Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Tebing Breksi Tambah Puluhan Personel

Apakah kamu berencana mengunjungi Tebing Breksi?

Sleman, IDN Times - Selain mempersiapkan sarana pencegahan COVID-19, pengelola Tebing Breksi telah menambah puluhan personel untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung.

Ketua Pengelola Tebing Breksi, Kholiq Widiyanto, menerangkan penambahan personel ini dilakukan di beberapa titik, mulai dari ticketing, keamanan, serta petugas pengawas protokol kesehatan.

"Untuk menyambut liburan Nataru kita prediksi mulai ada peningkatan mulai 20 Desember, kita tambah SDM (Sumber Daya Manusia)," ungkapnya pada Kamis (24/12/2020).

Baca Juga: Mulai Besok, Penumpang Bisa Rapid Test Antigen di Stasiun Lempuyangan

1. Personel ticketing disiapkan 12-15 orang

Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Tebing Breksi Tambah Puluhan PersonelTebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Kholiq menjelaskan, jika biasanya personel yang bertugas di bagian ticketing hanya berjumlah 2-6 orang, pada libur Nataru ini disiapkan sebanyak 12-15 orang per hari. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi antrean panjang yang menyebabkan kerumunan.

"Supaya tidak terjadi antrean panjang yang artinya itu berkerumun. Juga menghindari kemacetan lalu lintas, karena kontur kita yang datar depan tiket itu hanya 100 meter dan bahaya bagi lalin ketika antrian nanti sampai di jalan utama yg konturnya kan nanjak," katanya.

2. Petugas keamanan disiapkan sebanyak 15 orang

Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Tebing Breksi Tambah Puluhan PersonelTebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Dari segi keamanan sendiri, pihaknya juga telah melakukan penambahan personel minimal 15 orang per hari. Nantinya petugas keamanan ini akan ditempatkan di pertigaan jalan raya hingga masuk ke area Tebing Breksi untuk mengatur jalan.

"(Petugas) untuk mengatur jalan kalau ada bus besar masuk. Bus besar itu kan dengan sistem buka tutup juga dengan tanjakan terjal kita siapkan teman-teman, istilahnya pasukan ganjel. Berdasarkan pengalaman kami ketika libur panjang entah Nataru maupun Idul Fitri banyak driver yang belum mahir. Mungkin dia punya mobil baru atau rental, di tanjakan itu belum mahir terutama di pergantian rem ke gas, gas ke rem," jelasnya.

3. Personel yang mengingatkan protokol kesehatan juga ditambah

Antisipasi Lonjakan Pengunjung, Tebing Breksi Tambah Puluhan PersonelTebing Breksi. IDN Times/Siti Umaiyah

Sementara itu, untuk personel yang bertugas mengingatkan protokol kesehatan juga dilakukan penambahan. Dari awalnya hanya 3 orang, menjadi 6-8 orang. "Kita siapkan 6-8 orang kita sebar di titik-titik prioritas berkumpul pengunjung," paparnya.

Selain personel, Kholiq menjelaskan jika arus lalu lintas juga akan diatur menjadi satu jalur. Hal ini dimaksudkan agar para pengunjung bisa menyebar di beberapa lokasi dan tidak hanya di satu titik.

Baca Juga: Dispar Sleman Monitoring Acak Penerapan SOP di Tempat Wisata

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya