Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan Berkualitas

Maret 2020 akan ada kereta khusus bandara 

Kulon Progo, IDN Times - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (29/8). Dalam kunjungan itu, Jokowi menyoroti kemegahan dan pesatnya pembangunan YIA. 

Didampingi Ibu Negara, Iriana Jokowi, Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Jokowi disambut oleh Gubernur DI Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

1. Untuk kali pertama Jokowi mendarat di YIA

Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan BerkualitasIDN Times/Tunggul Kumoro

Jokowi beserta rombongan tiba dengan menumpang pesawat kepresidenan kira-kira pukul 09.40 WIB pagi. Jika biasanya ia mendarat di Bandara Adisutjipto atau dengan menempuh jalur darat, kali ini Presiden Jokowi langsung mendarat di Bandara YIA.

Setibanya di terminal kedatangan, Jokowi selain diterima kedatangannya oleh rombongan pejabat pemerintah daerah, juga disambut Direktur Utama PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi.

Pada kesempatan itu pula, Faik berkenan menjelaskan progres pembangunan Bandara YIA yang katanya sudah mencapai 76,5 persen. Proyek YIA ditargetkan rampung tahun ini dan bisa beroperasi secara penuh 2020 mendatang.

Turut dijelaskan Faik kepada Jokowi soal tipe dan desain landasan, jumlah maskapai yang telah membuka rute di YIA, total angka pergerakan pesawat dan penumpang hariannya.

Usai mendengar penjelasan Faik, Jokowi dan rombongan langsung menuju ke lantai dua dan tiga Bandara YIA.

Baca Juga: Menhub: Awal Tahun 2020 Pembangunan Bandara YIA Selesai 100 Persen   

2. Bandara besar yang dibangun secara kilat

Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan BerkualitasIDN Times/Tunggul Kumoro

Dijumpai di sela-sela tinjauannya di lantai 3, Jokowi mengungkapkan betapa megahnya bandara yang barusan ia tinjau ini.

"Ini betul-betul sebuah bandara yang sangat besar sekali. Terminalnya [seluas] 219 ribu meter persegi yang bisa menampung 20 juta penumpang per tahun. Di mana sebelumnya yang Bandara Adisutjipto itu hanya 1,8 juta," kata mantan Wali Kota Solo itu.

Penambahan slot hingga 18 juta lebih itu rencananya dialokasikan untuk penerbangan-penerbangan internasional. Harapannya, setelah itu jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia maupun DI Yogyakarta bisa terdongkrak.

Lalu, melihat progres yang sudah ada, Jokowi pun mengklaim bahwa pembangunan Bandara YIA adalah yang tercepat pengerjaannya. "Ini adalah pekerjaan pembangunan airport yang paling cepat. Di Indonesia, mungkin bisa di dunia. Ini cepat sekali ini, sangat cepat sekali," katanya.

Tidak lantas sembarang cepat, kata Jokowi, kualitasnya pun cukup baik. Dengan level yang bisa setingkat melebihi bandara-bandara lain di Indonesia.

Salah satunya adalah soal landasan pacu yang membentang sepanjang 3.250 meter dan lebar 80 meter. Dengan spesifikasi macam ini, landasan ini bisa digunakan untuk mendarat pesawat terbesar dan terberat sekalipun.

"Yang [Boeing] 777, [berkapasitas penumpang] penuh itu bisa, turun di sini. Karena memang kualitas runway-nya memang sebuah kualitas yang padat," imbuh ayah trio Gibran, Kahiyang, dan Kaesang ini.

3. Target operasional penuh lebaran tahun depan

Jokowi Memuji Pembangunan Bandara YIA yang Cepat dan BerkualitasIDN Times/Tunggul Kumoro

Jokowi pun menargetkan agar Bandara YIA ini bisa dioperasikan secara penuh Desember 2019 nanti. Tahun berikutnya, terhubung dengan kereta bandara. 

"Ini [Bandara YIA] nanti akan diselesaikan Desember, kemudian plus nanti dihubungkan dengan kereta, selesai Maret [2020]. Lebaran sudah bisa operasi full 100 persen," bebernya.

Selain itu, bandara ini juga bakal dibuat terintegrasi dengan tol yang menghubungkan wilayah DIY dengan daerah lain. "Ini saya desain besarnya kelihatan, satu per satu diselesaikan. Ini [Bandara YIA] rampungkan dulu," cetusnya.

Jelang tengah hari, rombongan RI 1 ini pun akhirnya meninggalkan Bandara YIA. Presiden Jokowi sendiri setelah ini bakal langsung menuju Purworejo dan Magelang di Jawa Tengah untuk agenda pembagian sertifikat tanah.

Baca Juga: Permudah Transportasi ke Bandara YIA, Stasiun Kedundang Diaktifkan

Topik:

  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya