Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Baru Dilaksanakan Januari 2022

Sudah ajukan logistik vaksinasi ke pemerintah pusat

Sleman, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman sudah mulai mempersiapkan logistik vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun. Meski demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Cahya Purnama menjelaskan, jika vaksinasi anak di Sleman baru bisa dilaksanakan pada Januari 2022 mendatang.

"Januari kami harapkan bisa memulai untuk vaksinasi anak," ungkapnya pada Rabu (17/11/2021).

Baca Juga: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Masih Butuh Persiapan

1. Kurang lebih ada 80 ribu sasaran

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Baru Dilaksanakan Januari 2022Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dasar. (ANTARA FOTO/Fransisco Carolio)

Cahya menjelaskan, untuk sasaran vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Sleman sendiri kurang lebih ada 80 ribu anak. Sesuai dengan BPOM, anak usia 6-11 tahun nantinya akan mendapatkan vaksin jenis Sinovac maupun Sinopharm.

"BPOM sudah mengizinkan penggunaan vaksin Sinovac maupun Sinopharm sebagai vaksin bagi anak," terangnya.

2. Sudah ajukan logistik ke pemerintah pusat

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Baru Dilaksanakan Januari 2022ilustrasi vaksin COVID-19 (IDN Times/Aditya Pratama)

Menurut Cahya, untuk logistik vaksin, pihaknya telah mengajukan ke pemerintah pusat. Sementara itu, untuk pelaksanaan vaksinasi, tidak akan berbeda jauh dengan mekanisme yang sebelumnya telah dilakukan. Yakni akan dilakukan seperti vaksinasi untuk jenjang SMP, di mana pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kapanewon maupun sekolah.

"Pelaksanaan rencananya di Kapanewon atau tiga sekolah kita gabungkan seperti SMP kemarin. Nanti dijadwalkan. Sehari sekali serbuan bisa seribu sasaran," katanya.

3. Akan fokus selesaikan target vaksinasi pada akhir November

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Sleman Baru Dilaksanakan Januari 2022Vaksinator menyuntikkan vaksin COVID-19 dosis pertama pada seorang seniman saat vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan, di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (19/4/2021). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sembari menunggu persiapan vaksinasi anak usia 6-11 tahun, Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman saat ini tengah fokus menyelesaikan target vaksinasi 100 persen sasaran yang telah terdata pada akhir November 2021 ini. Cahya menjelaskan, saat ini untuk capaian vaksinasi di Sleman sudah mencapai 89 persen untuk dosis pertama.

"Untuk target terselesaikan vaksinasi dosis kedua awal tahun," paparnya.

Baca Juga: Waduh, 3.445 Balita di Sleman Masuk Kategori Pendek

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya