Sempat Disetop, KPU Kota Yogyakarta Lanjutkan Rekapitulasi

Disetop karena ada perbaikan pada Sirekap

Yogyakarta, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta disebut telah memulai kembali kegiatan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di tingkat kemantren (kecamatan). Sebelumnya, rekapitulasi diskors atau disetop sementara lantaran ada perbaikan sistem pada Sirekap.

"(Rekapitulasi di tingkat kecamatan) sekarang sudah jalan lagi," kata Ketua KPU Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Ahmad Shidqi, ditemui di kantornya, Selasa (20/2/2024).

1. Sistem Infopemilu dan Sirekap sudah beres

Sempat Disetop, KPU Kota Yogyakarta Lanjutkan RekapitulasiKetua KPU DIY, Ahmad Shidqi. (IDN Times/Herlambang Jati Kusumo)

Ahmad menjelaskan, rekapitulasi di tingkat kecamatan wilayah Kota Yogyakarta sudah bisa dilakukan lagi setelah dilaksanakan perbaikan pada sistem pada infopemilu.kpu.go.id dan Sirekap. "Karena ada perbaikan data angka," kata Ahmad.

"Kemarin kan ada proses koreksi pembersihan terhadap anomali angka yang ada di infopemilu, nah itu ternyata berdampak terhadap Sirekap web yang ada di kabupaten," lanjut dia.

2. Dipaksa bikin tidak stabil

Sempat Disetop, KPU Kota Yogyakarta Lanjutkan RekapitulasiProses Upload berkas ke aplikasi Sirekap (IDN Times/Ruhaili)

Menurut Ahmad, pemakaian dua sistem tersebut tanpa melakukan perbaikan hanya akan membuat proses kerja kian terkendala karena angka suara yang terus berubah-ubah.

"Kalau itu diteruskan, angka-angka di rekap kecamatan di Sirekap itu tidak stabil. Sudah selesai, kembali lagi. Makanya skorsing dulu, nah sekarang sistemnya sudah bisa jalan dua-duanya, sekarang mulai lagi," tutupnya.

Baca Juga: Rakyat Jogja Pro Demokrasi Gelar Aksi Sinau Matematika Bersama KPU DIY

3. Diskors demi perbaiki Sirekap

Sempat Disetop, KPU Kota Yogyakarta Lanjutkan Rekapitulasitampilan situs SIREKAP KPU (sirekap-web.kpu.go.id)

Sebelumnya, KPU Kota Yogyakarta pada Senin (19/2/2024) kemarin memerintahkan kepada seluruh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk menghentikan sementara kegiatan rekapitulasi di tingkat kecamatan sebelum bisa dimulai kembali tanggal 20 Februari 2024.

Ketua KPU Kota Yogyakarta Noor Harsya menyebut para petugas menemukan beberapa kendala saat mengunggah data hasil rekapitulasi ke dalam Sirekap. Contoh, kesalahan sistem menyebabkan suara masuk melebihi surat suara tersedia.

"Sebetulnya kendalanya ya up down, up down, itu aja. Angkanya kadang berubah, ini mau dicermati lagi," kata Harsya saat dihubungi, Senin.

Namun, secara keseluruhan proses rekapitulasi tingkat kecamatan di wilayahnya tak menemui kendala yang berarti. Sejumlah kecamatan bahkan sudah hampir merampungkan tahap ini.

Harsya tetap berharap pembacaan data bisa menjadi lebih akurat dan cepat setelah ada perbaikan sistem pada Sirekap nantinya.

Baca Juga: Optimalkan Sirekap, KPU Yogyakarta Hentikan 1 Hari Penghitungan Suara 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya