Saut Situmorang Kekeuh tak mau Ungkap Alasan Mundur dari KPK 

Katanya, kalau dibeberkan malah jadi perdebatan

Sleman, IDN Times - Pernyataan pengunduran diri Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang sebagai Pimpinan KPK periode 2015-2019 mengundang banyak respon.

Kendati demikian, Saut enggan membeberkan alasan pengunduran dirinya meski masa jabatan masih menyisakan tiga bulan. Alasannya, hanya bakal menciptakan perdebatan ketika diungkapkan.

"Kalau bicara sebab itu banyak, pasti debatable. Biar itu buat kenangan saya sendiri," kata Saut saat dijumpai di Taman Bacaan Masyarakat Mata Aksara, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sabtu (14/9/2019).

1. Akumulatif banyak masalah

Saut Situmorang Kekeuh tak mau Ungkap Alasan Mundur dari KPK IDN Times/Muhammad Iqbal

Saut mengatakan, alasan dirinya membuat pernyataan mundur adalah akumulasi. Katanya, datang dari pertimbangan-pertimbangan akan berbagai persoalan.

Tapi, dirinya enggan merinci apa persoalan yang dimaksud. Bahkan, di depan para petinggi KPK lainnya, seperti Agus Rahardjo, Basaria Pandjaitan, dan Laode M. Syarif.

"Kemarin saya ke Kalibata dipanggil oleh Pak Agus, ada Ibu Basaria, ada Pak Laode, saya, kami makan pecel di situ di Kalibata itu, meminta saya, mereka bertanya (alasan pengunduran diri), tapi saya gak mau jawab. Itu biar aja buat, karena nanti akan debatable kalau ditanya kenapa," ungkap Saut.

Baca Juga: Firli Jadi Ketua KPK, Rektor UNY: Tidak Ada Manusia yang Sempurna

2. Bukan karena soal capim

Saut Situmorang Kekeuh tak mau Ungkap Alasan Mundur dari KPK ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Dirinya juga membantah jika pernyataan pengunduran dirinya itu dipicu soal calon pimpinan KPK yang dijaring oleh panitia seleksi. Mengingat, pernyataan pengunduran diri Saut muncul tak lama usai Komisi III DPR RI menetapkan Irjen Pol Firli Bahuri sebagai Ketua KPK periode 2019-2023. 

"Saya katakan nothing personal with, buat mereka semua. Gak ada yang personal di situ. Dan emang saya punya kekuatan apa," tegasnya.

3. Kemungkinan bertahan hingga akhir jabatan

Saut Situmorang Kekeuh tak mau Ungkap Alasan Mundur dari KPK IDN Times/Tunggul Kumoro

Pada pertemuan di Kalibata, Saut menyebut mereka berempat turut membahas soal kelanjutan sejumlah kasus yang tengah ditangani KPK periode kepemimpinan Agus Rahardjo.

"Tapi ketika mereka mengatakan tinggal sedikit lagi (masa jabatan), ada banyak kasus-kasus besar yang harus kami pelajari dan harus kami tindaklanjuti, yang sudah matang sebenarnya," bebernya.

Hal inilah yang kemudian jadi pikiran di kepalanya. Melihat faktor itu, Saut pun lantas ditanya perihal potensi dirinya bertahan hingga akhir jabatan. Lantaran, pernyataan pengunduran diri yang kemarin sifatnya belum resmi atau belum mendapat persetujuan dari presiden. Itu, katanya, cuma ditujukan kepada internal lembaga, namun tersebar.

"Jadi isunya sekarang buat saya pribadi bukan mundur atau tidak mundur. Tapi, bagaimana kami bisa menyelesaikan sisa pekerjaan yang sudah hampir matang di beberapa kasus untuk tetap kami bisa ditindaklanjuti," tutur Saut.

"Saya belum bisa mengatakan (pengunduran diri) itu dicabut atau apa. Tapi, saya lebih cenderung melihat ada banyak persoalan lagi yang disampaikan Ibu Basaria, Pak Agus dan Pak Laode. Banyak pekerjaan yang harus kami bereskan," tandasnya.

Baca Juga: Firli Bahuri Terpilih Jadi Ketua, Penasihat KPK Langsung Mundur

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya