Tak Dapat Izin Keraton, Acara Muslim United Pindah ke Jogokariyan

Jadi mirip Kampung Ramadan

Yogyakarta, IDN Times - Acara Muslim United per hari ini, Sabtu (12/10/2019) bergeser tempat pelaksanaannya. Dari semula di Masjid Gedhe Kauman ke Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

Hal itu tersampaikan melalui rilis dari panitia Muslim United yang ada di akun instagram resmi, @muslimunited.official.

"Dengan mengharap ridho Allah dan bersama keputusan bersama antara FUI DIY, Takmir Masjid Gedhe Kauman, dan Official Crew Muslim United #2; maka Muslim United #2 mulai sore ini tanggal 12/10/2019 jam 15.00 WIB akan berlangsung di Masjid Jogokaryan Yogyakarta," bunyi keterangan dari rilis tersebut.

1. Hasil diskusi bersama Kepolisian DIY

Tak Dapat Izin Keraton, Acara Muslim United Pindah ke JogokariyanIDN Times/Daruwaskita

Ketua Dewan Syuro Takmir Masjid Jogokariyan, Muhammad Jazir mengatakan, memang benar Masjid Jogokariyan jadi tempat baru untuk acara Muslim United. Kata dia, ini adalah hasil koordinasi bersama Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri.

"Kemudian dalam rangka menghormati Ngerso Dalem sebagai pemilik tempat, ada kemudian Kapolda mengatakan, apakah (acara) tetap akan jalan meski pemilik tempat tak mengizinkan?" kata Jazir.

"Kalau polisi tidak akan mengambil tindakan, karena Ngarso Dalem tidak menginginkan ada penindakan secara hukum, ya sudah. Akhlaknya saja bagaimana, wong tidak diizinkan kok nekat," sambung Jazir.

Dikatakan Jazir, bahwa saat diskusi ini tidak ada sama sekali paksaan dari pihak kepolisian. Semua dikomunikasikan secara baik-baik dan mengedepankan saling pengertian.

Mengingat niat yang dibawa acara ini baik, Masjid Jogokariyan pun bersedia menyediakan tempat. Menurutnya, ini sesuai dengan fungsi masjid itu sendiri.

Baca Juga: Polisi Belum Beri Izin, Acara Muslim United Tetap Berlangsung

2. Mirip Kampung Ramadan

Tak Dapat Izin Keraton, Acara Muslim United Pindah ke JogokariyanIDN Times/Tunggul Kumoro

Jazir melanjutkan, acara ini dikonsep layaknya Kampung Ramadan Masjid Jogokariyan yang muncul tiap bulan puasa. Di mana jalanan sekitar masjid biasanya dihiasi tenda-tenda dari para tenant.

"Seperti Kampung Ramadan, kita kan buka lama tiap tahun. Karena di Jogokariyan itu kalau Kampung Ramadan lebih dari 640 gerai, ini kan lebih sedikit dibanding itu," ujarnya.

3. Belum ada izin resmi, tapi sudah koordinasi

Tak Dapat Izin Keraton, Acara Muslim United Pindah ke JogokariyanDok. Istimewa

Di satu sisi, Jazir mengakui acara Muslim United di Masjid Jogokariyan belum mengantongi izin kegiatan dari kepolisian. Tapi, sebenarnya kalau secara lisan sudah.

"Saya kira polisi sudah tahu, kenapa (Muslim United pindah) ke Jogokariyan, meskipun secara lisan sudah disampaikan kemungkinan itu, koordinasi. Tapi, surat belum disampaikan karena mendadak. Saya kira cukup dimaklumi," tandasnya.

Pantauan di lokasi sekitar pukul 14.30 tadi, jalan menuju Masjid Jogokariyan mulai ditutup dan lalu lintas dialihkan ke gang sebelah utaranya. Sejumlah tenda juga sudah mulai dipersiapkan.

Baca Juga: Ini Alasan Keraton tak Izinkan Acara Muslim United di Alun-Alun Utara

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya