Pedagang Batik Beringharjo Grogi Layani Keluarga Jokowi 

Pedagang tak menduga Jokowi bakal mampir

Yogyakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo menyambangi Pasar Beringharjo bersama keluarganya, Sabtu (8/6). Kehadiran orang nomor satu di Indonesia ini mengejutkan banyak pedagang dan pengunjung pasar.

Tak sekadar mampir, Jokowi juga sempat memborong sejumlah pakaian di Pasar Beringharjo.

Baca Juga: Lucunya Jan Ethes saat Hormat Bendera dan Jawab Pertanyaan Wartawan

1. Belikan daster untuk istri

Pedagang Batik Beringharjo Grogi Layani Keluarga Jokowi IDN Times/Tunggul Kumoro

Jokowi yang bergaya santai mengenakan kemeja putih andalannya, dipadu celana jeans dan sneaker tiba di Pasar Beringharjo dengan berjalan kaki sekira pukul 11.15 siang. Bersama Iriana Jokowi, Gibran Rakabuming Raka-Selvy Ananda, beserta cucu pertama, Jan Ethes Srinarendra dan putra bungsunya, Kaesang Pangarep blusukan ke pasar yang terletak di Jalan Malioboro ini. 

Salah satu tempat yang dituju Jokowi adalah los 5, tempat perbelanjaan busana yang berada di bagian timur pasar.

"Tadi beli satu daster. Sempat milih-milih daster gaya susi sama daster klok (melebar di bagian bawah) merk Bangsal Kencana. Tapi yang diambil yang susi, dipilihin sama menantunya (Selvy) tadi buat ibu (Iriana)," kata Nirmalawati, 55, salah satu pedagang di los 5.

"Harganya satu potong Rp 35 ribu, dikasih Rp 50 ribu tapi nggak mau dikembaliin tadi," sambung warga Langenastran Lor, Jogja, tersebut.

2. Borong pakaian anak

Pedagang Batik Beringharjo Grogi Layani Keluarga Jokowi IDN Times/Tunggul Kumoro

Selain itu, Jokowi juga berbelanja di dua lapak lainnya yang menjual pakaian anak.

Keni, 29, warga Cebongan, Sleman, adalah salah satu pedagang yang kiosnya disambangi Jokowi. Katanya, sang presiden sempat mampir guna membeli piyama batik anak.

"Beli dua potong, yang cowok dan cewek. Harganya dua potong Rp 50 ribu. Dikasih Rp 100 ribu gak minta susuk (kembalian). Alhamdulillah," akunya.

Yuli, 31, pedagang lain di kios 5 menuturkan jika Iriana Jokowi dan Selvy Ananda yang membeli dagangannya. Keduanya membeli 6 potong pakaian anak total senilai Rp 200 ribu.

"Beli 3 dress anak, 2 kemeja batik anak dan satu setel kaos-celana anak," imbuh warga Godean tersebut.

3. Keceriaan dan groginya para pedagang

Pedagang Batik Beringharjo Grogi Layani Keluarga Jokowi IDN Times/Febriana Sinta

Kunjungan Jokowi ke Pasar Beringharjo ini tanpa sepengetahuan para pedagang di sana, sebagaimana dikatakan oleh Nirmalawati, Yuli, dan Keni. Yang jelas, ketiganya terkejut kala presiden dan keluarga mampir ke kios masing-masing.

"Gak tahu kalau ada Jokowi mau ke sini. Tapi ya senang aja tadi bisa salaman sama bapak," kata Nirmalawati.

Sedangkan Keni bercerita bagaimana ia sempat grogi saat meladeni Jokowi. "Sampai tadi saya mau ngeluarin baju jatuh berkali-kali. Grogi saya, baru pertama kali ketemu soalnya," imbuh dia.

Kedatangan Jokowi ke Pasar Beringharjo jadi pengalaman tak terlupakan bagi Yuli. Ia merasa beruntung lantaran ini merupakan kali pertama dirinya berdagang di dalam area pasar.

"Soalnya ini bukan kios saya, yang punya belum jualan lagi ya terus saya numpang jualan. Baru sekali ini saya di sini, biasanya pagi sore jualan di luar pasar. Eh, gak nyangka bisa salaman sama Pak Jokowi, tapi gak sempat foto," ujarnya sambil terkekeh.

Baca Juga: Silaturahmi ke Sultan Hamengkubuwono X, Jokowi Bawa Jan Ethes

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya