Makin Elok, Potret Tugu Yogyakarta Tanpa Semrawut Kabel

Kawasan Tugu Pal Putih makin sedap dipandang

Yogyakarta, IDN Times - Kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta mulai bersolek. Lewat proyek penataan ulang dan penertiban kabel fiber optik (FO) serta listrik yang dikerjakan sejak September 2020 lalu, monumen ikonik milik Kota Gudeg itu pun kini tampak kian 'kinclong'.

Baca Juga: Penataan Tugu Jogja, Hari Ini Jalan di Sebelah Utara Dialihkan     

1. Tak ada lagi kabel semrawut

Makin Elok, Potret Tugu Yogyakarta Tanpa Semrawut KabelPotret Tugu Pal Putih Yogyakarta tanpa semrawut kabel. IDN Times/Tunggul Damarjati

Pantauan di lokasi, kabel FO dan PLN yang bertahun-tahun lamanya mengelilingi Tugu Pal Putih kini mulai tak terlihat.

Lewat metode ducting, kabel-kabel tersebut ditanam ke dalam tanah. Sementara tiang-tiang penyangganya yang tak lagi diperlukan, dihilangkan.

"Ya dari pengerjaan minggu ini harusnya sudah selesai. Proses menurunkan kabel dan merobohkan tiang di seputaran Tugu sudah selesai," terang Heroe, Rabu (16/12/2020).

2. Lanjut ke Jalan Sudirman

Makin Elok, Potret Tugu Yogyakarta Tanpa Semrawut KabelProses penataan kawasan Tugu Pal Putih Yogyakarta, 30 Oktober 2020. IDN Times/Paulus Risang

Dikatakannya, Pemkot Yogyakarta masih memiliki rencana untuk upaya penertiban kabel, dengan melanjutkannya hingga ke titik atau kawasan Jalan Sudirman di sebelah timur Tugu Pal Putih.

"Nantinya di sepanjang Jalan Sudirman seluruh kabel akan diturunkan juga. Tapi dengan proses, sebab yang di seputaran Gramedia sebagian (kabel) juga sudah turun," ungkap Heroe.

3. Jalur pedestrian ditata hingga kawasan RS Bethesda

Makin Elok, Potret Tugu Yogyakarta Tanpa Semrawut KabelPotret Tugu Pal Putih Yogyakarta tanpa semrawut kabel. IDN Times/Tunggul Damarjati

Selain kabel, jalur pedestrian di kawasan seputaran Tugu Pal Putih mulai tertata. Paving konblok di sekelilingnya juga diganti, berikut desainnya. Adapun bollard atau bola-bola beton pembatas antara jalan dan trotoar yang terpasang mengitari pengitar Tugu Pal Putih.

Proyek penataan jalur pejalan kaki ini rencananya tak berhenti di kawasan Tugu serta Jalan Sudirman yang sudah rampung sebelumnya. Namun berlanjut sampai ke Rumah Sakit Bethesda pada 2021 nanti.

Semua ini, menurut Heroe, adalah bagian dari upaya Pemkot Yogyakarta merevitalisasi Kotabaru sebagai kawasan cagar budaya dengan karakter Indies yang akan terus dikembangkan ke depannya

"Saat ini sudah ada penanda di sejumlah penggal jalan atau bangunan yang menginformasikan tentang sejarah, teks dan konteks peran dan fungsi bangunan atau kawasan pada masa lalu. Sehingga bisa menjadi sarana edukasi dan tempat untuk hangout bagi warga dan wisatawan," tandasnya.

Baca Juga: Tugu Golong-Gilig, Cikal Bakal Tugu Putih yang Jadi Ikon Yogyakarta 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya