Ma'ruf Amin Tengok Waketum MUI di RS PKU Yogyakarta

Ma'ruf Amin doakan kesembuhan Yunahar Ilyas

Yogyakarta, IDN Times - Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin melawat ke Kota Yogyakarta, Kamis (6/11). Dia membesuk Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Yunahar Ilyas yang kini dirawat di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Sofyan Basir Divonis Bebas, Ma'ruf Amin: Hormati Proses Hukum

1. Disambut Gubernur dan Wali Kota Yogyakarta

Ma'ruf Amin Tengok Waketum MUI di RS PKU YogyakartaWapres Ma'ruf Amin disambut Gubernur DIY Sultan HB X saat jenguk Waketum MUI di RS PKU Yogyakarta/Foto:Humas Pemda DIY

Wakil presiden tiba di PKU Muhammadiyah kurang lebih sekitar pukul 14.35 WIB lengkap dengan busana peci dan sarung seperti ciri khasnya selama ini. Dia disambut oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hemengku Buwono X dan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti.

Ma'ruf tak sendirian saat tiba di sana. Ia didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Tak sampai 30 menit, Ma'ruf beserta rombongan pun keluar meninggalkan gedung rumah sakit sekitar pukul 14.50 WIB. Dia diketahui langsung bertolak ke Jakarta.

2. Doakan Yunahar lekas sembuh

Ma'ruf Amin Tengok Waketum MUI di RS PKU YogyakartaWapres Ma'ruf Amin disambut Gubernur DIY Sultan HB X saat jenguk Waketum MUI di RS PKU Yogyakarta/Foto:Humas Pemda DIY

Kepada wartawan Wali Kota Haryadi pun sempat menerangkan terkait agenda Ma'ruf Amin berkunjung ke Yogyakarta kali ini. Katanya, adalah untuk menjenguk Yunahar yang juga Ketua PP Muhammadiyah.

"Pak Wapres ke sini untuk menengok Buya Yunahar Ilyas yang sudah beberapa hari dirawat di RS PKU. Tadi sampai ketemu beliau terus berdoa dulu, mendoakan semoga (Yunahar Ilyas) diberikan kekuatan, kesehatan," kata Haryadi.

"(Ma'ruf) di sini kurang lebih tadi 20 menit di RS PKU Muhammadiyah. Beliau di sela-sela kunjungannya meresmikan rumah sakit di Magelang," sambung dia.

Haryadi memaparkan, selama Ma'ruf dan Yunahar bertemu, terlihat sebuah momen keakraban antar keduanya. Yang dibesuk pun, lanjut dia, menunjukkan respon cukup baik.

"Pak Kyai Ma'ruf Amin juga mendoakan semoga beliau sehat kembali. Karena kehadiran Pak Yunahar masih dibutuhkan oleh umat," pungkasnya.

3. Yunahar harus cangkok ginjal

Ma'ruf Amin Tengok Waketum MUI di RS PKU YogyakartaWapres Ma'ruf Amin disambut Gubernur DIY Sultan HB X saat jenguk Waketum MUI di RS PKU Yogyakarta/Foto:Humas Pemda DIY

Terpisah, Ketua Badan Pembina Harian PKU Muhammadiyah Yogyakarta Agus Taufiqurrahman menjelaskan, Yunahar Ilyas berdasar diagnosa medis mengalami gangguan fungsi ginjal yang dipicu penyakit diabetes. Dia sudah 10 hari dirawat di rumah sakit karena ini.

"Karena kondisi (penyakit) gula yang lama, kemudian mengarah pada gangguan ginjal. Ginjalnya sudah tidak berfungsi dengan bagus, sehingga setiap pekan harus cuci darah dua kali," urai Agus.

Yunahar direncanakan akan menjalani cangkok ginjal sebagai solusi kesembuhannya. Untuk pendonornya sudah didapatkan, yaitu dari keponakan Yunahar sendiri.

"Sudah kita persiapkan (rencana operasi), tapi kan karena gulanya naik turun. Sehingga, kita perlu stabilkan. Rencananya, cangkok ginjalnya Desember (2019). Kita persiapkan, kerja sama dengan tim dari RSUP dr. Sardjito," tandasnya.

Baca Juga: 7 Gejala yang Menandakan Ada Masalah pada Ginjal Kamu, yuk Perhatikan!

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya