UNBK Tetap Berjalan, SMK N 2 Yogyakarta Berlakukan Cek Suhu Tubuh

Diberlakukan ke seluruh warga sekolah

Sleman, IDN Times - Meski DIY telah mengumumkan adanya 1 orang yang positif terjangkit virus corona atau COVID-19, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di DIY tetap berjalan seperti biasa.

Dodot Yuliantoro, Kepala SMK Negeri 2 Yogyakarta menjelaskan, untuk mengantisipasi COVID-19 sendiri, pihaknya telah menerapkan kewajiban pengecekan suhu di pintu masuk sekolah bagi seluruh siswa, guru, petugas maupun tamu yang datang. Tidak hanya pengecekan suhu, pihaknya juga mewajibkan untuk membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.

Baca Juga: Dibayangi Virus Corona, UNBK SMK di Bantul Berlangsung Lancar

1. 663 siswa ikuti UNBK di SMK 2 Yogyakarta

UNBK Tetap Berjalan, SMK N 2 Yogyakarta Berlakukan Cek Suhu TubuhUNBK di SMK N 2 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Dodot menjelaskan, hari ini terdapat 663 siswa yang mengikuti UNBK. Para siswa tersebut dibagi menjadi 11 ruangan dengan masing-masing ruangan terdapat 30 siswa. Dia mengungkapkan, dari pemantauan yang telah dilakukan, semua siswa dalam keadaan fit dan tidak ada yang melebihi suhu tubuh normal.

"Anak kami yang kelas 12 tidak ada permasalahan dan keluh kesah. Kita bagi dalam 1 ruangan maksimal 30 siswa. Ada memang yang bertanya apakah UNBK tetap dilaksanakan mengingat ada beberapa daerah yang tidak melaksanakan, ya kita tekankan kalau Ngarso Dalem sudah mengatakan kita tetap berjalan," katanya pada Senin (16/3).

2. Laksanakan protap untuk antisipasi COVID-19

UNBK Tetap Berjalan, SMK N 2 Yogyakarta Berlakukan Cek Suhu TubuhUNBK di SMK N 2 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Dodot, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, pihaknya telah melaksanakan prosedur tetap (protap) yang telah disusun sebelumnya. Seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer di setiap ruang kelas serta melakukan imbauan agar siswa menjaga daya tahan tubuhnya.

"Siswa kami dorong untuk pengkondisian stamina. Sudah kita laksanakan setiap hari. Kalau fisik sehat insyaallah yang lain juga sehat. Makan sehat dan bergizi, diperbanyak minum air putih. Orang tua juga sudah kita kumpulkan pada Februari lalu untuk dibekali mengenai COVID-19 ini, ya walaupun dulu masih belum ramai soal ini," terangnya.

3. SMK N 6 Yogyakarta laksanakan SOP COVID-19

UNBK Tetap Berjalan, SMK N 2 Yogyakarta Berlakukan Cek Suhu TubuhUNBK di SMK N 2 Yogyakarta. IDN Times/Siti Umaiyah

Sama dengan di SMK N 2 Yogyakarta, hari ini SMK N 6 Yogyakarta juga melaksanakan UNBK seperti biasanya. Wiwik Indriani, Kepala SMK N 6 Yogyakarta menjelaskan, hari ini ada 401 siswa yang melaksanakan UNBK dan dibagi menjadi 3 sesi. Untuk pencegahan terhadap COVID-19 sendiri, pihaknya telah menyiapkan SOP serta hand sanitizer di beberapa tempat.

"Setiap ruang 35 komputer plus ada cadangan. SOP pencegahan COVID-19 kita penuhi dan laksanakan dengan baik," katanya.

Baca Juga: Dinkes di DIY Buat Posko Terpadu Pencegahan COVID-19, Catat Nomornya!

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya