Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan Ajaib

Kemampuan apa yang dimiliki ikan-ikan ini? #IDNTimesScience

Kehidupan dalam air dan makhluk-makhluk di dalamnya selalu menarik untuk digali. Ternyata, ada banyak spesies ikan dengan ciri dan kemampuan yang unik.

Dilansir Listverse, beberapa jenis ikan yang akan kita bahas berikut ini, mempunyai kemampuan ajaib bak superhero dalam film. Kemampuan tersebut mereka manfaatkan untuk bertahan hidup atau mencari mangsa. Kira-kira seperti apa kemampuan mereka?

1. Elephant fish berkomunikasi dengan arus listrik

Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan AjaibElephant fish ternyata bisa berbicara (scienceoveracuppa.com)

Ikan memang tidak bisa mengeluarkan suara layaknya manusia. Tapi keterbatasan itu tidak berarti mereka tidak bisa bicara. Pada dasarnya, setiap hewan memiliki cara sendiri untuk berkomunikasi dengan teman-temannya, begitu juga dengan Elephant fish. Berbeda dengan hewan lain, Elephant fish tidak menggunakan suara untuk berkomunikasi, melainkan menggunakan aliran listrik.

Ada 200 spesies Elephant fish yang hidup di lautan, dan setiap spesies mengeluarkan aliran listrik yang sedikit berbeda. Meski begitu, spesies lain tetap bisa merasakan arus listrik satu sama lain ketika mereka berada di wilayah yang sama. Dengan begitu, seekor Elephant fish bisa mengetahui keberadaan Elephant fish lainnya tanpa perlu melihatnya.

Yang mengagumkan, bukan hanya tahu keberadaannya, seekor Elephant fish juga bisa mengetahui jenis kelamin temannya hanya dengan merasakan arus listrik tersebut.

2. Pupfish bisa hidup di air yang panas

Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan AjaibPupfish sanggup bertahan hidup di air yang panas (nationalgeographic.com)

Ketika terkena cipratan air yang terlalu panas, kulit kita akan melepuh. Tapi hal yang berbeda justru dialami oleh spesies Pupfish yang tinggal di genangan air dan anak sungai di Death Valley, Amerika Serikat. Seperti kamu tahu, Death Valley merupakan salah satu tempat terpanas di dunia dengan rata-rata suhu di atas 40 derajat celcius.

Tapi hebatnya, di saat semua hewan mati dan manusia menjauh karena kepanasan, Pupfish dapat hidup dengan sangat baik tanpa merasa sakit apalagi mati.

Baca Juga: 5 Hewan yang Tidak Menua, Umurnya Bisa Sangat Lama!

3. Mummichog dapat bertahan di luar angkasa

Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan AjaibMummichog dapat bertahan di luar angkasa (benxd.me)

Kebanyakan ikan tidak bisa tinggal di air kotor dan terkontaminasi. Namun hal yang berbeda justru ditunjukkan oleh Mummichog, ikan berukuran kecil yang hidup di sepanjang pantai Amerika Serikat dan Kanada. Meski ukurannya kecil, Mummichog adalah ikan yang sangat tangguh dan bisa bertahan dalam kondisi apa pun.

Bukan hanya bisa hidup di air tawar maupun asin, spesies ikan mungil ini bisa tetap bertahan di sungai kotor, bahkan air yang sudah terkontaminasi dengan zat kimia beracun. Lebih hebatnya lagi, ikan ini bahkan bisa tetap hidup setelah melakukan penerbangan ke luar angkasa.

Dilansir Scientific American, pada 28 Juli 1973, tiga astronaut NASA dikirim ke orbit Bumi bersama dua ikan dan lima puluh telur Mummichog untuk mengetahui apakah Mummichog dapat bertahan saat dibawa ke luar angkasa. Hasilnya? Ikan ini tetap hidup, begitu pun dengan lima puluh telurnya yang menetas beberapa hari kemudian.

5. Mangrove killifish bisa tinggal di bawah pohon selama puluhan hari

Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan AjaibMangrove Killifish bisa tinggal di bawah pohon selama puluhan hari (researchgate.net)

Kalau Mummichog terdengar kurang keren, kamu mungkin harus berkenalan dengan Mangrove killifish. Sesuai dengan namanya, Mangrove killifish banyak ditemukan di kawasan hutan mangrove. Ketika air surut, saat itulah Mangrove killingfish menunjukkan kehebatannya.

Berbeda dengan ikan lain yang akan segera mati, Mangrove killifish dapat bertahan hidup selama 66 hari di bawah pepohonan dan dahan busuk. Selama air surut, kulit ikan akan bertindak seperti paru-paru dan menghirup udara sekaligus menjaga kadar garam untuk menjaga agar mereka bisa tetap hidup. Begitu air pasang, ikan ini akan melompat ke air dan kembali seperti ikan lain yang bernapas dengan insang.

5. Black dragon fish bisa menyala dalam gelap

Bak Superhero, 5 Spesies Ikan ini Punya Kemampuan AjaibBlack Dragon Fish bisa menyala dalam gelap (nationalgeographic.com)

Sesuai dengan namanya, Black dragon fish adalah salah satu spesies ikan yang hidup dalam kegelapan. Berbeda dengan spesies ikan lain yang sering terlihat di permukaan, Black dragon fish hanya bisa ditemukan di kedalaman 600 meter lebih.

Uniknya meski namanya Black dragon fish, ikan satu ini ternyata memiliki organ tubuh yang bisa memancarkan cahaya. Cahaya inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Black dragon fish untuk memikat sejumlah mangsa untuk mendekat ke arahnya.

Beberapa dari spesies ikan di atas memang terlihat biasa saja. Tapi, siapa sangka kalau mereka ternyata punya kemampuan ajaib?