Terbanyak, 197 Proposal PKM UGM Dapatkan Dana Hibah Kemendikbud  

UGM berada di urutan pertama 

Sleman, IDN Times - Sebanyak 197 proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) UGM berhasil mendapatkan dana hibah penelitian dari Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Belmawa Kemendikbud).

Kasubdit Kreativitas Mahasiswa Direktorat Kemahasiswaan UGM, Suherman menjelaskan
dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia, jumlah tersebut merupakan yang paling banyak.

“Ada 197 proposal PKM lima bidang UGM yang berhasil lolos didanai Kemendikbud dan menjadi yang terbanyak secara nasional. Kita tentu senang dan mensyukuri capaian ini,” ungkapnya Kamis (6/8/2020).

1. Dari 600 proposal sebanyak 197 telah disetujui

Terbanyak, 197 Proposal PKM UGM Dapatkan Dana Hibah Kemendikbud  ugm.ac.id

Setelah UGM yang berada di peringkat pertama, di urutan kedua proposal terbanyak yang disetujui oleh Kemendikbud yakni Universitas Diponegoro dengan 128. Diikuti Universitas Hasanuddin 113 PKM, Universitas Brawijaya 111 PKM, dan Universitas Sebelas Maret sebanyak 103 PKM.

Menurut Suherman, UGM sendiri telah mengajukan sebanyak 600 proposal yang mencakup beberapa bidang.

"UGM mengajukan sebanyak 600 proposal PKM lima bidang. Namun, dari jumlah tersebut baru 197 proposal yang lolos memperoleh dana hibah Kemendikbud," terangnya.

Baca Juga: Menkop Kucurkan Rp28,8 Triliun untuk Stimulus 12 Juta UMKM dan PKL   

2. Proposal yang lolos dari bermacam bidang

Terbanyak, 197 Proposal PKM UGM Dapatkan Dana Hibah Kemendikbud  ugm.ac.id

Suherman menjelaskan, untuk 197 proposal PKM UGM yang lolos tersebut meliputi 27 PKM Kewirausahaan, 44 PKM Karsa Cipta, 15 PKM Pengabdian Masyarakat, 88 PKM Penelitian Eksakta, 17 PKM Penelitian Sosial Humaniora, dan 6 PKM Teknologi.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih merupakan hasil kerja keras dan semangat seluruh tim PKM UGM. Selain itu juga dukungan dosen pembina dan pendamping PKM, fakultas serta universitas.

“Selamat pada tim PKM UGM yang lolos didanai dan kami sampaikan penghargaan sebesar-besarnya untuk dosen pembina dan pendamping PKM UGM, serta pimpinan fakultas dan universitas atas dukungannya,” katanya.

3. Proposal yang lolos akan diseleksi kembali

Terbanyak, 197 Proposal PKM UGM Dapatkan Dana Hibah Kemendikbud  ugm.ac.id

Lebih lanjut, Suherman menjelaskan jika seluruh proposal yang lolos didanai nantinya akan diseleksi kembali melalui proses monitoring dan evaluasi (monev). Lalu, proposal yang lolos dari penilaian reviewer Kemendikbud berhak maju menuju PIMNAS ke-33 yang rencananya akan diselenggarakan pada bulan Oktober mendatang secara virtual.

“Kita siapkan tim sebaik mungkin agar bisa sukses dalam pelaksanaan PKM, terlebih di tengah pandemik COVID-19 ini. Semoga dengan kesolidan dan kerja keras tim PKM UGM nantinya akan banyak yang lolos PIMNAS 2020,” tuturnya.

Selain menjadi perguruan tinggi yang berhasil meloloskan proposal PKM 5 bidang terbanyak, UGM juga berhasil menjadi yang terbanyak mololoskan proposal PKM bidang Artikel Ilmiah (AI), Gagasan Tertulis (GT), dan Gagasan Futuristik Konstruktif (GFK) yang mendapatkan dana hibah Kemendikbud 2020. Total terdapat 31 proposal meliputi 7 PKM AI, 15 PKM GT, dan 9 PKM GFK.

Baca Juga: Kasus COVID di Jogja Tambah 18, 5 Di antaranya di Bawah Usia 15 Tahun 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya