Comscore Tracker

Baru 11 Tempat Wisata di Sleman yang Kantongi QR Code PeduliLindungi

Mana saja 11 tempat wisata yang sudah bisa dikunjungi?

Sleman, IDN Times - Memasuki Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2, tempat wisata di Sleman sudah mulai dibuka.

Namun, menurut Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Suparmono, ada syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh tempat wisata ketika akan buka kembali, yakni telah mengantongi QR Code PeduliLindungi.

Baca Juga: Punya QR Code PeduliLindungi, Tempat Wisata di Sleman Diizinkan Buka

1. Ini 11 tempat wisata yang kantongi QR Code

Baru 11 Tempat Wisata di Sleman yang Kantongi QR Code PeduliLindungiIlustrasi QR code PeduliLindungi. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Menurut Suparmono, dari data yang dimutakhirkan pada Rabu pukul 15.00 WIB, baru ada 11 tempat wisata yang mengantongi QR Code PeduliLindungi. Tempat wisata tersebut meliputi Candi Banyunibo, Studio Alam Gamplong, Taman Kaliurang, Desa Wisata Grogol, Museum Ullen Sentalu, Agro Wisata Bhumi Merapi, Monumen Jogja Kembali, Kalikuning Park Plunyon, Museum Gunung Merapi, Desa Wisata Karangtanjung serta Jogja Bay.

"Progres sampai pukul 15.00 WIB," ungkapnya pada Rabu (20/10/2021).

2. Sebanyak 8 tempat wisata masih dalam proses

Baru 11 Tempat Wisata di Sleman yang Kantongi QR Code PeduliLindungiKepala Dinas Pariwisata Sleman, Suparmono. IDN Times/Siti Umaiyah

Menurut Suparmono, selain 11 tempat wisata tersebut, ada 8 tempat wisata yang saat ini masih dalam proses pengajuan QR Code PeduliLindungi. Kedelapan tempat wisata tersebut meliputi Tlogo Putri, Gardu pandang Kaliurang, Tlogo Muncar Nirmolo, Candi Ijo, Candi Sambisari, Jogja Exotarium, Sindu Kusuma Edupark serta Bunker Kaliadem.

Diakui Suparmono, banyak tempat wisata di Sleman yang saat ini memang belum mengantongi QR Code PeduliLindungi. Hal ini lantaran adanya kemungkinan pengajuannya berbarengan dengan tempat wisata di banyak daerah.

"Bisa jadi karena barengan di banyak daerah sehingga proses memerlukan waktu lebih lama," katanya.

3. Wisata air sudah boleh buka

Baru 11 Tempat Wisata di Sleman yang Kantongi QR Code PeduliLindungiIDN Times/Galih Persiana

Lebih lanjut, Suparmono mengatakan di dalam PPKM Level 2 ini wisata air juga sudah diperbolehkan untuk buka kembali. Asalkan, wisata air tersebut juga telah mengantongi QR Code PeduliLindungi.

"(Wisata air boleh buka?) iya, wisata pantai juga boleh buka di PPKM Level 2," paparnya.

Selain itu, di masa PPKM Level 2 anak usia di bawah 12 juga telah diperbolehkan untuk masuk ke tempat wisata yang telah memiliki QR Code PeduliLindungi. Asalkan didampingi oleh orangtua.

Baca Juga: Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Sleman Mulai Siapkan Tim Reaksi 

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya