17 Prioritas Pembangunan DIY, Seperti Apa Perkembangannya?

Sekda uraikan rencana DIY untuk 2020 dan seterusnya

Kota Yogyakarta, IDN Times - Mengacu pada SK Gubernur DI Yogyakarta (DIY) No.163/KEP/2017 tanggal 27 Agustus 2017 tentang Program Prioritas Pembangunan, terdapat 17 program yang menjadi prioritas Pemerintah Provinsi DIY untuk mempercepat pembangunan di wilayah ini.

Program-program tersebut terdiri dari lima pembangunan infrastruktur, sembilan pengembangan dan penataan kawasan, dan tiga program strategis lainnya. Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menekankan pentingnya sinergi semua pihak untuk mendukung pembangunan DIY.

"Terutama kerja sama dengan media yang lebih erat akan mempercepat pembangunan Yogyakarta," ujar Baskara Aji dalam pemaparannya di hadapan pemimpin redaksi media massa di Kepatihan Yogyakarta, Kamis (12/12) siang.

Baca Juga: PT Angkasa Pura 1 Genjot Pengerjaan Interior Bandara YIA

1. Pembangunan lima infrastruktur besar

17 Prioritas Pembangunan DIY, Seperti Apa Perkembangannya?Sekda Provinsi DI Yogyakarta Kadarmanta Baskara Aji memaparkan program prioritas pembangunan DIY di Kepatihan, Kamis 12 Desember 2019. IDN Times/Yogie Fadila

Dalam waktu dekat, pengerjaan underpass Kentungan segera rampung. Pemprov dan kontraktor masih menargetkan tanggal 31 Desember 2019 sebagai batas waktu penyelesaian konstruksi. Proyek ini merupakan salah satu dari 5 infrastruktur yang dicanangkan Pemprov. Menyusul underpass Kentungan, akan segera dikerjakan underpass Gejayan.

Baskara Aji juga menjelaskan pentingnya proyek Jalan Akses Temon-Borobudur yang saat ini telah melalui tahap studi kelayakan dan rancangan teknik rinci. Dia berharap dengan dibukanya akses Temon-Borobudur, wilayah DIY tidak hanya dilewati oleh wisatawan yang menuju Candi Borobudur.

"Jadi harapannya, bukan orang datang menuju ke [Candi] Borobudur kemudian mampir ke Jogja, tapi orang mau datang ke Jogja lalu mampir ke Borobudur," ujarnya.

Prioritas lain Pemprov DIY dalam hal infrastruktur ialah pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Bener—beroperasi setelah 2024, Kapet Kulon Progo—fase I selesai, fase II dalam tahap uji coba, dan Kartamantul—dalam tahap kajian awal prastudi kelayakan.

Sementara prioritas yang hingga saat ini masih terkendala karena belum adanya studi sama sekali ialah Pelabuhan Tanjung Adikarto.

2. Pengembangan dan penataan di sembilan kawasan

17 Prioritas Pembangunan DIY, Seperti Apa Perkembangannya?Kawasan Tugu Yogyakarta. Instagram/paulusrisang

Pengembangan dan penataan pada sembilan kawasan menitikberatkan pada peran DI Yogyakarta sebagai daerah tujuan wisata dan pusat kebudayaan Jawa.

Tak ketinggalan, arahan Pemprov untuk menyambut selesainya pembangunan Yogyakarta International Airport (YIA). Jika dijabarkan, penataan kawasan tersebut meliputi:

  1. Penataan kawasan Keraton Yogyakarta
  2. Penataan kawasan Sumbu Filosofi
  3. Pengembangan kawasan Perbukitan Menoreh
  4. Pengembangan kawasan Pantai Samas-Parangtritis
  5. Pengembangan kawasan Pantai Selatan DIY
  6. Penataan kawasan Puro Pakualaman
  7. Pengembangan kawasan Perkotaan Yogyakarta
  8. Pengembangan kawasan Pantai Selatan Kulon Progo
  9. Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Bandara Baru Kulon Progo (YIA)

3. Tiga program strategis lainnya

17 Prioritas Pembangunan DIY, Seperti Apa Perkembangannya?Pesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Tidak ketinggalan, dalam pemaparan yang diselenggarakan Humas Pemprov DIY itu, dijabarkan tiga program strategis yang juga memberi dampak penting bagi DIY. Antara lain pembangunan sarana dan prasarana Yogyakarta Smart Province.

Menurut Sekda, menjadikan Yogyakarta sebagai Smart Province tidak sekadar membuat fasilitas jaringan internet. "Namun juga memberi keleluasaan bagi pengisi konten yang mengedepankan keistimewaan Yogyakarta," imbuhnya.

Selain itu, dua program strategis lainnya ialah pembangunan International Hospital RSUD Wates yang rencananya bakal selesai pada 13 Januari 2020, serta pembangunan Jogjakarta Argo Techno Park yang diharapkan memberi kesempatan berwisata dan memberi nilai tambah pengetahuan.

Baca Juga: Buntut Manis Kasus Mangir, Warga Setempat Deklarasikan Kerukunan

Topik:

  • Yogie Fadila
  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya