Manokwari Memanas, Polda DIY Klaim Yogyakarta Tetap Kondusif 

Tak ada penjagaan khusus

Sleman, IDN Times - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memastikan situasi di wilayahnya masih kondusif menyusul memanasnya situasi di Kota Manokwari, Papua Barat.

Seperti diberitakan IDN Times, gedung DPRD Papua Barat dibakar dan jalan-jalan diblokir oleh massa yang marah akibat perlakuan yang diterima mahasiswa Papua di Jawa Timur baru-baru ini.

Baca Juga: Polda Jatim Akan Usut Pihak yang Teriak Rasis pada Mahasiswa Papua

1. DI Yogyakarta diklaim masih kondusif

Manokwari Memanas, Polda DIY Klaim Yogyakarta Tetap Kondusif Dok. IDN Times/Istimewa

Kerusuhan di Manokwari, Papua Barat, pada Senin (19/8) diduga adalah buntut dari adanya penanganan reprsesif terhadap mahasiswa Papua di Surabaya Sabtu (17/8) dan Minggu (18/8) lalu.

Sementara, DIY yang selama ini dikenal menjadi tujuan tempat menimba ilmu para pelajar dari sejumlah daerah, termasuk Papua, diklaim tak terimbas rentetan peristiwa-peristiwa itu.

“Jadi, teman-teman dari Papua pun saya kira di Jogja tidak ada masalah karena kemarin peristiwa di luar daerah (Surabaya). Saya kira sampai dengan hari ini masih kondusif,” kata Kabid Humas Polda DIY, Kombes Pol Yuliyanto di Mapolda DIY, Senin (19/8). 

2. Tak ada penjagaan khusus

Manokwari Memanas, Polda DIY Klaim Yogyakarta Tetap Kondusif IDN Times/istimewa

Yuliyanto mengatakan, kepolisian sampai saat ini juga tak menaruh perhatian khusus pasca insiden di Manokwari. Asrama-asrama mahasiswa Papua di DIY tak kemudian dijaga ketat.

"Gak ada [penjagaan khusus], biasa saja," kata Kabid Humas.

3. Pesan Polda DIY

Manokwari Memanas, Polda DIY Klaim Yogyakarta Tetap Kondusif Penjagaan di depan Asrama Mahasiswa Papua di Surabaya - IDN Times/Vanny El Rahman

Yuliyanto meyakini, seluruh mahasiswa yang berkuliah di DIY, termasuk mereka-mereka yang berasal dari luar daerah selama ini berkelakuan baik.

Harapannya, sampai kemudian hari mereka juga bisa terus berkonsentrasi merampungkan pendidikannya.

"Mahasiswa di Jogja ini baik-baik, tidak ada masalah mau dari Papua dari Aceh seluruh Indonesia semuanya baik-baik. Mereka menuntut ilmu untuk membangun wilayahnya setelah lulus," pungkasnya.

Baca Juga: [BREAKING] Manokwari Rusuh, Gedung DPRD Papua Barat Dibakar

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya