Memakai Baju Kebesaran Kraton, Sultan HB X Temui Raja Belanda 

Raja Willem disuguhi tarian ciptaan Sultan HB 1

Yogyakarta, IDN Times - Raja Kerajaan Belanda Willem Alexander dan Maxima Zorreguieta Cerruti, Rabu (11/3) berkunjung ke Keraton Yogyakarta. 

Tiba di Kompleks Kamandungan Lor atau Plataran Keben, mereka disambut para putri Raja Kraton Yogyakarta. Yaitu GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno, dan GKR Bendoro. Didampingi para menantu Raja, yakni, KPH Wironegoro, KPH Purbodiningrat, dan KPH Yudonegoro.

 

Baca Juga: Khawatir Rusak, UGM Berharap Belanda Lakukan Digitalisasi Naskah Kuno 

1. Sultan kenakan Baju Takwa

Memakai Baju Kebesaran Kraton, Sultan HB X Temui Raja Belanda Kedatangan raja dan ratu Belanda di Kraton Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Raja Willem dan Ratu Maxima, selanjutnya diantar ke Regol Donopratopo sebelum memasuki Kompleks Kedhaton. Kali ini giliran Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X bersama permasuri, GKR Hemas yang menyambut.

Ada yang menarik dari momen ini. Sultan HB X tidak menggunakan jas seperti saat menyambut kedatangan tamu-tamu luar negeri. Yang dikenakan adalah Baju Takwa,  bermotif kembang-kembang dan didominasi warna merah jambu. Sultan juga memakai penutup kepala bernama Kuluk Kanigoro.

2. Bertukar cendera mata

Memakai Baju Kebesaran Kraton, Sultan HB X Temui Raja Belanda Kedatangan raja dan ratu Belanda di Kraton Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Di Gedong Jene, Sultan dan Raja Willem secara tertutup melangsungkan pertemuan selama 15 menit.

Sesaat kemudian, mereka keluar dan langsung saling bertukar cendera mata. Setidaknya terlihat tiga kali mereka bertukar, salah satu cendera mata yang diberikan Sultan adalah blangkon terbuat dari perak.

Usai sesi foto bersama, mereka menuju Bangsal Kencana untuk bersama-bersama menikmati pertunjukan Tari atau Beksan Lawung Jajar, ciptaan Sri Sultan Hamengku Buwono I. Kemudian, sesi berpindah ke Bangsal Manis untuk jamuan makan siang.

3. Isi pertemuan

Memakai Baju Kebesaran Kraton, Sultan HB X Temui Raja Belanda Kedatangan raja dan ratu Belanda di Kraton Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Setelah melepas kepergian para tamunya, Sri Sultan HB X mengungkap agenda pertemuannya dengan Raja Willem dan Ratu Maxima.

Kata Sultan, kunjungan kali ini selain silaturahmi antar dua kerajaan, juga merupakan bagian dari momen nostalgia Raja Willem yang pernah menyambangi Yogyakarta 15 tahun silam. Saat itu, dia masih berstatus Putera Mahkota, mendampingi ibunya, Ratu Beatrix.

"Hanya kenangan saja. Dulu beliau (Raja Willem) pernah ikut ibunya pada waktu ke sini, Ratu Beatrix itu, kan Pangeran Willem ikut. Jadi sekarang posisinya beda, beliau datang ke sini sebagai raja," kata Sultan di Regol Donopratopo.

Lebih jauh, Sultan memastikan, bahwa tidak ada materi khusus yang dibicarakan dalam pertemuannya bersama Willhem dan Maxima. Termasuk, soal pusaka atau harta peninggalan Keraton yang masih disimpan oleh Kerajaan Belanda.

"Gak bicara sampai di situ, karena pada waktu tahun lalu membuka museum naskah-naskah Indonedia di Leiden, kan anak-anak diundang. Jadi, kan mereka sudah pada kenal," tandasnya.

Baca Juga: Kunjungi UGM, Ratu Maxima Tertarik Mesin Pembuat Batik Tulis Otomatis 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya