Hore, Tiga Pasien Lagi di DIY yang Sembuh dari Corona

Pasien dalam kondisi sehat 

Yogyakarta, IDN Times - Tiga pasien positif COVID-19 dinyatakan sembuh setelah melakukan dua kali swab.  

"Sebanyak tiga kasus positif dinyatakan sembuh, karena telah memperoleh hasil uji laboratorium dua kali negatif," kata Juru Bicara Pemda DIY untuk penanganan COVID-19 Berty Murtiningsih, Jumat (10/4).

1. Masih tetap dalam pengawasan tim medis

Hore, Tiga Pasien Lagi di DIY yang Sembuh dari CoronaIlustrasi tenaga medis. IDN Times/Candra Irawan

Ketiga pasien itu, menurut adalah pasien dari kasus 8, 18, dan 26. Semuanya laki-laki dan merupakan warga Sleman yang masing-masing secara berurutan berusia 36, 14, dan 27 tahun.

Ketiga pasien itu mendapatkan hasil lab negatif corona untuk kedua kalinya hari ini.  "Kondisi ketiganya sudah baik sejak dinyatakan negatif pertama," kata Berty menambahkan.

Pasien tersebut kini telah diizinkan keluar dari rumah sakit meski dengan pengawasan. "Pasien sudah di rumah, namun masih harus dipantau pihak rumah sakit," ucapnya.

Dengan demikian, hingga saat ini tercatat sebanyak 10 pasien COVID-19 di DIY yang dinyatakan pulih atau sembuh. Kabar ini, melengkapi berita baik lainnya yakni soal tak ada penambahan kasus corona di DIY per Jumat (10/4) ini.

"Laporan hari ini, tanggal 10 April 2020 tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif, sehingga jumlah kasus positif di DIY masih tetap sebanyak 40 kasus," terangnya.

Baca Juga: ABK Kapal Amerika Positif COVID-19 Dirawat di RSUD Wates

2. Selesaikan hasil swab tertunda

Hore, Tiga Pasien Lagi di DIY yang Sembuh dari CoronaDok. Humas Jabar

Kepala Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta, Irene menambahkan untuk saat ini uji swab terus berjalan.

Permasalahannya, hasil tidak bisa keluar begitu saja karena ada daftar antrean yang harus dipatuhi. Belum lagi soal ketersediaan reagen.

Apalagi, BBTKLPP tak cuma dibebani untuk pemeriksaan spesimen pasien terduga COVID-19 di wilayah DIY saja, tapi juga sebagian kawasan Jawa Tengah.

"Kami sedang berupaya menyelesaikan hasil uji swab tertunda. Hari Jumat, Sabtu dan Minggu laboratorium BBTKLPP tetap buka," katanya.

3. PDP meninggal dunia

Hore, Tiga Pasien Lagi di DIY yang Sembuh dari CoronaData Covid DIY per 10 April. Instagram/humasjogja

Di tengah optimisme kesembuhan para pasien positif, kabar duka datang dari seorang berstatus pasien dalam pengawasan (PDP).

PDP yang teridentifikasi berjenis kelamin laki-laki warga Sleman berusia 70 tahun itu, menurut informasi yang disampaikan Berty, meninggal dunia.

Berty yang tak merinci di mana pasien itu sebelumnya dirawat atau waktu kematiannya, hanya menjelaskan faktor penyebab meninggalnya PDP tersebut.

"Karena faktor usia tua dan komorbid penyakit penyerta," pungkas Berty.

hingga saat ini jumlah kasus positif COVID-19 di DIY sebanyak 40 orang, dengan jumlah pasien yang meninggal dunia 6 orang. 

Baca Juga: Tetap Produktif Saat di Rumah Ala Warga Desa Gilangharjo Pandak Bantul

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya