Comscore Tracker

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata Anyar

Dari jalur otoped hingga tur klinik kecantikan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Kota Yogyakarta menyiapkan berbagai gelaran event yang berfokus di Kotabaru, Gondokusuman, demi menarik lebih banyak wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, pihaknya menyadari potensi wisata Kota Gudeg tak sebanyak kabupaten tetangga di DIY. Oleh karenanya, sederet terobosan atraksi wisata pun disiapkan untuk bisa dihelat tahun ini.

"Kota Jogja kan enggak seperti Sleman, Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo yang banyak memiliki destinasi wisata alam. Karena dasar itu lah kami menyadari semua jengkal semua potensi sedikit apapun harus kita jadikan daya tarik wisata," kata Wahyu belum lama ini di Hotel Harper, Kota Yogyakarta.

1. Jalur khusus otoped

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata AnyarIlustrasi otopet listrik. (IDN Times/Lia Hutasoit)

Pemkot Yogyakarta tengah mencoba menciptakan kawasan khusus bagi pengguna skuter listrik atau otoped di Kotabaru. Langkah ini sekaligus sebagai penataan dan penertiban pemakaian otoped yang selama ini justru membahayakan pengguna jalan lainnya.

"Sedang kita siapkan. Intinya bahwa orang yang mengakses itu harus benar-benar aman bagi dirinya sendiri dan bagi orang lain. Jangan sampai aktivitas wisata justru tidak aman bagi wisatawan itu sendiri dan membahayakan bagi pengguna jalan lain," jelas Wahyu.

Jalur-jalur khusus otoped ini masih dibahas bersama Dinas Perhubungan setempat dengan menyesuaikan Permenhub Nomor 45 Tahun 2020 tentang pemakaian kendaran dengan penggerak listrik meliputi, skuter listrik, sepeda listrik, otopet, hingga sepeda roda satu atau unicycle.

"Nanti kalau seandainya terjadi apa-apa malah justru menjadi kampanye yang buruk bagi pariwisata Kota Yogyakarta. Itu yang harus kita perhatikan betul. Di Peraturan Menteri Perhubungan itu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebelum itu dilaksanakan. Nah ini sedang kita godok terus," ucapnya.

2. Kotabaru Night Run

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata AnyarIlustrasi Lomba Lari (IDN Times/Mardya Shakti)

Atraksi wisata kedua yakni Kotabaru Night Run. Wisatawan, kata Wahyu, akan diajak menjajal track sembari menikmati suasana malam area heritage ini.

"Kita akan mengajak wisatawan untuk mencoba menjajal trek kamu yaitu lari malam hari di Kotabaru," tuturnya.

3. Tour de Kuliner Kotabaru

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata AnyarInstagram.com/houseoframinten

Tour de Kuliner Kotabaru bakal menjadi sebuah gelaran yang dihelat untuk memanjakan lidah dan perut para turis pemburu kuliner.

"Kita memiliki 25 titik kuliner yang bisa kita ajak wisatawan untuk mengikuti itu," ungkap Wahyu.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Berencana Pindahkan Jalur Otoped ke Kotabaru 

4. Tour de Estetika Kotabaru

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata AnyarIlustrasi klinik kecantikan. (Pexels.com/Anna Shvets)

Event yang satu ini terbilang unik karena menawarkan belasan titik klinik kecantikan atau perawatan kulit sebagai atraksi wisata.

"Ternyata ada 11 titik perawatan kulit wajah di Kotabaru juga. (Unik), sehingga wisatawan ketika mengetahui ada aktivitas ini oh saya tak nyoba," lanjut Wahyu.

5. Tour de Belanja

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata Anyarilustrasi belanja (IDN Times/Arief Rahmat)

Tour de Belanja ini, menurut Wahyu, menyediakan 15 titik belanja yang bisa dikunjungi.

"Ada 15 titik di kawasan Kotabaru yang bisa mereka kunjungi. Dari mereka yang jualan buku sampai jualan baju semuanya ada," katanya.

6. Tour de Sejarah dan Budaya

Kotabaru Yogyakarta Bakal Punya 6 Atraksi Wisata AnyarMuseum Sandi di Kotabaru, Kota Yogyakarta (Dok. Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta)

Sesuai namanya, wisatawan akan diajak menyelami lebih jauh sisi historis dari kawasan Kotabaru. Sub event Tour de Jalanan Sore disiapkan sebagai salah satu aktivitasnya.

"Jadi kita menyiapkan sebuah tour jalanan sore yang bisa mengajak mereka mengunjungi tempat-tempat wisata dengan panduan story telling dari pemandu wisata.

Wahyu menerangkan, kecuali jalur khusus otoped, lima atraksi wisata di atas telah diresmikan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta. Pelaksanaannya tinggal menunggu pemaketannya sebelum dijual sebagai sebuah daya tarik baru.

"Nah ini hal sekecil ini juga kita siapkan dalam rangka untuk menambah magnet sehingga wisatawan itu semakin panjang bermalam di Jogja dan semakin banyak belanja di Kota Yogyakarta. Harapan kami seperti itu," pungkas Wahyu.

Baca Juga: 10 Potret Keseruan Ngabuburit di Museum Sandi dan Museum TNI AD 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya