Pemkab Sleman Siap Bantu Pengobatan Ibu yang Tertimpa Pohon Tumbang

Meski korban bukan warga Sleman

Sleman, IDN Times - Israni Silvia (26), seorang ibu asal Gampingan, Wirobrajan, Yogyakarta, masih dirawat di RS PKU Muhammadiyah usai dirinya dan suami tertimpa pohon tumbang di Pelemgurih, Wates, Gamping, Sleman, Rabu (5/2) lalu.

Endi Yogananta (26) suami Silvia, sebelumnya sempat mengutarakan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman cenderung tidak peka terhadap peristiwa yang dialaminya. Dia berharap, ada uluran tangan. Tidak harus materiil, apa pun ia terima dengan ikhlas asal bisa meringankan penderitaan ia dan istri yang bahkan harus kehilangan anak karena musibah ini.

Baca Juga: Tertimpa Pohon Tumbang, Endi dan Silvia Kehilangan Anak yang Dinanti

1. Pemkab Sleman siap turun tangan

Pemkab Sleman Siap Bantu Pengobatan Ibu yang Tertimpa Pohon TumbangEndi Yogananta yang anak istrinya menjadi korban pohon tumbang. (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Menanggapi hal ini, Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengatakan, pihaknya sudah bertindak. Pemkab siap meringankan biaya pengobatan Silvia.

"Tidak perlu khawatir," kata Sri Muslimatun saat dihubungi, Selasa (11/2).

2. Butuh proses

Pemkab Sleman Siap Bantu Pengobatan Ibu yang Tertimpa Pohon TumbangEndi menunjukkan foto sepeda motornya yang tertimpa pohon. (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Sri sendiri mengaku sempat membesuk Silvia tempo hari di RS PKU Muhammadiyah. Hanya saja waktu itu tidak langsung menyinggung soal bantuan.

"Saya juga langsung ke sana (membesuk) langsung tak tangani. Tapi, semua kan pakai proses, tidak tiba-tiba ngomong (bantuan)," katanya.

3. Tetap bantu meski bukan warga Sleman

Pemkab Sleman Siap Bantu Pengobatan Ibu yang Tertimpa Pohon TumbangEndi menggendong jenazah putranya. (Twitter/LaLagilagi)

Diberitakan sebelum ini, suami Silvia, Endi Yogananta menuturkan, bahwa bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Sleman tidak bisa tersalurkan lantaran keduanya merupakan warga Kota Yogyakarta. Sementara musibah yang menimpa Endi dan Silvia terjadi di Ring Road Barat, Pelemgurih, Wates, Gamping, Sleman.

Oleh karena itu, Sri Muslimatun mengatakan, bantuan dari pihaknya ini berpedoman pada Perbup Sleman Nomor  36 Tahun 2017 Tentang Bantuan Bencana. "Intinya dapat bantuan, penduduk Sleman atau bukan," lanjutnya. Terus, itu termasuk (penanganan) berat dan dia tidak dijamin BPJS karena naik kelas. Sebetulnya peserta BPJS, tapi syaratnya harus ada laporan dari desa dan camat kepada BPBD dan laporan ke Bupati. Insyaallah sudah diproses," tandasnya.

Silvia, menurut suaminya, menderita patah tulang pinggul dan robek pada saluran kemih saat posisi hamil tua akibat tertimpa. Sementara buah hatinya, tak bisa bertahan beberapa jam usai tim medis mengeluarkannya dari kandungan Silvia melalui operasi caesar.

Baca Juga: Hubungan Tak Direstui Orang Tua, AS Nekat Mengugurkan Kandungan

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya