UGM Kirimkan Puluhan Mahasiswa KKN ke Lokasi Bencana Semeru

Ribuan peserta KKN-PPM pergi ke enam provinsi berbeda

Sleman, IDN Times - Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menerjunkan ribuan mahasiswanya untuk mengikuti program KKN-PPM 2021 yang dibagi menjadi periode 4, 5, dan 6.

Kepala Subdirektorat KKN, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat UGM, Ambar Kusumandari menjelaskan, untuk KKN-PPM periode 4, terdiri dari 34 unit, KKN-PPM periode 5 terdiri dari 1 unit dan KKN-PPM periode 6 terdiri dari 2 unit.

Baca Juga: Pakar UGM: Warga Terdampak Erupsi Semeru Perlu Pendampingan Psikologis

1. Puluhan mahasiswa akan dikirim ke lokasi bencana Semeru

UGM Kirimkan Puluhan Mahasiswa KKN ke Lokasi Bencana SemeruWarga mencari sisa barang dari rumahnya yang hancur akibat erupsi gunung Semeru di desa Supiturang, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto)

Ambar mengatakan, KKN-PPM tahun ini dilakukan secara luring serta daring. Untuk sebagian mahasiswa KKN-PPM Periode 6, yang terdiri dari 60 mahasiswa akan diterjunkan ke lokasi Bencana Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Sedangkan 14 mahasiswa KKN-PPM Periode 5 akan diterjunkan ke Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah.

Lalu, untuk mahasiswa KKN-PPM Periode 4 akan mengikuti kegiatan bauran secara luring dan daring di 17 kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Nusa Tenggara Timur, dan Sumatera Selatan.

“Untuk KKN Periode empat dan lima, akan diterjunkan pada tanggal 18 Desember, dan penarikan pada tanggal 5 Februari mendatang. Untuk KKN Peduli Bencana dilakukan selama satu bulan,” ungkapnya pada Jumat (17/12/2021).

2. Mahasiswa telah diberikan pembekalan umum

UGM Kirimkan Puluhan Mahasiswa KKN ke Lokasi Bencana SemeruPelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Sebelum diterjunkan para mahasiswa telah diberikan pembekalan umum terkait operasional kegiatan KKN-PPM serta sejumlah pembekalan khusus seperti pembekalan terkait kebencanaan. Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Ika Dewi Ana berpesan agar para mahasiswa bisa menjaga kesehatan serta senantiasa menjaga perilaku dan mengikuti norma, serta membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat selama mengikuti kegiatan.

“Kalian akan menjadi bagian dari masyarakat di mana kalian tinggal. Belajarlah sebanyak-banyaknya dari orang-orang yang kalian temui, dan dari apa saja yang kalian hadapi di lapangan nantinya,” katanya.

3. Diharapkan bisa memahami persoalan yang terjadi di tengah masyarakat

UGM Kirimkan Puluhan Mahasiswa KKN ke Lokasi Bencana SemeruPelepasan secara daring KKN-PPM UGM Dok: Humas UGM

Menurut Ika, lewat kegiatan KKN-PPM mahasiswa UGM dapat memperoleh ilmu serta pengalaman yang berharga dari masyarakat di desa di mana mereka berada. Mahasiswa dapat lebih memahami persoalan yang terjadi di tengah masyarakat dan belajar menggunakan pengetahuan yang telah diperoleh di kampus.

Dia pun berharap para mahasiswa dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan mengerjakan setiap program dengan tulus bagi kepentingan masyarakat.

“Bersabarlah, dan lakukan apa yang kalian kerjakan dengan tulus,” katanya.

Baca Juga: UGM Terjunkan Tim Asesmen Dampak Bencana Erupsi Semeru

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya