Comscore Tracker

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!

Ada juga yang punya penis di kepala

Hewan multiseluler yang kompleks umumnya memiliki alat reproduksi khusus dan berkembang biak dengan cara kawin. Hewan-hewan ini biasanya terdiri dari jantan dan betina. Tapi, ada pula yang memiliki alat kelamin keduanya alias hermafrodit.

Nah, masing-masing hewan mempunyai bentuk alat kelamin yang berbeda-beda baik pada jantan maupun betina. Tapi, hewan berikut ini punya alat kelamin yang sangat unik! Penasaran?

1. Paus biru 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!worldwildlife.org

Paus biru merupakan hewan terbesar di muka. Jadi, wajar saja jika mereka juga memiliki kelamin terbesar di dunia. Dilansir Roaring Earth, panjang rata-rata penis paus biru adalah 2,4 meter, tapi ada juga yang mencapai 5 meter! Sementara diameternya berkisar 30-36 cm, dan beratnya bisa mencapai 450 kg. Besar banget ya!

2. Teritip 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!boingboing.net

Ukuran penis paus biru memang luar biasa besar. Tap jika dibandingkan dengan panjang tubuh mereka yang bisa mencapai lebih dari 30 meter, maka ukuran tersebut gak terlalu istimewa.

Nah, hewan mirip kerang bernama teritip (infrakelas Cirripedia) layak jadi juara jika mengacu pada perbandingan ukuran penis dan ukuran tubuh. Pasalnya, ukuran tubuh teritip hanya sekitar 2,5 cm. Tapi National Geographic menyebut bahwa panjang penis mereka bisa mencapai 8 kali ukuran tubuhnya!

Ukuran sepanjang itu berguna karena teritip hidup menempel pada batu atau hewan lain. Maka untuk bisa kawin dengan betina, si jantan harus memiliki ukuran penis yang panjang.

3. Siput pisang 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!unknownlist.com

Seperti teritip, siput pisang (genus Ariolimax) juga memiliki penis berukuran wah, yaitu bisa setara panjang tubuhnya sendiri. Tapi, yang lebih aneh lagi adalah ritual kawin mereka. Siput pisang adalah hewan hermafrodit, yang artinya mereka punya kelamin jantan dan betina.

Uniknya, sepasang siput pisang akan sama-sama menggunakan penisnya masing-masing untuk kopulasi saat kawin. Dan setelah kawin, mereka akan memakan penis pasangannya! Untungnya, hal itu gak masalah bagi siput ini, karena penisnya kembali tumbuh dalam 24 jam, dan mereka pun siap untuk kawin lagi. Wow!

4. Cacing pipih 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!nationalgeographic.com

Selain siput pisang, ada banyak hewan lain yang hermafrodit. Misalnya cacing pipih spesies Pseudobiceros hancockanus. Namun berbeda dengan siput pisang, sepasang cacing pipih harus menentukan siapa yang akan jadi betina dan siapa yang akan jadi jantan saat kawin. Bagaimana caranya? Dengan 'adu pedang' menggunakan penis mereka!

Ya, cacing pipih akan bertarung menggunakan penisnya untuk menentukan siapa yang berhak jadi jantan. Kedua cacing sama-sama tak ingin jadi betina, karena betina harus bertelur dan menjaga telurnya dari predator. Maka setelah bertarung, cacing pipih yang kalah pun harus menerima sperma dari si pasangannya dan mempersiapkan diri untuk bertelur.

5. Walrus 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!mentalfloss.com

Beberapa hewan mamalia memiliki tulang pada penis mereka, yang disebut baculum. Salah satu guna baculum adalah untuk memperpanjang durasi kopulasi pada hewan.

Meski berukuran sangat besar, penis paus tidak memiliki baculum. Maka hewan yang memiliki baculum terbesar adalah walrus, yang panjang baculum-nya mencapai 1 meter.

Baca Juga: Jarang Terlihat, 10 Potret Hewan yang Sedang Tidur di Alam Bebas

6. Gorila 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!discoverwildlife.com

Tidak selamanya hewan yang berbadan besar memiliki penis yang besar pula. Contohnya adalah gorila. Meski mereka adalah primata terbesar di dunia, tapi ukuran penis gorila jantan justru masih kalah dari manusia. Saat ereksi, ukuran penis gorila hanya mencapai 6,3 cm, sementara manusia memiliki ukuran rata-rata 12-13 cm saat sedang ereksi.

7. Phallostethus cuulong 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!acuarios-marinos.com

Phallostethus cuulong adalah nama spesies ikan yang hidup di Sungai Mekong di Vietnam. Ukuran ikan ini kecil, hanya mencapai 2 cm. Tapi ikan ini sangat unik karena penisnya tumbuh di kepalanya! Tepatnya adalah di bawah dagunya, seperti tampak pada gambar di atas. Bahkan anusnya pun terletak di kepala, karena berada di dekat saluran penisnya.

8. Ikan badut 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!livescience.com

Sementara ikan badut (subfamili Amphiprioninae) unik karena selalu terlahir sebagai jantan, tapi bisa berubah kelamin jadi betina. Ikan badut hidup dalam kelompok. Ikan terbesar dalam kelompok tersebut akan berganti kelamin jadi betina dan menjadi pemimpin kelompok. Sekali berubah kelamin, ia gak bisa kembali lagi menjadi jantan.

Ikan terbesar kedua dalam kelompok akan menjadi jantan dominan, dan dialah yang berhak kawin dengan si betina. Sementara anggota lain dalam kelompok itu semuanya adalah jantan. Jika si betina mati, maka si jantan dominan akan menggantikan posisinya sebagai betina. Lalu jantan terbesar berikutnya akan jadi jantan dominan, dan demikian seterusnya.

9. Bebek 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!nypost.com

Gak hanya penis, beberapa hewan memiliki keunikan pada alat kelamin betinanya alias vagina. Vagina bebek berbentuk seperti tabung spiral panjang dan memiliki beberapa saluran buntu.

Gunanya adalah untuk menyulitkan kopulasi serta mencegah pembuahan dari jantan yang memang tidak ia inginkan. Ya, bisa dibilang, vagina bebek memiliki sistem anti-pemerkosaan.

10. Hiena 

10 Hewan dengan Alat Kelamin Unik, Ada Vagina Berbentuk Penis!vox.com

Bentuk vagina hiena ini sungguh. Hiena menjadi satu-satunya mamalia yang gak punya bukaan vagina. Tapi, hiena betina memiliki klitoris yang panjang dan bisa membesar seperti penis. Karena itu, vagina hiena disebut pseudopenis alias penis semu. Klitorisnya sendiri memiliki lubang, tapi diameternya hanya 2,5 cm.

Maka meskipun klitoris hiena melembek saat kawin, memasukkan penis ke dalam klitorisnya tetap terdengar menyakitkan. Dan melalui lubang klitorisnya yang sempit itu pula si betina akan melahirkan bayinya! Dengan pengorbanan sehebat itu, hiena betina memang layak menjadi pemimpin dalam kelompok hiena.

Ternyata alat kelamin di dunia hewan penuh dengan keunikan yang gak disangka-sangka, ya! Mana yang menurutmu paling mencengangkan?

Baca Juga: Jarang Orang Tahu, 7 Telur Hewan Ini Punya Bentuk Paling Aneh!

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Peter Eduard di IDN Times Community dengan judul 10 Hewan dengan Alat Kelamin yang Unik, Ada yang Tumbuh di Kepala

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya