Comscore Tracker

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Dunia

Selain manusia, hewan juga menjadi korban

Kebakaran hutan parah melanda Australia beberapa waktu yang lalu. Akibat kebakaran itu 28 warga Australia tewas, merusak lebih dari 3.000 rumah di New South Wales dan diperkirakan membunuh satu juta hewan liar. Paling banyak hewan yang menjadi korban kebakaran adalah koala, kanguru dan hewan endemik lainnya.

Kebakaran di Australia ternyata bukan satu-satunya kebakaran hutan hebat yang pernah terjadi. Beberapa kebakaran hutan di bawah ini akan membuatmu merinding. Simak yuk!

Baca Juga: Waspadai 7 Zat Berbahaya yang Terkandung dalam Asap Kebakaran Hutan!

1. Kebakaran Miramichi

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniaearth.com

Pada 7 Oktober 1825, kebakaran hutan hebat terjadi di New Brunswick, Kanada. Tak main-main, api ini membakar lebih dari 3 juta hektare dan menewaskan 160 jiwa, ungkap laman Earth.com.

Karena luasnya area yang terbakar, membuat banyak orang terjebak di dalam api dan tidak bisa menyelamatkan diri. In the end, sekitar 15 ribu orang kehilangan tempat tinggalnya.

2. Kebakaran Peshtigo

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniaallthatsinteresting.com

Tidak banyak yang tahu kalau kebakaran Peshtigo adalah yang terparah di Amerika Serikat, yang terjadi pada 8 Oktober 1871. Api dimulai dari hutan, awalnya api dinyalakan untuk menebang pohon dan jalur kereta api, terang laman All That's Interesting.

Namun, angin kencang membawa api ke kawasan kota Peshtigo. Suhu akibat kebakaran naik menjadi 2000°F atau setara dengan 1093°C. Diperkirakan, kematian akibat kebakaran ini mencapai 1.500-2.500 jiwa. Mengerikan, ya?

3. Kebakaran hutan Black Friday

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniaprov.vic.gov.au

Pada 13 Januari 1939, kebakaran hutan besar terjadi di Victoria, Australia. Kebakaran ini menghanguskan 2 juta hektare lahan, merusak 3.700 bangunan dan menyebabkan 71 kematian. Kebakaran ini dinamai "Black Friday" karena terjadi pada hari Jumat di tanggal 13.

Yang membuat kebakaran ini sulit dipadamkan ialah adanya gelombang panas beserta angin kencang. Saat kebakaran terjadi, suhu terpanas yang diraih adalah 45,6 °C. Kebakaran ini dipicu akibat udara yang kering dan banyak semak-semak yang mudah terbakar api.

4. Kebakaran hutan Yunani

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniaten-uk.org

Beralih ke Yunani, kebakaran hutan hebat pernah terjadi di tanggal 28 Juni-3 September 2007. Kebakaran ini melalap area seluas 2,711 km2. Total kematian akibat kebakaran ini berjumlah 84 orang.

Sepanjang Juni hingga September, tercatat ada 3.000 kebakaran hutan yang terjadi di seluruh Yunani. Beberapa negara menawarkan bantuan untuk mengatasi kebakaran ini, seperti Austria yang menawarkan 2 helikopter, 2 pesawat, satu pesawat pengangkut dan 20 petugas pemadam kebakaran.

Baca Juga: 7 Bencana Banjir Terparah yang Pernah Terjadi, Jangan Sampai Terulang!

5. Kebakaran hutan Victoria

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Dunianews.com.au

Masih di Australia, kebakaran ini dikenal dengan nama kebakaran hutan Black Saturday dan terjadi pada 7 Februari sampai 14 Maret 2009. Area yang terbakar seluas 450.000 hektar, menghancurkan 3.500 bangunan dan membunuh 173 orang.

Sementara, orang yang mengalami cedera non-fatal berjumlah 414 orang. Rupanya, seminggu sebelum kebakaran terjadi, ada gelombang panas yang memengaruhi Australia bagian tenggara. Pada 28-30 Januari, suhu gelombang panas ini mencapai angka 45.1°C.

6. Kebakaran hutan Amazon

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniaabcnews.go.com

Kamu pasti masih ingat dengan kebakaran hutan yang terjadi di hutan hujan Amazon pada bulan Januari-Oktober 2019 lalu. Kebakaran ini terjadi di beberapa negara sekaligus, seperti Brazil, Peru, Bolivia dan Paraguay. Hutan seluas 906 ribu hektar pun hangus dipanggang api.

Karena hutan hujan Amazon adalah yang terbesar di dunia, kebakaran di hutan ini menyebabkan perubahan iklim dan pemanasan global. Ketika kebakaran terjadi, hewan-hewan liar mencari perlindungan dengan cara menceburkan diri ke air atau bersembunyi dengan menggali lubang di tanah.

7. Kebakaran hutan Australia

Ngeri dan Banyak Telan Korban, Ini 7 Kebakaran Hutan Terparah di Duniacafebiz.vn

Kebakaran hutan di Australia rasanya selalu terjadi hampir setiap tahun. Dimulai sejak Juni tahun lalu, kebakaran ini masih terjadi hingga Januari tahun ini. Diperkirakan, sekitar 18,6 juta hektar lahan terdampak, merusak lebih dari 5.900 bangunan dan membuat 34 jiwa melayang.

Akibat kebakaran ini, kualitas udara memburuk dan suhu meningkat tajam. Dampaknya bukan hanya pada manusia, tetapi juga hewan liar, seperti koala, kanguru dan hewan-hewan endemik lainnya. Walau sudah bekerja keras, para pemadam kebakaran kesulitan mengatasi kebakaran karena cakupan wilayahnya yang luas.

Itu tadi persitiwa 7 kebakaran hutan hebat yang terjadi di dunia. Semoga kebakaran ini tidak terjadi lagi, ya!

Baca Juga: Kasihan, 7 Hewan Ini Paling Menderita karena Kebakaran Hutan Australia

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya