Unik, Siswa SMAN 1 Depok Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Daring 

Berharap hal serupa bisa dilakukan dalam Pilkada 

Sleman, IDN Times - Di masa pandemik COVID-19 yang belum reda membuat banyak agenda yang biasanya dilakukan secara luring harus pindah ke sistem daring.

Hal ini juga terjadi pada Pemilihan Ketua OSIS (Pemilos) di SMAN 1 Depok, yang menggelar pemilihan Ketua OSIS masa bakti 2020-2021 pada Rabu (23/9/2020) dengan cara e-votting.  

1. Siswa bisa memilih di mana saja

Unik, Siswa SMAN 1 Depok Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Daring Ilustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 1 Depok, Eko Yuliyanto menjelaskan Pemilos secara e-voting menjadi pilihan yang harus dilakukan di masa pandemik COVID-19 saat ini. Selain meminimalkan terjadinya kerumunan dan mencegah penyebaran virus, cara ini dinilai efektif dan efisien.

"Dengan bantuan teknologi informasi yang mudah diakses, para pemilih bisa melakukan coblosan di mana saja tempatnya melalui sarana smartphone," ungkapnya pada Rabu (23/9/2020).

Baca Juga: 10 Chat Murid Ngumpulin Tugas Online Ini Kocaknya Gak Bakal Kamu Kira

2. Gunakan aplikasi Google Form serta Spreadsheet

Unik, Siswa SMAN 1 Depok Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Daring Ilustrasi Kuliah Online (IDN Times/Candra Irawan)

Eko menjelaskan rangkaian kegiatan Pemilos sendiri di SMAN 1 Depok sudah dimulai sejak tanggal 8 September 2020 dengan agenda penjaringan Calon Ketua OSIS, penetapan paslon, kampanye melalui Instagram bahkan hingga mimbar bebas yang ditayangkan secara live streaming menggunakan Youtube.

Pada puncaknya, yakni tanggal 23 September para siswa melakukan pemungutan suara dengan menggunakan Aplikasi Google Form dan Spreadsheet.

"Semuanya diupayakan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19," terangnya.

3. Seluruh proses kegiatan dilakukan mandiri oleh siswa

Unik, Siswa SMAN 1 Depok Gelar Pemilihan Ketua OSIS Secara Daring Unsplash/Brooke Cagle

Menurut Eko, yang membanggakan semua proses kegiatan dilakukan mandiri oleh panitia yang merupakan murid SMAN 1 Depok. Sedangkan untuk pembina OSIS hanya mendampingi siswa.

Eko berharap Pemilos bisa menjadi sarana edukasi kepada siswa sebagai calon pemilih pemula dalam Pemilu atau Pilkada.

"Kita ingin budaya berdemokrasi yang baik dengan menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab terjaga melalui kegiatan Pilketos," paparnya.

 

Baca Juga: Ini 5 Tempat Berburu Sneakers Online Paling Kece Buat Cowok

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya