Operator Alat Berat Temukan Dua Arca Saat Gali Tanah di Sleman

Berbentuk Agastya dan Nandi

Sleman, IDN Times - Dua buah arca masing-masing berjenis agastya dan nandi ditemukan di tanah kas Desa Widodomartani, Dusun Kalijeruk ll RT 01 RW 04 Widodomartani, Ngemplak, Sleman, DIY. Sepasang artefak itu ditemukan oleh seorang operator alat berat.

Baca Juga: Kostum Keraton Agung Sejagat Ternyata Dibuat oleh Warga Bantul

1. Ditemukan saat penggalian untuk limbah kotoran sapi

Operator Alat Berat Temukan Dua Arca Saat Gali Tanah di SlemanLokasi ditemukannya dua arca di Ngemplak, Sleman (29/1). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Kapolsek Ngemplak, Kompol Wiwik Hari Tulasmi menyebut, kedua arca itu ditemukan Selasa (28/1) sekitar jam 11.00 WIB. Kala itu beberapa orang pekerja sedang menggarap lahan tanah kas Desa Widodomartani untuk dijadikan galian untuk limbah kotoran sapi.

Dari beberapa pekerja tersebut, salah seorang di antaranya, bernama Yulianto, bertugas mengoperasikan backhoe.

"Saat operator menggali sedalam empat meter, tiba-tiba backhoe tersebut menyentuh batu. Namun, setelah dinaikkan ternyata batu tersebut berbentuk arca," kata Wiwik, Rabu (29/1).

2. Batuan candi ikut ditemukan

Operator Alat Berat Temukan Dua Arca Saat Gali Tanah di SlemanBatuan candi ditemukan tak jauh dari lokasi penemuan arca. (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Setelah penemuan pertama, para pekerja meneruskan penggalian dan ditemukan arca kedua serta benda purbakala lainnya.

"Dilanjutkan lagi penggalian dan menemukan arca yang kedua serta benda purbakala lain berupa batu candi. Setelah itu penggalian dihentikan dan melapor ke Polsek Ngemplak," kata Wiwik menambahkan.

3. Berupa Agastya dan Nandi

Operator Alat Berat Temukan Dua Arca Saat Gali Tanah di SlemanDua buah arca ditemukan di Ngemplak, Sleman, Sabtu (29/1). (IDN Times/Tunggul Damarjati)

Dua arca tersebut dilihat dari bentuknya memiliki material sama, yakni dibuat dari andesit. Namun, jenisnya berbeda.

Pertama adalah agastya, menyerupai orang atau wujud dewa dalam Agama Hindu. Memiliki tebal 7 cm, lebar 19 cm, panjang 36 cm dan tinggi keseluruhan 80 cm. Kondisi tangan kanannya patah dan beberapa sisi tergores back hoe.

Sementara satunya berjenis nandi yang menyerupai lembu atau sapi. Tebalnya 7 cm, lebar 27 cm, panjang 63 cm, dan tinggi keseluruhan 40 cm. Kondisi telinganya selain itu juga patah.

Sepasang arca ini saat ini telah dibawa para petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) DIY. Lokasi penemuannya di Ngemplak juga sudah dibatasi dengan garis polisi.

Baca Juga: Tukang Becak Tewas Mendadak Usai Antar Penumpang

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya