[UPDATE] 18 April, Jumlah Kasus Positif COVID-19 di DIY Jadi 67

Ada tambahan 3 kasus baru

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengumumkan adanya penambahan kasus pasien positif virus corona (COVID-19), Sabtu (18/2).

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 pada hari ini tanggal 18 April 2020 sebanyak 3 kasus, sehingga jumlah kasus positif COVID-19 di DIY adalah 67 kasus," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19, Berty Murtiningsih dalam keterangannya, Sabtu.

Tiga pasien baru ini dikategorikan sebagai kasus ke 67, 68, dan 69. Mengingat, terdapat kasus yang ditarik ke kampung halaman pasiennya, yakni Kebumen dan Pemalang, Jawa Tengah. Tepatnya kasus 17 dan 37.

Baca Juga: 125 ribu KK Terdampak COVID-19 di DIY Akan Terima Bantuan Tunai

1. Satu orang pulang dari London

[UPDATE] 18 April, Jumlah Kasus Positif COVID-19 di DIY Jadi 67Ilustrasi. ANTARA FOTO/Kornelis Kaha

Berty merinci, kasus 67 pasiennya merupakan seorang laki-laki warga Sleman berumur 40 tahun. Dia tercatat memiliki riwayat bepergian ke luar negeri.

"Ada riwayat perjalanan ke London," sebut Berty.

Kemudian kasus 68 dengan pasien laki-laki usia 26 tahun asal Bantul diketahui punya riwayat perjalanan ke daerah Jawa Barat.

Sementara kasus 69, adalah seorang laki-laki warga Bantul berumur 65 tahun. "Ada riwayat perjalanan ke Bali," bebernya.

2. Dua pasien sembuh

[UPDATE] 18 April, Jumlah Kasus Positif COVID-19 di DIY Jadi 67Ilustrasi (IDN Times/Muhammad Faiz Syafar)

Kabar baik dalam laporan Berty kali ini adalah perihal kesembuhan dua pasien yang sempat dinyatakan positif corona.

"Laporan kesembuhan kasus positif covid 19 ada 2 kasus," kata Berty.

Dua kasus itu adalah nomor 33 di mana pasiennya adalah seorang laki-laki warga Bantul berusia 45 tahun. Lalu, kasus 53, dengan pasien perempuan warga Sleman berumur 41 tahun.

Dua kali hasil negatif corona telah diperoleh kedua pasien itu melalui uji lab. Mereka kini telah diizinkan meninggalkan ruang isolasi rumah sakit tapi masih dengan pengawasan dari tim medis.

Adanya laporan ini sekaligus membuat catatan orang dalam penanganan rumah sakit rujukan COVID-19 berubah. Kini, total ada 33 yang masih ditangani. Sedangkan 27 orang lainnya dinyatakan sembuh.

3. Empat PDP meninggal dunia

[UPDATE] 18 April, Jumlah Kasus Positif COVID-19 di DIY Jadi 67Update data pasien COVID-19 di DIY, 18 April 2020. Twitter.com/humas_jogja

Laporan selanjutnya adalah perihal meninggalnya empat orang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP). Di mana dua di antaranya tercatat memiliki riwayat komorbid atau penyakit penyerta.

PDP pertama yang meninggal adalah dalam catatan hari ini adalah seorang laki-laki berumur 60 tahun asal Gunung Kidul. Tidak dijelaskan mengenai riwayat pasien ini.

Selanjutnya adalah PDP asal Kulon Progo berumur 79 tahun yang memiliki riwayat komorbid berupa diabetes melitus. "Lalu, ada PDP warga Kota Yogyakarta usia 78 tahun dengan komorbid stroke," tutur Berty.

Satu lagi, adalah PDP berjenis kelamin perempuan asal Sleman usia 81 tahun. "Tidak ada keterangan penyakit, hanya ada keterangan usia lanjut," pungkas Berty.

Baca Juga: Kabar Gembira, 2 Pasien Positif COVID-19 dari Bantul Dinyatakan Sembuh

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya