Laga PSS Vs Persebaya Diputuskan Digelar Tanpa Bonek

Panpel pertimbangan usulan warga dan rekomendasi Kepolisian

Sleman, IDN Times - Pertandingan yang mempertemukan PSS Sleman vs Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (13/7) hanya akan dihadiri suporter dari tim tuan rumah saja.

Pasalnya, Panitia Pelaksana PSS Sleman telah memutuskan untuk tak menyediakan jatah tiket untuk para Bondho Nekat atau Bonek, sebutan suporter garis keras Persebaya Surabaya.

1. Tertuang melalui surat pemberitahuan

Laga PSS Vs Persebaya Diputuskan Digelar Tanpa BonekIDN Times/Ardiansyah Fajar

Keputusan untuk tak menghadirkan ini tercantum dalam Surat Pemberitahuan Panitia Pelaksana (Panpel) PSS Sleman, tertanggal 10 Juli 2019, kepada pihak Manajemen dan Pengurus Pusat Suporter Persebaya. Di mana isinya dengan berat hati, panpel harus mengumumkan soal kuota yang tak tersedia untuk para bonek.

"Himbauan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sesuai instruksi surat Kapolda dan juga demi kebaikan bersama dan menjaga tali silaturahmi antara kita," bunyi penggalan pernyataan dalam surat tersebut.

Baca Juga: Jelang PSS Kontra Persebaya, Polda DIY Rekomendasikan Pelarangan Bonek

2. Penuhi permintaan warga dan rekomendasi Kepolisian

Laga PSS Vs Persebaya Diputuskan Digelar Tanpa BonekIDN Times/Tunggul Kumoro

Ketua Panpel PSS Sleman, Tri Mulyanta mengatakan, surat tersebut dibuat atas masukan warga sekitar Stadion Maguwoharjo dan rekomendasi Kepolisian.

Masukan warga itu berisi soal keberatan mereka akan kehadiran Bonek di Stadion Maguwoharjo. Yang disampaikan kepada pihak panpel dan kepolisian. "Akhirnya kita juga dapat surat dari kepolisian juga," katanya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (13/7).

3. Berbarengan dengan agenda Kapolri

Laga PSS Vs Persebaya Diputuskan Digelar Tanpa BonekIDN Times/Axel Jo Harianja

Sedangkan, surat dari kepolisian itu mencantumkan rekomendasi untuk tak memberikan kuota tiket kepada Bonek. Kapolda DIY, Irjen Pol Ahmad Dofiri sebelumnya juga telah menjelaskan, rekomendasi itu dibuat setelah mempertimbangkan keberatan warga dan alasan keamanan.

Adapun alasan lain dari kepolisian, sesuai penuturan Tri Mulyanta, bahwa jadwal pertandingan di Maguwoharjo besok itu bersamaan dengan agenda kunjungan Kapolri ke Sleman. "Jadi pas barengan kunjungan Kapolri ke Sleman tanggal 13 itu," ungkapnya.

4. Bukan buntut dari ricuh antar suporter di laga pembuka Liga 1

Laga PSS Vs Persebaya Diputuskan Digelar Tanpa BonekANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/pras.

Tri pun turut menjelaskan bahwa keputusan ini tak ada hubungannya dengan situasi ricuh saat laga pembuka Liga 1 di Stadion Maguwoharjo, yang mempertemukan PSS Sleman vs Arema FC beberapa waktu lalu.

"Kalau dampak pembukaan Liga 1, gak ada. Karena itu sebenarnya statemen dari warga, bukan dari kami," imbuhnya.

Pihaknya pun memastikan bahwasanya persiapan penyelenggaraan laga sudah dilakukan. Mulai dari rencana pengamanan hingga penempatan suporter tim tamu. "Dari panpel sebetulnya dari awal sebenarnya kita mau memberikan jatah untuk teman-teman Bonek ya," cetusnya.

Baca Juga: Menangi Duel Sarat Emosi, Lagi-lagi Seto Merasa PSS Hoki

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya