Comscore Tracker

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!

Semoga mereka gak merayap di sekitarmu #IDNTimesScience

Apakah kamu termasuk orang yang takut pada hewan-hewan kecil seperti serangga atau laba-laba? Meski kecil, makhluk-makhluk ini cukup bikin geli sebagian orang, apalagi kalau mereka merayap di tangan, Hiii!

Namun, bisa jadi hewan kecil yang kamu takutkan itu belum ada apa-apanya dibandingkan ukuran saudara mereka berikut ini. Ini dia spesies terbesar dari hewan kecil yang sering ditakuti manusia. Dijamin bikin bergidik!

1. Megaloblatta longipennis

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!Megaloblatta longipennis (inaturalist.org)

Megaloblatta longipennis adalah spesies kecoak terbesar di dunia. Kalau kamu takut kecoak, kamu pasti akan bergidik ngeri melihat kecoak yang satu ini. Seberapa besar mereka? Laman Guinness World Record menyebut bahwa panjang kecoak ini bisa mencapai 9,7 cm, lebar 4,5 cm, dan bentang sayap 20 cm!

Beberapa spesies kecoak memiliki tubuh yang lebih berat, tapi mereka tidak punya sayap sehingga tak bisa terbang. Sementara Megaloblatta longipennis bisa, dan pasti mengerikan melihat kecoak sebesar ini terbang! Tapi tenang, karena kecoak ini tidak ada di Indonesia. Mereka hidup di Ekuador, Peru, dan Panama.

2. Scolopendra gigantea

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!Scolopendra gigantea (arachnoboards.com)

Kelabang juga adalah salah satu jenis hewan kecil yang ditakuti banyak orang. Dalam ukuran normal saja mereka bisa membuat ngeri, apalagi jika panjangnya mencapai 26 cm! Ya, kelabang sebesar itu benar-benar ada, dan nama ilmiahnya adalah Scolopendra gigantea atau biasa disebut kelabang raksasa.

Selain besar, yang mengerikan dari kelabang ini tentu adalah bisanya. Kelabang ini mampu melumpuhkan hewan yang jauh lebih besar seperti tikus, katak, kadal, bahkan kelelawar. Bisa mereka gak mematikan bagi manusia, tapi dapat menyebabkan bengkak dan demam. Kelabang berukuran luar biasa ini bisa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan.

Baca Juga: 7 Fosil Hewan Purba yang Ditemukan Utuh Membeku dalam Es

3. Lintah raksasa amazon

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!Lintah raksasa amazon (medicalexpo.almuroojae.com)

Berikutnya ada lintah terbesar di dunia, yaitu Haementeria ghilianii atau biasa disebut lintah raksasa amazon. Laman Smithsonian Magazine mencatat bahwa spesies lintah ini bisa tumbuh hingga lebih dari 45 cm! Sementara lebar tubuhnya bisa mencapai 10 cm.

Sesuai namanya, lintah ini hidup di kawasan Amazon di Amerika Selatan. Lintah super besar ini memiliki organ penyedot yang panjangnya mencapai 15 cm, sehingga mereka disebut juga lintah belalai. Organ tersebut bisa menancap cukup dalam pada tubuh mamalia, dan liur mereka juga mengandung zat antikoagulan yang membuat darah tak membeku selama mereka makan.

4. Tawon raksasa asia

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!Tawon raksasa asia (vespa-crabro.de)

Tawon juga banyak ditakuti orang karena sengatannya yang menyakitkan. Spesies tawon terbesar di dunia adalah tawon raksasa asia (Vespa mandarinia) yang hidup di Asia Timur, Selatan, dan Tenggara. Tawon ini memiliki panjang tubuh sekitar 5 cm dan bentang sayap 7,5 cm.

Selain besar, tawon ini juga punya potensi mematikan karena racunnya yang kuat. Laman World Atlas menyebut bahwa mereka bahkan bisa membunuh manusia jika tersengat beberapa kali. Karena itulah tawon ini kadang disebut juga tawon pembunuh. Tawon ini hidup dengan menggali lubang di tanah. Mereka adalah pemakan madu, getah pohon, serta serangga lain.

5. Tarantula goliat pemakan burung

5 Spesies Terbesar dari Hewan Kecil yang Ditakuti, Bikin Bergidik!Tarantula goliat pemakan burung (livescience.com)

Last but not least, tentu saja ada laba-laba, hewan kecil yang ditakuti sangat banyak orang. Laba-laba berbisa khususnya ditakuti karena mampu membunuh manusia. Tapi bahkan laba-laba kecil yang tidak berbahaya pun bisa membuat bergidik gara-gara penampilan dan caranya merayap.

Nah, apalagi kalau ada laba-laba yang bentang kakinya bisa selebar piring makan! Laba-laba terbesar di dunia yaitu tarantula goliat pemakan burung (Theraphosa blondi) memiliki ukuran sebesar itu. Bentang kaki mereka bisa mencapai 30 cm, sedangkan beratnya hingga 170 gram, seperti dilansir National Geographic.

Nama "pemakan burung" pun bukan mengada-ada, karena tarantula ini nyatanya memang bisa memangsa burung. Tapi makanan utama mereka adalah serangga serta hewan darat yang lebih mudah ditangkap seperti tikus dan katak. Tarantula yang hidup di Amerika Selatan ini memiliki bisa untuk berburu, tapi bisanya tersebut tidak mematikan bagi manusia.

Wah, yang kecil saja sudah bikin bergidik, apalagi yang besar! Semoga kamu gak perlu melihat mereka merayap di tempat tidurmu.

Baca Juga: Jangan Dekat-Dekat, 20 Spesies Hewan Ini Punya Toksin Paling Mematikan

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Peter Eduard di IDN Times Community dengan judul 5 Spesies Terbesar dari Hewan yang Banyak Ditakuti, Termasuk Kecoak

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya