Golkar Jateng-DIY Dukung Airlangga Pimpin Kembali Partai Beringin

Didukung mayoritas pengurus daerah Airlangga yakin menang

Yogyakarta, IDN Times - Pengurus DPD Golkar Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mendukung Airlangga Hartarto untuk memimpin kembali Golkar periode 2019-2024.

Dukungan kepada Airlangga untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar lagi itu diwujudkan dalam deklarasi yang dihelat di Grand Aston Hotel, Yogyakarta, Jumat (2/8) malam. 

1. 3 DPD II Golkar Jateng tak hadir

Golkar Jateng-DIY Dukung Airlangga Pimpin Kembali Partai BeringinIDN Times/Tunggul Kumoro

Pada acara itu, Ketua DPD I Partai Golkar Jateng, Wisnu Suhardono mengatakan, segenap pengurus Partai Berlambang Beringin di wilayahnya telah mengadakan pleno dan diputuskan 32 dari 35 DPD tingkat II se-Jateng sepakat mendukung Airlangga Hartarto.

"Seluruh DPD tingkat II Jawa Tengah akan mendukung, mengusung, dan memenangkan Bapak Airlangga Hartarto untuk memimpin Golkar Periode 2019-2024," kata Wisnu yang juga disaksikan Ketua Dewan Pakar Golkar, Agung Laksono dan Wakil Ketua Dewan Kehormatan Golkar, Akbar Tandjung.

Tiga DPD tingkat II tadi memang belum bisa hadir dan menyatakan dukungannya kepada Airlangga saat deklarasi. Kendati demikian, Wisnu memastikan akan ada pemekaran sebelum Munas Desember 2019 nanti.

"Jateng memberikan penuh dukungan tetapi ada juga permintaan dan permohonan ke DPP kepemimpinan Pak Airlangga. Bahwa pengelolaan partai harus segera diperbaiki untuk bisa mencapai apa yang kita inginkan bersama," sebutnya.

Baca Juga: Bursa Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Kembali Dapat Dukungan

2. Golkar DIY jamin tak akan 'menyeberang'

Golkar Jateng-DIY Dukung Airlangga Pimpin Kembali Partai BeringinIDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara Ketua DPD I Golkar DIY, Haryadi Suyuti membeberkan alasan mengapa kembali mengusung Airlangga sebagai ketua umum periode 2019-2024. Baik itu dari DPD I maupun 5 DPD II lainnya.

"Beliau bisa mengembangkan visi misi organisasi. Kami yakin dan percaya beliau bisa menjadi pemimpin di masa depan, memperbaiki keadaan kita semua dan menatap masa depan Golkar yang lebih baik," sebut pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Yogyakarta ini.

Ia memastikan dukungan dari DPD I dan II Golkar DIY sudah bulat. Mengenai munculnya nama Bambang Soesatyo, menurutnya, tak akan menggoyahkan pendirian awal.

"Saya rasa (nama Bambang Soesatyo) muncul di media, pasti ada yang mendorong juga. Tapi kami tetap istiqomah ke Pak Airlangga," tegasnya.

3. Airlangga klaim mendapatkan 90 persen dukungan pengurus daerah

Golkar Jateng-DIY Dukung Airlangga Pimpin Kembali Partai BeringinIDN Times/Tunggul Kumoro

Sementara Airlangga mengklaim dukungan pengurus di daerah sudah mencapai 90 persen dari 500 pemilik suara.

"Jateng, DIY, sudah, beserta daerah lain, Sumut, Aceh, dan hampir seluruh tingkat I se-Indonesia. Tentu amanah ini akan dijadikan semangat dan bahan untuk munas nanti dan meningatkan soliditas Golkar," katanya.

Baca Juga: Pilkada Sleman 2020, PDI Perjuangan Tak Mau Sendirian 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya