Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer di Kota Yogyakarta

Dokumen dana keuangan, kaleng dan komputer disita

Kota Yogyakarta, IDN Times - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri melanjutkan operasinya di DIY, Minggu (4/4/2021). Densus menggeledah sebuah bangunan kantor milik Syam Organizer yang terletak di Jalan Suryodiningratan, RT 30 RW 08 Kumendaman, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

1. Sita berbagai barang dalam jumlah banyak

Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer di Kota YogyakartaDensus 88 geledah kantor di Suryodiningratan Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Ketua RT 30, Setyo Karjono yang diminta menjadi saksi penggeledahan menyebutkan operasi berlangsung sekitar pukul 13.00-18.30 WIB.

"Tadi ada beberapa ruangan yang dimasukkin. Saya lupa jumlahnya, tapi dua lantai dalam gedung diperiksa semua," kata Setyo saat ditemui di kediamannya, Minggu (4/4/2021). 

Dikatakan Setyo, ada beberapa barang yang dibawa oleh petugas. Paling banyak adalah dokumen dan peralatan perkantoran.

"Kebanyakan berupa dokumen-dokumen dana keuangan. Peralatan kantor sepeti komputer dan laptop," urainya.

Di samping itu masih ada beberapa kaleng, namun ia kurang mengetahui detail kegunaannya. Namun dilihat dari bentuknya mirip kaleng-kaleng donasi. Barang-barang yang diamankan menurutnya sangat banyak. Bahkan membutuhkan truk untuk mengangkutnya.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap Penjual Bakmi Jawa di Bantul

2. Minim interaksi dengan warga

Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer di Kota YogyakartaDensus 88 geledah kantor di Suryodiningratan Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Mengenai Syam Organizer sendiri, Setyo mengaku kurang paham. Sepengetahuannya, Syam Organizer adalah sebuah LSM berbasis keagamaan.

"Aktivitasnya saya kurang tahu juga, karena mereka agak tertutup. Orang-orangnya kurang srawung ( berbaur)," ungkapnya.

Syam Organizer, menurut dia, mengontrak di bangunan dua lantai tersebut sekitar akhir tahun 2019.

"Dulunya dipakai kantor percetakan. Warga tahunya sebatas kantor dan saya tahunya itu kantor LSM," bebernya. Jadi, mereka itu memang bukan orang sini," tegasnya.

3. Dua orang penjaga kantor tak diketahui keberadaannya

Densus 88 Geledah Kantor Syam Organizer di Kota YogyakartaDensus 88 geledah kantor di Suryodiningratan Yogyakarta. IDN Times/Tunggul Damarjati

Disebutkan Setyo, selama penggeledahan ada dua orang pria kisaran umur 30 tahunan selaku penjaga bangunan tersebut yang diminta menjadi penunjuk arah.

"Tadi sempat ikut masuk menunjukkan, ini ruang siapa, tempat apa," sebutnya.

Namun setelah selesai penggeledahan, Setyo tak lagi melihat keduanya. "Dibawa atau tidak atau bagaimana, saya gak tahu," tandasnya.

Berdasarkan pantauan IDN Times, Kantor Syam Organizer saat ini dalam kondisi tertutup dan dipasang garis polisi di sekelilingnya.

Sementara Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Purwadi Wahyu Anggoro saat dikonfirmasi perihal giat Densus 88 di wilayahnya ini belum merespon sampai berita ini terkirim.

Baca Juga: 2 Jam Diguyur Hujan Deras, Puluhan Papan Reklame di Jogja Roboh 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya