Puskesmas Depok Sleman Jadi Sasaran Tembak, Polisi Temukan 9 Gotri

Polisi lakukan analisa pergerakan pelaku dan olah TKP

Sleman, IDN Times - Puskesmas Depok I di Maguwoharjo, Depok, Sleman, DIY, diduga jadi sasaran tembak oleh orang tak dikenal. Sebanyak 9 gotri ditemukan oleh petugas kepolisian berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP).

1. Jejak 5 lubang di jendela

Puskesmas Depok Sleman Jadi Sasaran Tembak, Polisi Temukan 9 GotriPuskesmas Depok Sleman jadi sasaran tembak (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Bambang, satpam di Puskesmas Depok I menuturkan, setidaknya ada empat kaca jendela yang ditemukan dengan bekas lima lubang yang diduga hasil perusakan. Dia menduga aksi ini terjadi saat malam hari. Beruntung tak ada korban karena fasilitas pelayanan kesehatan hanya melayani rawat jalan.

"Kemungkinan (aksi perusakan) semalam, tahu-tahu paginya sudah kejadian seperti itu," kata Bambang, Jumat (12/5/2023) siang.

2. Sebanyak 9 gotri ditemukan

Puskesmas Depok Sleman Jadi Sasaran Tembak, Polisi Temukan 9 GotriPuskesmas Depok 1Maguwoharjo, Sleman (Google Maps)

Terpisah, Kapolresta Sleman AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, jajarannya tengah menyelidiki peristiwa ini. Sejauh penyelidikan berjalan pihaknya belum bisa menyimpulkan kasus ini sebagai aksi penembakan.

"Belum bisa disimpulkan aksi penembakan karena yang ditemukan gotri, bukan proyektil. Bisa jadi dilontarkan pakai ketapel," kata Ardi saat dihubungi, Jumat (12/5/2023).

Menurut dia, 9 buah gotri yang ditemukan berdasarkan hasil olah TKP. Lokasinya, di sekitar jendela bangunan, dekat kusen, dan sekitar pagar depan puskesmas.

Dari lokasi penemuan, pihaknya menduga gotri tersebut dilontarkan dari tiga titik berbeda.

"Ada sembilan perkenaan (gotri) yang diduga dilepaskan dari tiga titik. Satu titik dia (pelaku) melepaskan beberapa gotri, bergeser ke titik lain melepaskan beberapa gotri dan geser titik lain melepaskan gotri lagi," urai Ardi.

Jarak antara titik pertama dan kedua, lanjut Ardi, sekitar 7 meter. Sedangkan titik kedua dan ketiga sekitar 3 meter.

Baca Juga: Di Dusun Bayeman Sleman, Unggas Berkeliaran Sah Jadi Milik Orang Lain

3. Polisi analisa arah pergerakan pelaku

Puskesmas Depok Sleman Jadi Sasaran Tembak, Polisi Temukan 9 GotriPuskesmas Depok Sleman jadi sasaran tembak (IDNTimes/Tunggul Damarjati)

Kata Ardi, kamera pengawas milik puskesmas tak menghadap ke titik yang diduga menjadi lokasi pelaku melontarkan gotri. Sehingga, polisi masih mencari unit CCTV lain yang kemungkinan bisa mendukung upaya penyelidikan.

Hasil olah TKP dan analisa sudut penemuan gotri, polisi memperoleh petunjuk mengenai pergerakan pelaku.

"Bisa kita pastikan terduga pelaku itu melakukan aksinya bergerak dari arah timur ke barat atau dari arah jalan perkampungan menuju ke ringroad. Itu dari hasil olah TKP karena ada titik perkenaan yang berada di sebuah sudut menurut analisis secara geometri tidak mungkin kalau dia melakukan dari arah barat ke timur," papar Ardi.

Baca Juga: WhatsApp Bupati Sleman Diretas, Pelaku Kirim Pesan Minta Uang 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya