Comscore Tracker

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun 

Apakah kamu tahu, kucing termasuk hewan penakut? 

Mempunyai hewan peliharaan tidak hanya memberikan makanan saja, namun juga memberikan perawatan dan mengetahui apa yang menjadi kegemaran dan hal yang tidak disukai. 

Salah satu hewan yang sering dipelihara adalah kucing. Tahukah kamu ternyata ada beberapa hal yang tidak disukai oleh kucing. Misalnya, suara keras seperti mesin, bahkan suara teriakan, kucing akan merasa terganggu hingga ketakutan. 

 

Kenapa kucing termasuk hewan penakut?

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun Pixabay.com/selene2303

Alasan mengapa kucing menjadi hewan yang seolah-olah penakut. Karena pada dasarnya kucing termasuk bintang yang waspada. Jika merasa terganggu maka langsung melakukan antisipasi. 

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak hal lain yang berpotensi membuat kucing ketakutan, di antaranya:

  • Ketika kamu menatap matanya dalam waktu lama. Mereka akan mengira kamu ingin memangsanya
  • Orang-orang asing. Kucing takut terhadap sesuatu yang tidak familier karena hal itu membuatnya merasa terancam
  • Benda-benda dengan bau yang menyengat. Contohnya parfum, buah-buahan tertentu, tanaman herbal, dan bahan kimia dari pembersih rumah
  • Kucing lain yang tampak lebih besar dan kuat
  • Perubahan ekstrem terhadap rumah yang ia tinggali. Hal ini akan membuatnya merasa kehilangan teritori.

Nah di bawah ada banyak hal yang ternyata tak disukai atau yang membuat si kucing. Apa saja, simak di bawah ini.

 

 

1. Suara yang keras

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun Pixabay.com/JACLOU-DL

Suara keras menjadi momok yang menakutkan bagi kucing. Hal ini terjadi karena kucing memiliki indra pendengaran yang super sensitif. Jangankan suara keras, suara langkah kaki hewan kecil yang menjadi mangsanya saja bisa terdengar jelas. Itulah kenapa mereka memilih untuk menghindar dari keramaian. 

Karakteristik ini akhirnya membuat kucing takut akan banyak hal. Contohnya suara vacuum cleaner, mesin, guntur, petasan, hingga bel rumah. Begitu pula dengan suara manusia yang terlalu keras.

1. Terkena air

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun ilustrasi kucing mandi (catcareofvinings.com)

Walaupun ada sebagian kucing yang bisa berenang, mayoritas dari mereka membenci air. Bahkan sebenarnya, mereka takut terhadapnya. Dalam kasus ini, yang dimaksud bukanlah air minum, melainkan air dalam jumlah besar yang bisa membuat tubuh "si meng" basah.

Ternyata ada beberapa alasan yang mendasari rasa takut kucing terhadap air. Dilansir Animal Friends, saat bulu menjadi basah, maka mereka sulit untuk bergerak dan menyebabkan badannya terasa berat. Dalam kondisi ini, kucing akan merasa tak aman. 

Alasan lainnya adalah kucing tidak suka sensasi kedinginan yang mereka rasakan selepas tubuhnya terkena air. Selain itu, mereka juga sensitif terhadap bau. Jika air yang mengenainya beraroma kimia atau busuk, kucing pasti merasa takut dan terganggu. 

Baca Juga: 7 Spesies Kucing Purba Bertubuh Besar, Predator Tangguh di Masanya

3. Balon

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun ilustrasi kucing dan balon (eatingrichly.com)

Ternyata bukan hanya manusia yang bisa mengalami globophobia atau fobia balon. Hal ini juga terjadi pada sebagian kucing, lho. Ada alasan kuat yang mendasarinya. 

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, kucing sangat takut terhadap suara yang keras. Nah, kamu pasti sudah bisa melihat korelasinya, kan? Benar, balon adalah salah satu benda yang bisa membuat kucing kaget setengah mati ketika meledak. 

Dilansir The Cat Flix, alasan lain yang kemungkinan membuat mereka takut adalah balon tampak seperti makhluk aneh yang melayang-layang. Kucing tidak tahu siapa mereka dan seperti apa perilakunya. Itu membuat hewan tersebut merasa tidak aman. 

4. Mentimun

https://www.youtube.com/embed/RBrZsgy4-SQ

Yang satu ini pasti akan membuatmu terheran-heran, tetapi itulah kenyataannya. Mayoritas kucing ternyata takut terhadap mentimun. Ada banyak video di YouTube dan media sosial yang bisa menjadi bukti. Namun apa alasannya?

Dilansir Animal Wised, di mata kucing, bentuk mentimun rupanya mirip dengan predator yang mereka takuti, yaitu ular dan reptil lain. Ketika melihat mentimun di sampingnya, sontak kucing akan melompat dan lari terbirit-birit. Mereka takut "predator" itu akan menyerangnya. 

5. Pisang dan buah lainnya

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun ilustrasi kucing dan pisang (cloudfront.net)

Pisang sebenarnya merupakan salah satu dari sedikit jenis buah yang tidak berbahaya jika dimakan oleh kucing. Namun ternyata "si anabul" tersebut justru takut terhadapnya. Mereka akan langsung lari ketika didekatkan dengan pisang. 

Alasannya ternyata berbeda dengan kasus mentimun, walaupun keduanya memiliki bentuk yang mirip. Dilansir Cat Wiki, kulit pisang yang telah matang menghasilkan etilen. Bagi kucing, bahan kimia alami itu adalah tanda bahaya. Padahal sebenarnya tidak. 

Selain pisang, ada buah lain yang juga memproduksi etilen ketika matang sehingga kucing akan menjauh darinya. Mereka adalah apel, alpukat, mangga, aprikot, pir, melon, tomat, dan lain-lain. 

6. Anjing

6 Hal yang Ditakuti Kucing, Mulai Suara Keras hingga Mentimun ilustrasi kucing dan anjing (unsplash.com/Glomad Marketing)

Mengapa kucing dan anjing sering dianggap sebagai musuh bebuyutan. Bukankah ada beberapa persahabatan di antara mereka? 

Alasannya cukup sederhana. Dilansir Vet Street, kucing secara natural takut terhadap makhluk yang lebih besar daripada dirinya. Apalagi jika mereka tampak asing. Selain itu, "si meong" juga sering salah paham ketika anjing mengajaknya bermain. Kucing akan mengira mereka diserang sehingga memilih untuk lari dan bersembunyi. 

Di sisi lain, menurut laporan Save Them All, anjing secara natural suka mengejar sesuatu yang kecil dan berlari kencang. Kucing adalah salah satunya. Itulah kenapa kedua makhluk tersebut sulit untuk hidup bersama walaupun mereka bukanlah predator masing-masing. 

Sejak lama, kucing memang memiliki reputasi sebagai hewan yang mudah takut dan kaget. Tak heran masyarakat menggunakan nama mereka dalam idiom "scaredy-cat", yaitu seseorang yang pengecut dan gampang untuk ditakuti. 

Untuk itu, jangan pernah menakutinya dengan sengaja, ya. Sebab, hal ini berpotensi untuk membuat mereka stres atau bahkan terluka saat melompat dan berlari. 

Baca Juga: 7 Kucing Liar Asal Indonesia yang Kian Terancam

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya