Bupati Sleman: Nakes Prioritas Vaksin Booster COVID-19 Kedua

Kasus COVID-19 di Sleman kembali naik

Sleman, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Sleman memprioritaskan pemberian vaksin COVID-19 dosis keempat atau booster kedua untuk para tenaga kesehatan (nakes).

"Kami mendukung vaksin dosis keempat. Ini sebagai bentuk kesiapan bagi tenaga kesehatan jika ada gelombang susulan penambahan kasus COVID-19," kata Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, di Kantor Kecamatan Mlati, Selasa (2/8/2022).

1. Ada 14 ribu sasaran

Bupati Sleman: Nakes Prioritas Vaksin Booster COVID-19 KeduaBupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. (IDN Times/Yogie Fadila)

Kustini berharap, booster kedua bagi para nakes ini dapat segera disusul dengan pemberian vaksin pada sasaran selanjutnya hingga masyarakat umum. Sinergi semua pihak sangat dibutuhkan dalam menekan jumlah angka penyebaran COVID-19.

"Kami akan terus memastikan vaksinasi berjalan lancar dan menyeluruh. Untuk targetnya sudah ada sekitar 14.690 orang. Tinggal menunggu aturan teknis dan eksekusi," terang Kustini.

Baca Juga: Kasus Covid di Jogja Terus Bertambah, Terjadi Klaster SMA di Sleman   

2. Dosis ketiga 40 persen karena animo turun

Bupati Sleman: Nakes Prioritas Vaksin Booster COVID-19 KeduaIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Kustini turut meminta kepada jajarannya di Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan akselerasi pemberian booster dosis pertama bagi masyarakat.

Hingga akhir Juli 2022, cakupan vaksin dosis ketiga untuk baru mencapai 40,09 persen dari target.

"Animonya memang turun, tapi saya sudah instruksikan ada langkah cepat seperti vaksin 1 dan 2 bisa mencapai 100 persen dengan metode jemput bola," tambah Kustini.

Lebih jauh, Kustini mengimbau masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seiring meningkatnya jumlah kasus harian COVID-19 di Sleman.

3. Kasus harian terbanyak se-DIY

Bupati Sleman: Nakes Prioritas Vaksin Booster COVID-19 KeduaIlustrasi COVID-19. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Berdasarkan laporan harian Pemda DIY, Kabupaten Sleman menjadi daerah dengan penambahan kasus COVID-19 terbanyak hari ini.

Dari total 79 kasus se-DIY, 38 di antaranya adalah pasien asal Kabupaten Sleman. Adapun laporan pasien meninggal yang berdomisili di Bumi Sembada sebanyak 1 kasus.

Baca Juga: Sleman Deklarasikan Gerakan Pilah Sampah dari Rumah

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya