Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan di Sekitarnya 'Ramai Lancar'

Cuma terjadi kepadatan kecil

Yogyakarta, IDN Times - Setengah hari pelaksanaan uji coba kawasan Malioboro, Yogyakarta bebas kendaraan bermotor, arus lalu lintas di sekitar jalan tersebut diklaim lancar dan masih dalam batas normal.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Perhubungan DIY, Sigit Sapta Raharja saat meninjau pelaksanaan uji coba semi pedestrian Malioboro bersama jajaran pemerintah provinsi dan kota, Selasa (18/6) sore.

"Sampai sore ini kemacetan tidak begitu crowded, masih bisa diantisipasi. Tapi kita gak tahu nanti setelah jam 7 malam nanti," kata Sigit.

1. Kepadatan kecil terjadi di sejumlah ruas

Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan di Sekitarnya 'Ramai Lancar'IDN Times/Tunggul Kumoro

Sigit mengatakan, sejumlah persimpangan mengalami kepadatan sebagai imbas dari uji coba hari ini. Seperti di persimpangan Jalan Dagen ke barat yang menurut dia disebabkan karena tidak ada alat peraga isyarat lalu lintas (APILL).

"Mau masuk Kleringan itu masih panjang (antrean kendaraan) tapi masih panjang waktu lebaran kemarin. Masih normal atau ramai lancar," kata Sigit.

Baca Juga: Jalan Kaki Tinjau Malioboro, Sultan Pungut Sampah di Jalanan

2. Uji coba saat perhelatan besar di Malioboro

Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan di Sekitarnya 'Ramai Lancar'IDN Times/Tunggul Kumoro

Sigit sebelumnya pernah menyampaikan jika uji coba ini bisa saja dites saat hari-hari padat pengunjung, seperti hari Sabtu dan Minggu. Meski masih harus menunggu hasil evaluasi terlebih dahulu.

Gagasan lain yang mungkin ia sampaikan saat evaluasi besok adalah bagaimana uji coba bebas kendaraan bermotor ini bisa dilaksanakan kembali kala ada acara-acara besar diselenggarakan di seputaran Malioboro.

"Event-event di sini kan banyak sekali. Setiap event menutup Malioboro. Saya akan coba bagaimana penutupan itu pas barengan dengan bebas kendaraan. Jadi misal ada festival, itu kita sekalian uji coba. Nanti lihat semisal event-event besar perlu tutup, kayak FKY (Festival Kesenian Yogyakarta). Jadi sehari penuh bisa buat macam-macam," terangnya.

3. Pemerintah Kota Yogyakarta berharap Malioboro bebas kendaraan bisa sepenuhnya terwujud

Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan di Sekitarnya 'Ramai Lancar'IDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti berharap, kebijakan kawasan Malioboro bebas kendaraan bisa benar-benar dan segera terlaksana.

"Kalau untuk kapannya, ya kami berharap tahun ini bisa dilaksanakan setelah beberapa kali uji coba," katanya.

Terpenting bagi pihaknya saat ini adalah selain bisa menyediakan fasilitas parkir, juga mampu menyiapkan akses untuk menuju ke ikon wisata di Kota Pelajar itu. 

"Yang penting akses ke tempat-tempat parkir itu dipermudah. Misalnya kami tadi masih memberikan kemudahan untuk akses parkir yang ada di Malioboro Mall, Beskalan, dan lain sebagainya," sebut Haryadi.

Malioboro Bebas Kendaraan, Jalan di Sekitarnya 'Ramai Lancar'IDN Times/Tunggul Kumoro

Uji coba penutupan jalan Malioboro bagi kendaraan bermotor diberlakukan mulai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB pada Selasa (18/6). Tak nampak satu pun kendaraan bermotor pribadi yang melintas di kawasan Malioboro. Angkutan umum yang diperbolehkan melintas hanyalah Trans Jogja, becak, dan kereta kuda (andong).

Baca Juga: Malioboro Bebas Kendaraan, Wisatawan Ramai-Ramai Foto di Tengah Jalan

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya