Comscore Tracker

Masa Belajar Daring Siswa di DIY Diperpanjang  

Belajar di rumah dinilai efektif

Yogyakarta, IDN Times - Masa belajar di rumah bagi siswa se-Daerah Istimewa Yogyakarta akan diperpanjang.

Perpanjangan masa belajar dalam jaringan (daring) atau online ini  lantaran situasi pandemi corona (COVID-19) yang belum mereda.

Sebelumnya Pemda DIY sendiri telah meminta siswa untuk belajar di rumah dari tanggal 23 Maret - 31 Maret 2020.

Baca Juga: 12 Foto Situasi di India yang Lakukan Lockdown Tanpa Persiapan Matang

1. Diperpanjang dua pekan

Masa Belajar Daring Siswa di DIY Diperpanjang  Pixabay

Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji menyebut surat edaran pemerintah yang mengatur perpanjangan kegiatan belajar mengajar (KBM) di rumah sedang berproses.

Surat edaran pemerintah nantinya mencantumkan perpanjangan masa belajar di rumah selama dua minggu dari 1 April 2020.

"Ya nanti perpanjangannya kurang lebih dua minggu. Saat ini surat edarannya baru kita buat," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Senin (30/3).

2. Pertimbangan perpanjangan

Masa Belajar Daring Siswa di DIY Diperpanjang  Ilustrasi. Instagram.com/maniasdeumaestudante

Situasi pandemi COVID-19 yang belum mereda, bukan satu-satunya pertimbangan masa perpanjangan belajar di rumah. Faktor pemicu lainnya adalah, berdasarkan evaluasi pembelajaran daring dinilai berjalan cukup efektif.

Apa yang dikhawatirkan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono yang menyatakan kemungkinan siswa malah bermain, bahkan liburan ke luar kota tidak terjadi.

"Hasil evaluasi kita menyebutkan anak-anak memang belajar di bawah bimbingan guru-guru. Guru itu posisinya sekarang ada yang di rumah, ada yang di sekolah," sebut Aji.

3. Evaluasi pembelajaran

Masa Belajar Daring Siswa di DIY Diperpanjang  Instagram.com/maniasdeumaestudante

Akan tetapi di satu sisi, lanjut Aji, pembelajaran jarak jauh ini bakal tetap dievaluasi lagi. Baik oleh Dinas Pendidikan, sekolah, maupun guru pengajarnya agar bisa lebih dari efektif.

Siswa dalam proses pembelajaran daring ini sendiri sebelumnya diminta untuk mengakses kelas online JB Class. Yakni, salah satu fitur dalam platform pembelajaran Jogja Belajar

"Mereka juga bisa langsung mengakses jbclass.jogjabelajar.org. Walaupun sekolah pasti juga punya metodenya sendiri kelas maya ini."

Terpenting, adalah bagaimana nantinya ilmu tetap bisa tersalurkan. Lebih baik lagi ketika konsep pembelajaran yang dipakai sesuai dengan masing-masing mata pelajaran yang diajarkan.

"Contohnya pelajaran matematika tentu berbeda pola pengajaran dengan pelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia beda dengan Bahasa Inggris. Mengajarkan bahasa tanpa audio kan juga tidak mungkin. Gitu misalnya. Tapi, matematika secara teks sudah cukup," tandasnya.

Baca Juga: Wander Luiz Positif Virus Corona, Ini Kondisi Para Pemain PSS

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya