Comscore Tracker

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Aapakah ada hubungan zodiak dengan kepribadianmu?  

Beberapa orang mempercayai informasi peruntungan berdasarkan zodiak. Percaya atau tidak, kita pasti juga sering membacanya kan? Lalu yang menjadi pertanyaan, apa hubungan antara kehidupan kita dengan ilmu perbintangan? 

Apakah benar terdapat pengaruh tanggal lahir dengan kepribadian manusia? Ini penjelasan ilmiahnya..

1. Zaman dulu, ilmu perbintangan digunakan untuk mencari jalan

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnyaastronomy.com

Manusia sedari dulu sudah memiliki sejarah kuat dengan ilmu perbintangan. Petani zaman dulu di peradaban mesir kuno menggunakan langit sebagai kalender untuk melihat kapankah Sungai Nil akan meluap.

Para pelancong melihat langit sebagai kompas untuk menentukan arah tujuan mereka. Masih banyak lagi ilmu lainnya dan salah satunya adalah astrologi itu sendiri.

2. Ilmu peramalan tidak diketahui secara pasti ilmunya datang dari mana

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnyagreatlakesledger.com

Seorang astronomer dari NASA Sten Odenwald mengatakan jika pihak NASA pernah menemukan semacam dokumentasi tentang ilmu yang berhubungan dengan energi dan roh. Dokumentasi itu tergambar di dinding goa. Mereka tidak tahu dari mana pemikiran itu datang, namun itu membuktikan orang zaman dulu sudah memiliki ide tentang ramalan yang dilihat dari alam dan mempelajarinya dengan baik-baik.

Di peradaban Cina kuno, para bangsawan melihat gerhana bulan atau matahari sebagai tanda momen baik atau buruk bagi rajanya. Di Sumaria dan Babilonia, ramalan melihat bintang digunakan untuk mengetahui lokasi dewa-dewa yang bersemayam di langit.

Hal yang sama juga turut dilakukan oleh mereka yang hidup di zaman Mesir kuno. Itu semua dikarenakan pada astronomi di zaman dahulu tidak sepenuhnya memahami kondisi bumi dan bagaimana caranya berputar.

3. Bagi NASA, astrologi tidak berhubungan dengan ilmu pengetahuan

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnyaresonance.is

Ada perbedaan yang cukup jauh dari astronomi dengan astrologi. Astronomi didefinisikan sebagai sebuah studi ilmu pengetahuan tentang apapun yang ada di luar angkasa.

Sedangkan astrologi adalah ramalan yang didasarkan pada benda-benda luar angkasa di mana kedudukan benda langit itu sedikit banyak mempengaruhi kepribadian kita. Namun para astronomer mempercayai jika bintang di langit tidak memiliki efek apapun terhadap aktivitas manusia di bumi.

Berikut ini adalah penjelasan yang diambil dari spaceplace.nasa.gov:

“Bayangkan sebuah garis lurus yang ditarik dari Bumi melalui Matahari dan keluar ke ruang angkasa di luar tata surya kita di mana bintang-bintang berada. Lalu, bayangkan Bumi mengikuti orbitnya mengelilingi Matahari. Garis imajiner ini akan berputar, menunjuk ke bintang-bintang yang berbeda sepanjang satu perjalanan penuh mengelilingi Matahari - atau, satu tahun. Semua bintang yang terletak dekat dengan cakram datar imajiner yang tersapu oleh garis imajiner ini dikatakan berada di zodiak. Rasi bintang di zodiak hanyalah rasi bintang yang garis lurus imajiner ini tunjukkan dalam perjalanan selama setahun.”

Baca Juga: Indah, 22 Foto Astronomi Terbaik Tahun Ini Bikin Kamu Takjub Banget!

4. Zodiak yang kita kenal sekarang diambil dari jaman Babilonia

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnyaaminoapps.com

Orang-orang Babilon sudah membagi zodiak menjadi 12 sejak 1500 tahun sebelum masehi. Namun di kala itu namanya belum seperti sekarang. Masih The Lion, The Scales, The Great Twins. Barulah memasuki masa Yunani kuno, rasi bintang itu diterjemahkan menjadi seperti di zaman sekarang. Bahkan istilah zodiak sendiri diperkenalkan di Yunani kuno yang berarti figur hewan yang terpahat.

Adapun zodiak-zodiak tersebut adalah Aries (21 Maret -19 April), Taurus (20 April-20 Mei), Gemini (21 Mei-20 Juni), Cancer (21 Juni-22 Juli), Leo (23 Juli-22 Agustus), Virgo (21 Agustus-22 September), Libra (23 September-22 Oktober), Scorpio (23 Oktober-21 November), Sagittarius (22 November-21 Desember), Capricorn (22 Desember-19 Januari), Aquarius (20 Januari- 18 Februari) dan Pisces (19 Februari-20 Maret). Semua ini tercatat di buku bernama Tetrabiblos karya Ptolemy.

5. Tanggal zodiak sebenarnya terus bergeser, menyebabkan zodiak tak lagi sesuai dengan awalnya

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan Ilmiahnyatoday.com

Menurut para ahli, sumbu bumi terus bergerak. Proses yang dinamakan presesi tersebut menyebabkan konstelasi tak lagi sesuai dengan waktu saat pertama kali pembuatannya dahulu.

Malahan faktanya secara kronologi zodiak telah bergeser satu tanda ke barat, menghasilkan zodiakmu sekarang seharusnya memiliki tanggal yang lebih cepat daripada yang ditentukan. Sebagai contoh, jika Aries berada di Maret akhir hingga April, maka sekarang bisa jadi sebenarnya Aries adalah mereka yang lahir di awal Maret atau bahkan Februari.

Masing-masing zodiak ini memiliki lebar 30 derajat, menjadikan setiap zodiak memiliki waktu yang sama. Jika di zaman dulu, pembagian zodiak ini dihitung berdasarkan pergantian musim. Sebagai contoh mereka yang lahir saat hari pertama musim semi adalah Aries dan setelah itu zodiak lainnya mengikuti waktu dalam satu tahun tersebut.

 

 

6. Ini hubungan zodiak dengan kepribadianmu

Apakah Astrologi dan Zodiak Bisa Dipercaya? Ini Penjelasan IlmiahnyaPixabay/Jill Wellington

Di jurnal Comprehensive Psychology yang dirilis pada 13 Mei 2015, terdapat artikel yang berhasil membuktikan jika tanggal lahir mempengaruhi kepribadianmu. Hal itu dikarenakan adanya efek musim yang dirasakan selama hidup.

Kondisi cuaca, suhu udara, semua itu mempengaruhi mood seseorang, bahkan hingga ke penyakitnya. Karena itulah, ketimbang astrologi dinilai mempengaruhi tubuh, ilmu tersebut lebih diartikan sebagai sebuah pengingat akan timing dan pola alam.

Itulah penjelasan berdasarkan teori tentang astrologi dan ramalan zodiak. Kalau kamu sendiri percaya dengan dengan ramalan zodiak?  

 

Baca Juga: Sejarah Lahirnya Zodiak & Astrologi yang Sebenarnya, Sudah Tahu Belum?

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya