Comscore Tracker

2 Orang Tewas Tabrakan di Umbulharjo Yogyakarta, Satu Masih 14 Tahun

Diduga karena kelalaian penyeberang

Yogyakarta, IDN Times - Dua pengendara motor berinisial AD (26), warga Banguntapan, Bantul dan BWD (14), warga Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tewas setelah terlibat kecelakaan sepeda motor yang dikendarai masing-masing.

Kedua korban dinyatakan tewas di lokasi kejadian, Jalan Gondosuli, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Senin (2/8/2021) malam.

Baca Juga: Pasien COVID-19 di RSLKC Bantul Ditemukan Meninggal di Kolam Ikan

1. Kronologi tabrakan maut

2 Orang Tewas Tabrakan di Umbulharjo Yogyakarta, Satu Masih 14 TahunIlustrasi kecelakaan sepeda motor (IDN Times/Haikal Adithya)

Kasatlantas Polresta Yogyakarta, Kompol Chandra Lulus Widiantoro menyebut, peristiwa ini terjadi pada Senin malam kemarin. Kurang lebih pukul 21.15 WIB. Peristiwa berawal saat sepeda motor bernomor polisi AB 3420 JB yang dikemudikan AD bersama rekannya, TJ (23) melintasi Jalan Gondosuli dari arah selatan ke utara.

Kata Chandra, AD saat itu hendak berbelok ke kanan Jalan Timoho II. "Pada saat itu juga datang motor dari arah berlawanan," kata Chandra, Selasa (3/8/2021).

Motor bernomor polisi AB 5722 DH itu dikendarai oleh BWD bersama rekannya, FI (15). Kendaraan tersebut melaju dengan kecepatan tinggi.

"Jarak sudah dekat dan tidak bisa dihindari, keempatnya terpental dan terjadi kecelakaan ini," lanjut Kasatlantas.

2. Tewas di lokasi kejadian

2 Orang Tewas Tabrakan di Umbulharjo Yogyakarta, Satu Masih 14 TahunIlustrasi jenazah (IDN Times/Sukma Shakti)

Akibat benturan keras kedua kendaraan, AD menderita luka serius di bagian dada dan tulang rahangnya patah. Korban mengalami bibir sobek serta kepalanya cedera berat.

Sementara BWD mengalami sobek pada bagian bibir. Hidung dan telinga korban juga berdarah. Selain itu, matanya lebam dan kepalanya menderita cedera berat.

"Dua pengemudi itu (AD dan BWD) meninggal dunia dan dilarikan ke RSUP Dr Sardjito untuk penanganan lebih lanjut," tuturnya.

Sedangkan TJ dan FI yang pada saat kejadian dalam posisi membonceng kedua korban, juga mengalami luka yang cukup serius.

"Dua orang selamat namun masih dalam keadaan tak sadarkan diri. Luka cukup parah namun masih dalam perawatan intensif di RSUP Dr Sardjito dan Bethesda," tandas Chandra.

3. Kelalaian penyeberang dan minim penerangan

2 Orang Tewas Tabrakan di Umbulharjo Yogyakarta, Satu Masih 14 TahunIlustrasi penerangan jalan umum. (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Terpisah, Kanit Laka Satlantas Polresta Jogja, Iptu Bagus menyebut kecelakaan diduga akibat kelalaian dari AD yang berbelok di luar jalur utama.

"Dugaan sementara karena pengendara yang berbelok tidak mengutamakan pengguna jalur utama. Sebelum berbelok tepat di gang (Jalan Timoho II), dia sudah masuk ke jalan sebaliknya," ucap Bagus.

Di satu sisi, Bagus juga menyebut kondisi penerangan di lokasi kejadian terbilang minim. Sehingga, cukup memungkinkan menjadi salah satu faktor terjadinya insiden tersebut.

"Saat saya di TKP pun itu jalannya gelap," pungkasnya.

Baca Juga: Kejar-kejaran, Remaja di Yogyakarta Tewas Hantam Pohon Perindang

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya