Comscore Tracker

Lebah Ternyata Bisa Membunuh Ratu Mereka Sendiri, Video Ini Buktinya!

Apa alasannya, ya?

Mengamati kehidupan serangga sangatlah menarik, terlebih serangga yang berkoloni seperti lebah. Koloni lebah memiliki hierarki, di mana ada ratu lebah sebagai pemimpin, ada lebah petarung, dan lebah pekerja. Yang menarik, ternyata koloni lebah bisa melakukan "kudeta" dengan menyerang ratu mereka sendiri. 

Fred Boucher menemukan sekelompok lebah membentuk bola ini di halaman belakang rumahnya, di bawah salah satu kandang pemroses madunya. Pikiran pertamanya adalah ini adalah kawanan dari kelompok lebah tertentu yang melarikan diri dari kandang pemrosesan madu, tapi ternyata bukan. Lebah-lebah ini berkerumun dengan sangat erat dan terlihat agresif.

Fred juga mendengar adanya "jeritan" yang sangat keras dari dalam kerumunan lebah ini. Ada apa? Apa yang dilakukan kerumunan lebah ini?

1. Posisi ratu lebah (sewajarnya) sangat dihormati dalam sarang koloni lebah yang bersangkutan, ia bereproduksi dan menentukan tugas tiap lebah

Lebah Ternyata Bisa Membunuh Ratu Mereka Sendiri, Video Ini Buktinya!pixabay.com

Lebah memang dikenal sebagai hewan yang hidup dengan berkoloni. Setiap koloni memiliki ratu, ada juga lebah pekerja dan petarung. Ratu lebah bertugas sebagai satu-satunya pihak yang bereproduksi di dalam kandang/sarang, di mana satu sarang terdiri dari satu koloni, yang hanya memiliki satu ratu.

Ratu lebah memiliki tugas juga untuk menentukan posisi tiap lebah dalam bertugas di sarangnya. Kejadian yang aneh ketika Fred Boucher menemukan kerumunan lebah yang berusaha membunuh ratu mereka.

2. Kerumunan lebah petarung yang membentuk bola merupakan teknik khusus dalam membunuh lawannya dan itu memang hanya bisa dilakukan secara kerja sama dalam kerumunan

Lebah Ternyata Bisa Membunuh Ratu Mereka Sendiri, Video Ini Buktinya!pixabay.com

Apa yang dilakukan oleh lebah-lebah ini disebut dengan balling. Balling adalah teknik yang dilakukan oleh sekumpulan lebah dengan berkerumun secara super erat menggencet ratu mereka dan menciptakan suhu panas dengan gesekan yang terus menerus untuk membunuhnya.

Baca Juga: 24 Ritual Harian Ini Ternyata Jadi Rahasia Para Seniman Terkenal Biar "Tetap Pintar"

3. Lebah-lebah petarung ini membunuh ratunya sendiri untuk kepentingan seluruh anggota koloninya, mereka akan melindungi sarang mereka dengan cara apapun

Sepanjang kehidupan ratu lebah, ia melepaskan feromon yang memberitahu para lebah pekerja bahwa ialah ratu dalam koloni tersebut. Namun, menjelang akhir usia dari ratu lebah, ia akan berhenti memproduksi feromon.

Hal inilah yang menyebabkan para lebah bekerja berpikir bahwa ia adalah penyusup di koloni. Mereka akan melindungi sarang mereka dengan membunuh "penyusupnya". Ya, ratu lebah ini jadi dianggap sebagai penyusup dan dianggap membahayakan koloni.

Lebah Ternyata Bisa Membunuh Ratu Mereka Sendiri, Video Ini Buktinya!pixabay.com

Ini membuktikan bahwa di dunia serangga pun ada rasa melindungi, rasa percaya dan rasa patuh. Sebuah sistem yang masing-masing spesies kenal sejak mereka lahir akan terus mereka jaga.

Ratu lebah yang kehilangan kemampuan produksi feromonnya ini bisa diibaratkan sebagai seorang pemimpin kelompok yang kehilangan kepercayaan, itulah pentingnya kaderisasi dan pergantian pemimpin. Ini pun terjadi di dunia lebah. Mengerikan sekaligus menakjubkan, ya?

Baca Juga: Tak Disangka, Ternyata 4 Hewan Ini Sangat Cerdas! Lebah Salah Satunya

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya