Videotron di Yogyakarta Ambruk Akibat Hujan Angin

Belasan pohon juga tumbang di sejumlah titik

Yogyakarta, IDN Times - Sebuah videotron di daerah Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, ambruk usai dilanda hujan deras dan angin kencang, Kamis (3/2/2022) siang hingga sore. Selain itu, belasan pohon di wilayah Kota Yogyakarta juga dilaporkan roboh. 

Baca Juga: Hujan Angin di Sleman Akibatkan Banjir hingga Baliho Roboh

1. Videotron ambruk timpa gapura

Videotron di Yogyakarta Ambruk Akibat Hujan Anginvideotron di daerah Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, ambruk usai dilanda hujan deras dan angin kencang, Kamis (3/2/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Videotron berukuran cukup besar di sebelah barat Lippo Plaza Mal, Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta ambruk. Videotron tersebut roboh dan menimpa sebuah gapura jalan menuju Kampung Sapen.

Arifin (47), menyebut videotron tersebut jatuh saat hujan angin menerpa. Kejadiannya, kurang lebih pukul 14.00 WIB.

"Pas deres-deresnya itu saya ngeyup (berteduh) di sini. Terus orang sebelah saya nunjuk-nunjuk itu (videotron). Tahunya miring terus jatuh," kata Arifin ditemui di lokasi ruko sebelah barat Lippo Mal, Kamis sore.

"Setahu saya nggak kena orang sih, cuma tadi ada motor dua kena. Lecet kelihatannya cumaan," sambung warga Pingit, Jetis ini.

2. Dipasangi garis polisi

Videotron di Yogyakarta Ambruk Akibat Hujan Anginvideotron di daerah Demangan, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, ambruk usai dilanda hujan deras dan angin kencang, Kamis (3/2/2022). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Sekitar pukul 16.15 WIB di sekitaran area kejadian telah dipasangi garis polisi. Tak berselang lama regu pemadam kebakaran tiba di lokasi untuk melakukan evakuasi.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Yogyakarta, Nur Hidayat tak menampik hujan angin sebagai penyebab robohnya videotron ini.

Sementara, Nur melanjutkan, evakuasi videotron tersebut memang dilakukan oleh jajaran pemadam kebakaran.

"Karena yang punya peralatan regu damkar," kata Nur saat dihubungi, Kamis.

Sementara, untuk evakuasi pohon tumbang menurutnya dikoordinasikan bersama jajaran Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

3. Belasan pohon dan dua kendaraan jadi korban

Videotron di Yogyakarta Ambruk Akibat Hujan AnginIlustrasi pohon tumbang. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

"Peringatan Dini Cuaca di DIY disampaikan BMKG 4 kali, pada Pukul 11:50, 12:54, 14:00, dan 14:50 WIB. Terjadi  hujan deras disertai angin kencang melanda di wilayah DIY menimbulkan dampak kejadian di beberapa titik," tulis laporan situasi BPBD DIY per pukul 18.30 WIB hari ini.

Berdasarkan laporan situasi tersebut, hujan angin hari ini menimbulkan dampak kejadian di sejumlah titik, khususnya wilayah Kecamatan Gondokusuman dan Umbulharjo.

Dampak kejadian antara lain, pohon tumbang di 12 titik; kerusakan fasilitas umum dan papan reklame masing-masing 1 titik; jaringan listrik dan telepon 4 titik; akses jalan 2 titik; serta kendaraan 2 unit.

"Dan korban jiwa nihil," lanjut laporan tersebut.

Baca Juga: Banjir Lahar Hujan, Puluhan Truk Terjebak di Bantaran Kali Boyong

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya