Jenazah Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di Depok Sleman

Jenazah Rinaldi disemayamkan di lapangan

Sleman, IDN Times - Jenazah HRD PT Jaya Obayashi, Rinaldi Harley Wismanu (32), akhirnya dimakamkan di tanah kelahirannya, Sleman, Senin (21/9/2020).

Jenazah almarhum sendiri tiba tadi pagi di rumah duka Nologaten RT 02 RW 04, Caturtunggal, Depok. Kurang lebih pukul 00.02 WIB.

Baca Juga: Fakta Pembunuhan dan Mutilasi Rinaldi, dari Tinder Berujung Maut

1. Disemayamkan di lapangan

Jenazah Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di Depok SlemanIDN Times/Tunggul Damarjati

Jenazah Rinaldi tidak disemayamkan di rumah duka, melainkan di tanah lapang dekat rumah duka. Hal ini demi mencegah timbulnya kerumunan pelayat sesuai anjuran pada protokol pencegahan penularan COVID-19.

Turut hadir dalam rombongan pelayat, yakni Bupati Sleman Sri Purnomo dan perwakilan dari PT Jaya Obayashi.

2. Minta pelaku dihukum maksimal

Jenazah Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di Depok SlemanIDN Times/Tunggul Damarjati

Suwanto, pemuka agama setempat selaku perwakilan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada jajaran Polda Metro Jaya yang menindaklanjuti laporan keluarga akan hilangnya kontak dengan almarhum pada 9 September 2020 silam.

Keluarga mengapresiasi kinerja jajaran kepolisian yang mengusut kasus kematian almarhum.

"Keluarga berharap kepada penegak hukum agar bisa memberikan hukuman yang maksimal sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Kepada siapapun yang merencanakan dan yang melaksanakan tindakan keji, tindakan di luar kemanusiaan," kata Suwanto.

Keluarga juga berharap agar kasus ini diusut secara tuntas.

"Sekali lagi, keluarga berharap kepada penegak hukum, siapa pun yang membuat perencanaan, apakah pelaku yang tertangkap, ataukah masih ada pihak lain, maka sekali lagi keluarga berharap untuk bisa dibuka terang benderang sampai ketahuan motif yang sesungguhnya, orang yg sesungguhnya, sehingga kami keluarga bisa menerima dengan lapang dada," ucapnya.

Tak lupa, pihaknya menyampaikan ras terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan RS Polri Kramat Jati yang terlibat dalam proses identifikasi dan membantu kepulangan jenazah.

"Kami memohon maaf kepada siapa saja, jika selama hidup almarhum berbuat pernah kesalahan," pungkasnya.

3. Kehilangan sosok pekerja profesional

Jenazah Korban Mutilasi di Kalibata City Dimakamkan di Depok SlemanIDN Times/Tunggul Damarjati

Sementara, Saut Sagala selaku perwakilan dari PT Jaya Obayashi kepergian almarhum meninggalkan lubang besar di jantung perusahaan. Rinaldi dikenang sebagai sosok pekerja yang mumpuni dalam bidangnya.

"Beliau adalah pekerja keras sekali dan on time dalam melaksanakan pekerjaannya. Jadi, jujur dalam kesempatan ini saya mewakili PT Jaya Obayashi dan mewakili diri saya sendiri, merasa sangat kehilangan atas perginya rekan kerja kami ini," kata Saut.

"Kami mengucapkan turut berduka cita atas berpulangnya rekan kerja kami, kami berdoa agar segala kesalahan beliau bisa dimaafkan oleh Tuhan Yang Maha Esa," tutupnya.

Jenazah akhirnya diberangkatkan menuju Sasonoloyo Nologaten tepat pukul 09.00 WIB. Lokasinya, tak jauh dari rumah duka.

Pemakaman dan prosesi tabur bunga diwarnai tangis para anggota keluarga, kerabat, dan rekan almarhum.

Rinaldi Harley Wismanu merupakan putra pertama dari pasangan Toto Rahardjo dan Sulistyani. Ia pergi meninggalkan kedua orang tua dan ketiga adiknya.

Rinaldi Harley Wismanu sendiri sebelumnya ditemukan tewas dalam kondisi tubuh termutilasi 11 bagian dan tersimpan dalam sebuah koper di lantai 16 Tower Ebony, Apartemen Kalibata City, Jakarta Selatan pada Rabu (16/9/2020) malam.

Dua orang pelaku berinisial LAS dan DAF diamankan tak lama setelah penemuan jenazah korban. Mereka yang diduga bertanggungjawab atas kematian Rinaldi kini berstatus tersangka dan terancam dikenakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana.

Baca Juga: Laeli Tersangka Mutilasi Rinaldi, Dulu Mahasiswa Pintar Ikut Olimpiade

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya