Comscore Tracker

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  

Ternyata ular tangga sudah ada sejak abad 2 SM 

Pasti pernah kan bermainan permainan ular tangga? Salah satu mainan ikonik yang berisi 100 kotak dengan gambar ular dan tangga.

Ternyata ular tangga ini termasuk permainan yang langka, karena sudah dikenal pada awal ke-2 SM. Awalnya permainan yang berasal dari India ini dikenal dengan nama Mokshapat atau Moksha Patamu. 

Pada saat diciptakan jumlah kotak permainan tidak mencapai 100 namun hanya 72 kotak. Tidak itu saja permainan ini juga sarat dengan pesan kebajikan. Yuk, kita Intip fakta-fakta unik seputar ular tangga. Baca sampai tuntas, ya!

Baca Juga: 5 Permainan Tradisional Populer yang Diadaptasi ke Dalam Game Digital

1. Berasal dari India

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  dailymail.co.uk

Siapa sangka kalau permainan ular tangga berasal dari India? Permainan ini dikenal dengan nama Mokshapat atau Moksha Patamu. Tidak diketahui secara jelas siapa yang menciptakannya, tetapi dipercaya bahwa ular tangga dimainkan pada awal abad ke-2 sebelum masehi (SM), ungkap laman The Times of India.

2. Diperkirakan, diciptakan oleh Saint Gyandev

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  daily-dose-of-art.com

Meski masih diperdebatkan, beberapa ahli sejarah menyebut ular tangga diciptakan oleh Saint Gyandev pada abad ke-13 masehi, ujar laman The Times of India. Ia merupakan seorang santo, penyair, filsuf dan yogi yang lahir di tahun 1275 masehi. Sayangnya, ia meninggal di tahun 1296 saat ia masih berusia 21 tahun.

3. Memiliki nilai filosofi di baliknya

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  homegrown.co.in

Tentu saja, ada makna tersembunyi di balik permainan ular tangga, yang digunakan untuk memberi instruksi moral pada anak-anak. Kotak di mana tangga dimulai melambangkan kebajikan, sementara kotak di mana ada kepala ular melambangkan kejahatan, tutur laman The Times of India. Bijak sekali filosofinya, ya?

4. Di versi orisinal, jumlah kotak hanya 72

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  scroll.in

Terdapat beberapa perbedaan antara versi orisinal dan modern pada ular tangga. Dalam versi orisinal, jumlah kotak hanya 72 kotak saja, sementara di versi modern, jumlahnya mencapai 100 kotak. Selain itu, dalam versi orisinal, jumlah ular lebih sedikit daripada jumlah tangga di dalam permainan, ungkap laman The Times of India.

Baca Juga: 8 Fakta Sejarah Mahjong, Permainan yang Berasal dari Tiongkok

5. Dibawa ke Inggris pada abad ke-19

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  performanceandeventmanagement.com

Lalu, bagaimana ceritanya permainan ular tangga bisa terkenal di seluruh dunia? Permainan ini dibawa ke Inggris oleh penjajah yang ada di India pada abad ke-19. Ada beberapa modifikasi yang dilakukan, seperti membuat jumlah ular dan tangga setara. Lalu, di tahun 1943, permainan ular tangga pertama kali diperkenalkan ke Amerika Serikat.

6. Ada makna di setiap kotaknya, lho!

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  Permainan ular tangga / IDN Times

Tahukah kamu kalau setiap kotak di permainan ular tangga memiliki makna tersendiri? Dalam permainan asli, kotak ini bermakna kebaikan, seperti: iman (12), keandalan (51), kedermawanan (57), pengetahuan (76) dan asketisme (78).

Sementara, kejahatan diwakili oleh: ketidaktaatan (41), kesombongan (44), vulgaritas (49), pencurian (52), berbohong (58), kemabukan (62), hutang (69), pembunuhan (73), kemarahan (84), rakus (92), keangkuhan (95) dan nafsu (99). Keren juga, ya?

7. Menjadi inspirasi atas salah satu episode SpongeBob SquarePants, lho!

Tak Disangka Permainan Ular Tangga Miliki Banyak Nilai Filosofi  spongebob.fandom.com

Menariknya lagi, ular tangga menjadi inspirasi dalam berbagai budaya pop. Salah satunya adalah di Spongebob Squarepants, di mana ular tangga adalah inspirasi atas permainan eels and escalators. Di boardgame ini, terdapat sejumlah kotak dengan empat belut dan tiga eskalator 3 dimensi, ungkap laman Wiki Fandom.

Konsep permainannya adalah pemain harus mencapai titik finish lebih dulu dari lawannya. Pemain bisa memulai dengan menggulirkan dadu, lalu melangkah sejumlah angka yang tertera di dadu. Permainan ini muncul di Spongebob Squarepants edisi "Sailor Mouth". Selain itu, permainan ular tangga juga muncul di Dora the Explorer dan Sesame Street.

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar ular tangga. Ternyata di balik permainan ini banyak ditemukan inspirasi dan pesan kehidupannya. Yuk kita mainkan lagi. 

Baca Juga: 7 Fakta Sejarah Sudoku, Permainan Teka-Teki yang Menuntut Logika

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya