Taman Pintar Jadi Wisata Uji Coba, Anak Belum Vaksin Dilarang Masuk 

Tempat wisata syaratkan wisatawan pakai PeduliLindungi

Yogyakarta, IDN Times - Taman Pintar Yogyakarta menjadi satu-satunya destinasi wisata di Kota Yogyakarta yang mengantongi rekomendasi uji coba pembukaan di masa PPKM level 3.

"Dengan ditunjuk sebagai salah satu destinasi wisata, maka persiapan yang sudah sejak lama kita lakukan, kini tinggal mengonsolidasikan agar betul-betul siap dan memenuhi prokes COVID-19," kata Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi dalam keterangannya, Rabu (8/9/2021).

1. Pengunjung di bawah 12 tahun dilarang masuk

Taman Pintar Jadi Wisata Uji Coba, Anak Belum Vaksin Dilarang Masuk IDN Times/Tunggul Kumoro

Namun muncul kekhawatiran pasca penunjukan Taman Pintar sebagai destinasi wisata yang memperoleh rekomendasi uji coba operasional. Yakni pengunjung wahana rekreasi dan edukasi mayoritas adalah anak-anak. Sementara destinasi wisata yang dibuka saat masa PPKM berlevel mensyaratkan pemakaian aplikasi PeduliLindungi guna menyaring pengunjung yang belum divaksinasi. Sedangkan batasan minimal usia seseorang menerima suntikan dosis vaksin adalah 12 tahun.

Menanggapi kekhawatiran ini, Heroe memastikan mereka yang belum termasuk sasaran vaksinasi COVID-19 belum diberikan akses masuk Taman Pintar.

"Usia 12 tahun ke bawah belum diizinkan untuk masuk," ujar Heroe.

Baca Juga: Dispar Bantul Pertanyakan Uji Coba  Wisata Pilihan Kemenparekraf 

2. Anak di bawah 10 merupakan pengunjung minoritas

Taman Pintar Jadi Wisata Uji Coba, Anak Belum Vaksin Dilarang Masuk tamanpintar.co.id

Lagipula, menurut Heroe, pengunjung berusia 12 tahun ke bawah adalah kelompok minoritas. Hanya sekitar 10 persen dari yang tercatat selama ini. Jumlah wisatawan yang terbanyak atau mendominasi adalah berusia 14-16 tahun. Sedangkan kategori keluarga 35 persen dan rombongan sebanyak 65 persen.

"Sejauh ini, pengalaman yang ada sebagian besar pengunjung adalah anak-anak SMP ke atas," ujar Wawali. 

"Pengunjung di bawah 12 tahun ada tapi sekitar 10 persen. Tetapi nanti kita menyesuaikan dengan ketentuan dalam PPKM Level 3. ," tambah Heroe. 

3. Taman Pintar sebagai percontohan tempat wisata

Taman Pintar Jadi Wisata Uji Coba, Anak Belum Vaksin Dilarang Masuk tamanpintar.co.id

Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan Taman Pintar salah satu lokasi percontohan sebagai destinasi wisata yang beroperasi di saat pandemik. Berbagai upaya yang disiapkan antara lain pemesanan tiket via online, gardu masuk dengan sistem tap atau gesek, penutupan sejumlah wahana yang beroperasi lewat kontak sentuhan, pembatasan jumlah pengunjung dan beberapa yang lainnya.

"Taman pintar sudah siap semua protokol kesehatan termasuk CHSE standar prokes industri pariwisata. Dan saya yakin, Taman Pintar sudah melakukan adaptasi yang baru terhadap potensi sebaran varian virus yang baru," imbuh Heroe.

Terkait waktu uji coba, saat ini pengelola masih menunggu tinjauan Kemenparekraf serta kode QR yang dipakai untuk pemindaian aplikasi PeduliLindungi. 

"Kapan dibukanya kita masih menunggu QR Code diberikan dan hasil review kesiapan prokes dari Kemenparekraf. Jadi review dari kemenparekraf itu akan menentukan kapan Taman Pintar dibuka," pungkasnya.

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya