Comscore Tracker

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumi

Meski menggemaskan, mereka sangat ahli membunuh mangsa

Apakah kamu termasuk penggemar kucing? Binatang yang satu ini memang menggemaskan. Sifatnya yang manja dan lucu bikin siapa saja terpikat. Tak heran bila kucing menjadi salah satu hewan yang paling banyak dipelihara.

Nah, meski punya tampang imut dan tubuh mungil, tapi jangan harap sifat-sifat kucing yang lucu tadi akan kamu temukan pada Black-Footed Cat. Mamalia bernama latin Felis nigripes yang hidup di Afrika ini merupakan spesies kucing paling mematikan di muka bumi. Berikut fakta-fakta si imut Black-footed cat!

1. Black-footed cat adalah jenis kucing liar terkecil di Afrika

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di BumiNewsroom.wcs.org

Black-footed cats termasuk jenis kucing bertubuh paling kecil di dunia. Bahkan di habitat aslinya, Afrika, mereka diyakini sebagai yang terkecil di antara para spesies kucing liar lainnya.

Bila dihitung sampai ekor, rata-rata panjang tubuh hewan ini berkisar antara 50-72 cm. Sementara berat tubuh mereka biasanya tak sampai 2,5 kg. Seperti binatang pada umumnya, betina memiliki ukuran tubuh dan bobot yang lebih kecil dari jantan.

2. Warna bulu yang mirip macan tutul membuat mereka dijuluki small-spotted cat

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumifossilrim.org

Sesuai namanya juga, kaki kucing satu ini memang berwarna hitam pekat meski hanya telapaknya saja. Ini membantu untuk melindungi mereka dari panasnya pasir.

Selain itu, si kaki hitam ini rupanya memiliki warna kulit dasar berwarna pink. Warna yang berbeda dari kebanyakan spesies kucing liar lainnya yang rata-rata berkulit gelap.

3. Mereka juga memiliki julukan lain di Afrika yakni 'anthill tiger' 

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumianimalia.bio

Julukan tersebut didapatkan lantaran hewan yang beristirahat pada saat langit terang ini, kerap mengambil sarang istirahat dari bekas sarang yang digali oleh binatang lain seperti di gundukan rayap, lubang landak, springhare, ataupun hewan aardvark.

Baca Juga: Punya Tampang Imut, 7 Spesies Kucing Ini Ternyata Berbahaya

4. Mereka tergolong dalam kelompok hewan nocturnal yang melakukan aktivitas hanya di malam hari

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di BumiAfricageographic.com

Mereka mulai keluar dari sarangnya hanya ketika matahari telah terbenam dan mengakhirinya sebelum matahari terbit.

Mereka tak perlu khawatir kesulitan melihat karena seperti rata-rata spesies kucing lainnya, si kaki hitam memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam. Mereka dapat melihat 6 kali lebih baik dari manusia dan dapat mendengarkan suara bahkan yang terkecil sekalipun. Tentu saja ini salah satu alasan mengapa mereka begitu hebat dalam berburu.

5. Fakta menarik lainnya, mereka jarang minum air loh!

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di BumiFossilrim.org

Kebanyakan makhluk hidup begitu membutuhkan air sebagai sumber kehidupan. Tetapi lain halnya dengan si kaki hitam. ketika berburu, mereka ikut menghisap cairan tubuh dari buruannya yang kemudian menjadi pasokan cairan untuk memenuhi kelembapan di tubuh mereka sendiri.

Walau tentu saja bila ada pasokan air di dekat mereka, si kaki hitam tetap akan meminumnya.

6. Black-footed cat termasuk hewan yang lebih senang menyendiri

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumifossilrim.org

Tidak banyak info yang dapat digali dari si kaki hitam karena mereka terkenal tertutup dan sulit untuk ditemukan. Mereka adalah tipikal makhluk anti sosial yang pandai menghindar dan bersembunyi.

Satu-satunya kebersamaan antara sesama spesies ini adalah pada saat musim kawin yang bahkan tercatat hanya terjadi selama beberapa jam saja, atau saat kucing betina memiliki anak.

7. Mereka disebut sebagai spesies kucing paling mematikan di dunia! 

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumiiucnredlist.org

Di balik tubuh mungilnya, si kaki hitam tergolong hewan yang cukup ganas. Daerah jelajah mereka sangat luas dengan rata-rata mencapai 8,5 km per malam.

Hewan satu ini pun menghabiskan 70 persen waktunya di malam hari hanya untuk berburu. Rata-rata mereka membunuh dan makan sekitar 50 menit sekali setiap malam dengan konsumsi 20 persen dari berat tubuhnya. Jumlah yang banyak untuk hewan berukuran kecil. Bahkan Harimau yang berukuran besar sekalipun bila mengonsumsi makanan 20 persen dari berat tubuhnya, biasanya bisa tidak makan beberapa hari setelahnya.

Si kaki hitam juga sangat pandai berburu dengan tingkat keberhasilan mencapai 60 persen. Kesuksesan yang bahkan singa, macan tutul, dan spesies kucing lainnya tidak bisa menyamai. Karenanya, mereka dijuluki sebagai kucing paling mematikan di dunia.

Selain itu, meski rata-rata mangsa mereka berukuran kecil atau setara, bukan berarti bahwa mereka tidak bisa membunuh hewan yang lebih besar. Beberapa jejak penelitian pernah membuktikan hewan satu ini tidak takut dengan hewan yang lebih besar dan bahkan pernah menjadikan hewan yang lima kali lebih berat dari mereka sebagai buruan. Luar biasa, kan?

8. Sayangnya, keberadaan hewan satu ini masuk dalam kategori rentan

8 Fakta Black-Footed Cat, Spesies Kucing Imut Paling Mematikan di Bumismithsonianmag.com

Berdasarkan data yang dirilis oleh IUCN, sejak tahun 2002 spesies ini termasuk dalam kategori rentan.

Penggundulan hutan, keracunan akibat perangkap yang disebarkan untuk mengusir hama, hingga penggembalaan hewan ternak yang berlebihan yang membuat mereka kehilangan mangsa untuk diburu, menjadi beberapa alasan utama terancamnya spesies mereka.

Berbagai konservasi hewan di sejumlah negara telah berusaha memberikan perlindungan bagi hewan bertampang menggemaskan ini. Mudah-mudahan, mereka mampu selamat dari status kepunahan.

https://www.youtube.com/embed/nl8o9PsJPAQ

Baca Juga: Pengen Tahu Perasaan Kucing, Bisa Diketahui dari Bentuk Ekornya

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Calledasia di IDN Times Community dengan judul 8 Fakta Black-Footed Cats, Kucing Paling Mematikan di Dunia

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya