diberikan seragam tentara dan dianggap sebagai prajurit yang sedang bertugas. Pekerja Coca-Cola yang dikirim ke medan pertempuran itu dikenal dengan istilah “Coca-Cola Colonels”.

Itulah beberapa fakta sejarah unik yang pernah terjadi pada Perang Dunia I dan II. Fakta-fakta di atas, tak ada dalam mata pelajaran yang kamu dapatkan di sekolah.

Baca Juga: Tahun-tahun Paling Bersejarah yang Mengubah Hidup Umat Manusia

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Ary Yulianto di IDN Times Community dengan judul 7 Fakta Unik Perang Dunia yang Tidak Ada di Buku Pelajaran

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya