Tampil Baru, Wisata Kaliurang Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Nataru 

Tlogoputri dan Gardu Pandang Kaliurang siap sambut wisatawan

Sleman, IDN Times - Jelang liburan natal dan tahun baru, Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman melakukan renovasi di tempat wisata Tlogo Putri dan Gardu Pandang, yang masuk dalam Kawasan Wisata Kaliurang. Saat ini, kedua tempat tersebut sudah selesai bersolek dan siap untuk menyambut wisatawan pada momen libur Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: Sambut Nataru, Dinpar Sleman Sediakan 3 Panggung di Lokasi Berbeda 

1. Dapat kucuran dana Rp3,4 miliar dari Kemenpar

Tampil Baru, Wisata Kaliurang Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Nataru Wisata Tlogoputri di Kaliurang. IDN Times/ Siti Umaiyah

Sudaringsih, Kepala Dispar Sleman menjelaskan, setiap tahun pihaknya selalu mendapatkan dana alokasi khusus dari Kementerian Pariwisata untuk bisa merenovasi tempat wisata yang masuk ranah Pemerintah Daerah. Untuk itu, pihaknya melakukan penataan khusus terhadap Tlogoputri dan Gardu Pandang dengan total anggaran Rp3,4 miliar untuk penataan fisik, dan Rp914 juta untuk pelatihan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan pemandu wisata.

"Sekarang ini sudah kami tata sedemikian rupa dengan dana Rp3,4 miliar. Kita buat parkir, toilet, landscape, arena permainan anak, jalan setapak, sudah kami benahi semua. Non fisik Rp913 juta untuk pelatihan-pelatihan peningkatan kapasitas SDM, " katanya.

2. Momen Nataru, pengunjung bisa lebih nyaman berkunjung ke Kaliurang

Tampil Baru, Wisata Kaliurang Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Nataru Wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Sudarningsih menjelaskan, saat ini renovasi untuk kedua wisata di kawasan Kaliurang ini telah rampung semua. Sehingga pada momen libur Nataru, pengunjung bisa lebih nyaman dalam menikmati liburan bersama keluarga.

"Biasanya memang tingkat kunjungan tinggi di Nataru, jadi saat Festival Merapi, tempat sudah siap bagi pengunjung," jelasnya.

3. Akan ada festival lampion penjor di Kaliurang

Tampil Baru, Wisata Kaliurang Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Nataru Wisata Kaliurang. IDN Times/Siti Umaiyah

Sudarningsih mengungkapkan, untuk memeriahkan momen tahun baru, Dinas Pariwisata Sleman bersama masyarakat setempat menyiapkan Festival Lampion Penjor dan Pesta Kembang Api. Untuk Festival Lampion Penjor akan dimulai pada 22 Desember 2019 - 7 Januari 2020. Sedangkan untuk pesta kembang api akan dilakukan pada momen pergantian tahun.

"Kita sudah minta kepada 22 kelompok yang ada di Kaliurang untuk membuat 3 penjor dan 4 lampion untuk setiap kelompok. Untuk tema yang diangkat adalah Superhero. Lampion dan penjor akan di mulai dari pintu depan, sehingga nanti Kaliurang bisa terlihat lebih cantik," terangnya.

Baca Juga: Libur Nataru, Sleman Targetkan Kedatangan 500 Ribu Wisatawan 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya