Comscore Tracker

Jokowi Puji 3 Manfaat Bendung Kamijoro yang Baru Diresmikan

Bendung Kamijoro memasok air baku ke bandara baru

Kulon Progo, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo meresikan proyek Bendung Kamijoro yang terletak di perbatasan Bantul-Kulon Progo, hari ini Selasa (31/12).

Jokowi yang sempat meninjau sisi bendung mengaku kagum dengan keindahan proyek tersebut. Baik itu taman bermain, plaza terbuka, maupun jembatan yang menghubungkan Kecamatan Pajangan, Bantul dan Sentolo, Kulon Progo yang menjadi bagian dari bendung itu.

"Ada jembatan yang bagus yang menghubungkan Kabupaten Bantul dan Kulon Progo. Ini juga bisa irit waktu, bisa lebih cepat karena memotong jarak kurang lebih 5 kilometer," kata dia.

 

Baca Juga: Operasional Penuh Bandara YIA Mundur dari Target Awal 

1. Manfaat pertanian

Jokowi Puji 3 Manfaat Bendung Kamijoro yang Baru DiresmikanPresiden Jokowi meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Jokowi menjelaskan Bendung senilai Rp 229 miliar ini dan dibangun di atas aliran Sungai Progo ini, memiliki berbagai manfaat. Beberapa di antaranya adalah guna mendukung ketahanan pangan dan memberikan ketersediaan air secara berkesinambungan.

Tentu saja, hal itu dapat mendorong aktivitas pertanian masyarkat. "Memberi manfaat irigasi seluas 2.370 hektare lahan pertanian di Kabupaten Bantul dan meningkatkan intensitas tanam dari 205 persen menjadi 270 persen," kata Jokowi lagi.

2. Persediaan air baku

Jokowi Puji 3 Manfaat Bendung Kamijoro yang Baru DiresmikanPresiden Jokowi meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Dikatakan Jokowi, infrastruktur yang dibangun dan dikelola di bawah Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) Kementerian PUPR ini juga bisa menjadi sumber persediaan air baku untuk kawasan sekitarnya.

"Baik untuk Bandara Internasional Yogyakarta juga untuk Kabupaten Bantul, Kulonprogo, dan juga nantinya sampai ke Kota Yogyakarta," kata ayah Gibran-Kahiyang-Kaesang ini.

3. Destinasi wisata

Jokowi Puji 3 Manfaat Bendung Kamijoro yang Baru DiresmikanPresiden Jokowi meresmikan Bendung Kamijoro di Kulon Progo. IDN Times/Tunggul Damarjati

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan ia mendapat informasi dari Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, sejak dibuka untuk umum keberadaan bendung ini sudah bisa menambah penghasilan masyarakat setempat.

"Saya tadi dibisiki Pak Gubernur, katanya kalau parkir, beliau menyampaikan, hari libur atau Minggu bisa sampai Rp17 juta-20 juta pendapatan ini, angka yang sangat besar sekali," katanya.

Jokowi berharap, bendung ini juga kian mampu menumbuhkan perekonomian warga di kemudian hari.

Peresmian proyek ini turut dihadiri sejumlah tokoh sepetti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Bantul Suharsono, dan Bupati Kulon Progo, Sutedjo. Peresmian ditandai dengan upacara pencet bel secara bersamaan oleh para tokoh tersebut.

Baca Juga: Ini Rencana Detail Pengembangan Aerotropolis Kulon Progo

Topic:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya