Comscore Tracker

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercaya

Benarkah dinosaurus ini sudah punah sepenuhnya?

Dinosaurus kerap digambarkan sebagai monster raksasa yang ganas dengan kulit bersisik khas reptil. Penggambaran semacam ini memang sering ditampilkan di film-film maupun majalah.

Meski begitu, banyak anggapan kita tentang dinosaurus yang sebenarnya mitos belaka. Ini dia beberapa mitos seputar dinosaurus yang masih sering dipercaya!

1. Semua dinosaurus memiliki ukuran raksasa

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercayanewdinosaurs.com

Bisa dibilang, semua dinosaurus yang muncul di film berukuran sangat besar. Tapi sama seperti hewan yang hidup saat ini, spesies dinosaurus juga sangat beragam.

Banyak dari spesies itu berukuran besar seperti apa yang kita lihat di TV. Namun banyak juga yang berukuran kecil. Dilansir dari pubs.usgs.gov, Compsognatus yang hidup di zaman Jurassic contohnya, hanya memiliki panjang 1 meter dengan berat 2,5 kg.

2. Dinosaurus sudah punah sepenuhnya 

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercayaunsplash.com/Bruce Jastrow

Selama ini kita menganggap bahwa dinosaurus sudah punah sekitar 65 juta tahun yang lalu. Well, memang saat bencana itu terjadi, ada banyak dinosaurus yang mati. Tapi siapa sangka, jika ada beberapa spesies dinosaurus lain yang bertahan, bahkan hingga hari ini.

Tidak dalam wujud asli, melainkan mengambil bentuk evolusi mereka yakni seekor burung. Percaya atau tidak, banyak burung yang kita lihat hari ini merupakan dinosaurus pemangsa kecil yang telah berevolusi selama ratusan juta tahun.

Baca Juga: Mengapa Hewan Prasejarah Berukuran Raksasa? Ini 5 Penyebabnya

3. Mereka punah karena asteroid yang menabrak Bumi

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercayascitechdaily.com

Kalau ditanya apa penyebab utama punahnya dinosaurus dari Bumi, maka semua orang akan menjawab asteroid sebagai biang keroknya. Benar bahwa ada asteroid berukuran besar menabrabrak Bumi, dan membuat banyak dinosaurus mati. Tapi apakah bencana itu secara otomatis membuat dinosaurus punah dari Bumi?

Jawabannya tidak. Faktanya, sebelum bencana itu terjadi, populasi dinosaurus memang sudah menyusut karena letusan gunung berapi dan penurunan permukaan laut. Keadaan berubah semakin parah karena perubahan iklim yang terjadi setelah tabrakan asteroid. Begini, setelah terjadinya tabrakan, atmosfer Bumi dipenuhi debu.

Saking tebalnya hingga sinar matahari pun tidak bisa menembus Bumi. Ketiadaan sinar matahari ini lambat laun membuat suhu Bumi turun, dan tanaman menjadi layu. Akibatnya, ada banyak dinosaurus pemakan tumbuhan mati kelaparan yang kemudian disusul oleh kematian dinosaurus pemakan daging.

4. Dinosaurus adalah hewan lambat  

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercayabbc.co.uk

Hidup sekitar 150 juta tahun yang lalu, harus diakui bahwa dinosaurus bukanlah hewan yang cerdas. Dilansir dari nationalgeographic.com, dinosaurus tercerdas adalah Troondon yang memiliki otak cukup besar untuk ukuran dinosaurus. Meski begitu, kecerdasan spesies satu ini juga tidak lebih dari kecerdasan seekor burung.

Meski tidak terlalu pintar, dinosaurus bukanlah hewan yang lamban. Sebaliknya, penelitian menunjukkan bahwa banyak dinosaurus pemakan daging merupakan predator aktif yang suka bergerak ke sana kemari. Bukan hanya itu, dinosaurus juga diketahui memiliki jantung yang lebih kuat dari reptil maupun mamalia modern.

5. Dinosaurus adalah satu-satunya hewan yang menghuni Bumi masa lalu 

5 Mitos seputar Dinosaurus yang Masih Sering Dipercayarevistapesquisa.fapesp.br

Dalam film-film selalu digambarkan bahwa dinosaurus adalah satu-satunya hewan yang hidup di Bumi ratusan tahun yang lalu. Padahaal kenyataannya, dinosaurus bukanlah satu-satunya hewan yang hidup di Bumi waktu itu. Selain dinosaurus, Bumi juga dihuni oleh mamalia kecil, dan keduanya hidup bersama selama 150 juta tahun.

Mamalia di Bumi sendiri merupakan hasil evolusi dari reptil Cynodont yang hidup sekitar 200 juta tahun lalu, jauh sebelum dinosaurus ada. Ketika akhirnya dinosaurus punah, mamalia-mamalia kecil ini menyebar ke seluruh dunia dan berevolusi jadi mamalia berukuran besar yang kita kenal sekarang.

Nah, beberapa mitos seputar dinosaurus tadi sudah dibantah oleh ilmu pengetahuan. Memang, masih banyak misteri yang belum terpecahkan. Semoga ke depannya misteri-misteri ini bisa terjawab, ya!

Baca Juga: Gak Nyangka, 5 Hewan Purba Ini Sudah Ada Jauh Sebelum Dinosaurus

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Marliah di IDN Times Community dengan judul Belum Punah, 5 Mitos Seputar Dinosaurus yang Dipercaya Banyak Orang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya