Comscore Tracker

DIY Habiskan Stok Vaksin Nyaris Kedaluwarsa untuk Booster

Difokuskan bagi kelompok rentan

Yogyakarta, IDN Times - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memulai penyuntikan booster vaksin COVID-19 hari ini, Kamis (13/1/2022). Kick-off vaksinasi bertempat di Jogja Expo Center, Bantul.

Penyaluran booster vaksin ini memakai dosis vaksin COVID-19 yang hampir memasuki masa kedaluwarsa.

Baca Juga: Besok, Lansia di Sleman Mulai Terima Vaksin Booster Gratis

1. 30 ribu dosis expired akhir bulan

DIY Habiskan Stok Vaksin Nyaris Kedaluwarsa untuk BoosterVaksin COVID-19 AstraZeneca (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie menuturkan, saat ini Pemda masih menyimpan sekitar 30 ribu dosis vaksin jenis AstraZeneca yang akan jatuh tempo kedaluwarsa pada akhir pertengahan-akhir Januari 2022 ini.

"AstraZeneca kita mau expired 21 Januari ini. Ada sekitar 30 ribu dosis. Itu kalau gak dikebut, gak dikencengin, kita gak akan kekejar. Kita gak mau ada vaksin yang kemudian expired di DIY," kata Pembajun di JEC.

2. Dipakai untuk booster

DIY Habiskan Stok Vaksin Nyaris Kedaluwarsa untuk Boosterilustrasi vaksin Pfizer (ANTARA FOTO/Fauzan)

Maka dari itu Pemda bakal memakai dosis yang nyaris kedaluwarsa ini sebagai booster vaksin untuk kelompok rentan, seperti lansia dan pemilik riwayat komorbid pada tahap awal penyalurannya. Termasuk diberikan kepada para petugas pelayanan publik serta tenaga pendidik sebagai sasaran tambahannya.

Melalui kick-off booster vaksin di JEC yang berlangsung sampai 15 Januari mendatang ini, diharapkan lebih dari 1.500 dosis tersalurkan tiap harinya.

"Target kita tiga hari ini lima ribu," tutur Pembajun.

Selain AstraZeneca, vaksin jenis Pfizer juga dipakai sebagai amunisi booster kali ini. Kedua jenis vaksin ini disuntikkan setengah dosis ke tiap-tiap sasarannya.

"Nanti setelah vaksinasi massal ini ditambah sentra-sentra vaksin. Seharusnya memang booster ini dilakukan di fasyankes pemerintah. Pemda DIY sifatnya membantu, nanti bergerak bersama kabupaten/kota," tutupnya.

3. Total target 1 juta orang

DIY Habiskan Stok Vaksin Nyaris Kedaluwarsa untuk BoosterIlustrasi vaksinasi COVID-19 bagi lansia. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Sementara itu Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi DIY, Sumadi, menyebut pihaknya mendata setidaknya ada 1.083.000 warga ber-KTP DIY yang jadi sasaran booster vaksin ini.

Selain yang telah disebutkan Pembajun di awal, mereka yang menerima booster syaratnya harus sudah menerima dosis vaksin lengkap sebelumnya dengan jarak waktu 6 bulan.

"Yang sudah 6 bulan, sampai nanti (interval) 4 minggunya itu data kami 1.083.000 sekian, itu campur (kalangan). Tapi prioritas kita lansia dulu," ucap Sumadi di JEC.

Berdasarkan data Pemda DIY, terhitung total 2.879.699 jiwa masuk sebagai penerima vaksin COVID-19. Per 12 Januari 2022 telah tersalurkan sebanyak 99,01 persen untuk dosis pertama dan 89,95 persen untuk dosis kedua.

Khusus lansia, dari total sasaran 472.852 jiwa telah tersalurkan 82,20 persen untuk dosis pertama dan dosis kedua 72,14 persen. Sementara petugas pelayanan publik, dari total 334.745 sasaran, 196,80 persen telah menerima dosis pertama dan 186,31 persen mendapat dosis kedua.

Baca Juga: Dinkes DIY Curigai 8 Sampel dari Kulon Progo Varian Omicron  

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya