Comscore Tracker

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  

Tertarik menemukannya? 

Bercita-cita pengin menemukan harta karun seperti Indiana Jones? Ini saatnya kamu mewujudkan mimpimu. Dari berbagai cerita, beberapa harta karun di luar negeri hingga saat ini belum ditemukan. 

Perburuan harta karun dari zaman dulu hingga sekarang menjadi obsesi untuk menemukan barang langka dan berharga. Nah di bawah ini terdapat beberapa harta karun yang benar-benar ada dan sampai sekarang tidak ditemukan.

1. Harta karun Lima

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  history.com

Pada 1820, kapten kapal Inggris William Thompson membawa kapalnya Mary Dear keluar dari kepulauan Lima untuk membawa pergi barang berharga. Barang-barang tersebut merupakan harta Spanyol dan diangkut lantaran di Lima sedang ada revolusi. Namun Thompson dan krunya tergoda hingga berakhir membawa dan mengubur harta-harta itu.

Kapal Mary Dear tertangkap dan seluruh kru dieksekusi, terkecuali Thompson dan kru pertamanya. Kedua orang tersebut pun setuju menunjukkan lokasi harta tersebut. Namun di tengah-tengah perjalanan, mereka melarikan diri dan tak pernah ketemu lagi. Hilangnya mereka sekaligus menghilangkan keberadaan harta karun itu.

2. Emas Nazi di Danau Toplitz

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  history.com

Pada saat Perang Dunia II, Nazi menenggelamkan banyak kontainer dan barang-barang lainnya di danau Toplitz di Rusia. Tidak ada yang tahu mengapa mereka melakukan semua itu, tetapi ada yang berpikiran itu adalah upaya Jerman untuk meruntuhkan perekonomian Sekutu dengan nama “Operasi Bernhard.”

Sejumlah penyelam diterjunkan ke dalam danau itu untuk mencari harta-harta tersebut. Memang ditemukan beberapa, seperti misil sampai mesin cetak, tetapi penyelam mengatakan mereka melihat adanya pesawat tenggelam di sana.

Dipercaya di dalamnya ada lebih banyak harta yang berisi emas, berlian, dan lainnya. Namun mengingat Danau Toplitz terkenal berbahaya, sampai sekarang tidak ada yang benar-benar bisa menemukan harta itu. Malahan dikatakan ada yang meninggal saat menyelam.

3. Burung hantu emas Prancis

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  expeditionunknown.fandom.com

Pada April 1993, seseorang yang memakai nama Max Valentin dipercaya menyembunyikan burung hantu emas di pedesaan Prancis. Dia menjanjikan satu juta Franc bagi siapapun yang menemukannya. Untuk menarik minat banyak orang, dia memberikan 11 petunjuk tentang lokasi burung hantu itu.

Sangat disayangkan pada 2009, Valentin meninggal dunia. Sebelumnya melalui wawancara di tahun 1997, dia mengatakan beberapa orang sebenarnya sudah sangat dekat dengan harta tersebut, namun mereka tetap tak bisa menemukannya.

Baca Juga: 10 Bajak Laut Legendaris dalam Sejarah, Jadi Bagian Budaya Populer

4. Harta karun El Dorado

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  impulsetravel.co

Pernah mendengar legenda El Dorado? El Dorado adalah nama yang diberikan oleh pemerintah Spanyol kepada kepala suku Muisca di Kolombia. Dikatakan kepala suku itu dilumuri oleh debu emas dan sering melemparkan harta-harta ke dalam Danau Guatavita sebagai bentuk penghormatan kepada dewanya.

Walau sekadar legenda, El Dorado dipercaya ada. Banyak dari mereka berburu harta karun ini sejak abad 16, tetapi hanya menemukan sedikit emas saja.

Pada tahun 1911, ada satu perusahaan yang berhasil mengeringkan seluruh isi danau. Tetapi sayangnya lumpur di dasar mengering dan mengeras hingga harta itu terperangkap di sana dan tidak bisa diambil.

5. Peti royal

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  livescience.com

Pada 1800, seseorang bernama Izabela Czartoryska membuat peti royal. Di dalamnya terdapat 73 relik berharga yang dulunya dimiliki kerajaan Polandia, termasuk jam tangan, rantai, rosario perak, dan lainnya.

Pada saat Perang Dunia II, peti mati tersebut dipindahkan ke Sieniawa, kota di tenggara Polandia. Sejak saat itu, tidak ada lagi yang mengetahui keberadaan peti itu. Beberapa rumor beredar kalau militer Nazi mengambil peti tersebut. Yang jelas, barang milik Izabela tak pernah ditemukan kembali.

6. Emas Leon Trabuco

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  lovemoney.com

Pada awal 1930an, jutawan Meksiko Leon Trabuco mengatur sejumlah penerbangan misterius. Ada yang mengatakan penerbangan itu merupakan upayanya untuk menyembunyikan emasnya demi menunggu naiknya harga jual.

Namun sayang, sebelum berhasil menjual emas-emas itu, beberapa bulan kemudian Trabuco ditemukan mati dengan kondisi yang misterius. Lokasi emas itu pun hilang bersama nyawa Trabuco.

7. Telur Fabergé

Saatnya Jadi Indiana Jones, 7 Harta Karun Dunia Belum Ditemukan  mymodernmet.com

Pada 1885, Kaisar Rusia memberikan hadiah kepada sejumlah perempuan dalam hidupnya. Hadiah itu berupa telur yang dibuat dari batu dan logam berharga karya Fabergé. Masing-masingnya berisi harta karun menurut para sejarawan, seperti mahkota emas yang berada di dalam telur emas.

Total telur Fabergé ini ada 50 buah yang semuanya disita pemerintah Rusia pada Revolusi 1917. Satu berhasil ditemukan pada 2012, di rumah seorang penjual besi tua Amerika. Itu berarti masih ada kemungkinan untuk 49 telur lainnya.

Masih ada satu lagi harta karun yang hingga saat ini juga mengalami nasib yang sama yaitu Ark of the Covenant, Montezuma. Tertarik mencoba? 

Baca Juga: Sejarah 7 Kelompok Kecil yang Menang Lawan Pasukan Besar

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya